Kamis, 20 Agustus 2015

Review Shawshank Redemption (1994) By Muhammad Ilham

Shawshank Redemption (1994)
Cast : Morgan Freeman, Tim Robbins
Director: Stephen Darabont
Writers: Stephen King



Review ini memuat spoiler,so read with your own risk


Hallo again Guys, salam movie Freakers. Hari ini saya akan memberikan sedikit pendapat dan ulasan dari sudut pandang saya sendiri, mengenai (lagi-lagi) salah satu dari film favorit saya dan (lagi-lagi) film yang jadul punya. Yes, it is Shawshank Redemption yang dirilis tahun 1994.


Kalo ada yang nanya kenapa sih anda ini suka banget ama film yang udah rilis 20 sampai 30 tahun yang lalu alias jadul punya? (bukan kali pertama nih saya ditanyain pertanyaan model begini). Oke guys biar saya sedikit (bukan mengkuliahi /mengajari, lebih kepada sharing) menjelaskan kenapa saya suka film yang di Era 70’s, 80’s, and 90’s. sering saya punya temen yang bilang “eh bro pinjem donk film-film elu, ga ada kerjaan nih dirumah”, terus saya jawab, “maunya film apa?”, eh dia bilang “terserah, yang penting rilis tahun 2014 atau 2015”. Ya sudah saya kasih, terus saya tunjukkin deh film-film era agak dulu ex : Pulp Fiction (1994), Ronin (1998) dll. Eh dia bilang “ais jadul banget sih elu, masak nonton film kayak gitu, efeknya jelek lah, artisnya bukan Jennifer Lawrence lah dll lah”. Buset dah ni orang kalo ga pandang temen aja udah gua tampol nih. Oke ini tips dari saya boys : Ga mesti 2014 atau 2015 gan, ga mesti J’Lawrence, ga mesti Megan Fox, ga mesti semua film kudu mirip Fast n Furious Series bro, tapi film jaman jebot juga ga kalah saing ama yang jaman sekarang malah kadang melebihi film yang jaman sekarang, era-era 70, 80, dan 90 menelurkan film-film yang yang jadi pioneer, inspirasi bahkan kultur hingga sekarang, misal The Godfather trilogy, Terminator 2, Back to Future Trilogy, Home Alone, dan tentunya Shawshank Redemption.

Berkisah mengenai Andy Dufrense (Tim Robbins) seorang Bankir yang dituduh membunuh isteri beserta kekasihnya. Andi di vonis bersalah dan dijatuhi vonis hukuman 2x seumur hidup tanpa ada harapan untuk bebas bersyarat (Bujug, 1x seumur hidup aja udah mampus, gimana 2x? mungkin udah mokat jadi mayat pun ga boleh dikeluarin dari penjara hehehehehe), dan dijebloskan di penjara Shawshank.







Tentu di dalam Penjara Shawshank hidup Andy ga segampang yang kita kira, penuh cobaan dan rintangan, mulai dari penyiksaan sesama narapidana ditambah Penjaga Penjara yang pura-pura ga tahu mengenai penyiksaan ini, namun Andy terus melawan walau terkadang berakhir buruk bagi dirinya sendiri. 

Sikap dan tindak tanduk  Andy Dufrense dalam penjara shawshank yang tidak kehilangan rasa percaya diri, harapan dan seolah-olah hanya tubuhnya yang ada dipenjara namun fikiran nya tetaplah bebas dan lepas, membuat beberapa narapidana menyukai Andi terutama Ellis Redding (Morgan Freeman) a.k.a Red, yang mempunyai keterampilan menyelundupkan berbagai barang ke penjara.

Red yang sebelumnya tidak terlalu menghiraukan dan menyukai Andi, lama kelamaan menjadi terkesan dengan sifat andi yang selalu penuh harapan dan optimis. Kecerdasan Andi di bidang keuangan dimanfaatkan oleh Andi dalam mengelola keuangan para Penjaga bahkan sang Kepala Sipir sehingga Andy membuat dirinya menjadi Aset yang berharga di shawshank.

Cuma gitu aja? Boring. ………
Eits belum gan, akan ada twist yang akan bikin kalian semua terkejut menjelang akhir dari film ini, dan seperti biasa sayang donk kalo saya ungkapkan disini. Guys harus diinget, ini bukanlah film action atau komedi, ini film yang ber genre Drama, yes it is Drama. Film Drama Berat namun gampang dimengerti, tentunya ini bukan lah film drama yang bikin elo semua ngantuk, ini adalah salah satu masterpiece perfilman Hollywood, bisa dibilang ini adalah State of the Art, ini Seni. Walaupun ga ada aksi berkelahi atau kejar-kejaran dengan mobil berkecepatan tinggi, namun menurut saya pribadi ini adalah film yang mampu menyentuh jiwa, Film ini berkisah mengenai tujuan, persahabatan, determinasi, perjuangan, harapan dan semangat. Jangan cuma melihat posternya diatas elu semua udah pada ga semangat buat nonton ini film. Film ini dinominasikan dalam 7 kategori Oscar (walaupun ga memenangkan satu pun), namun dalam situs IMDB film ini menduduki film dengan rating paling tinggi dan entah sudah berapa lama film ini bercokol di peringkat teratas IMDB, dan sampe sekarang belum ada yang bisa menyainginya.
Percayalah guys, luangkan waktu anda, sewa di rental kesayangan anda atau beli ini film, lalu anda akan mengerti apa yang saya maksud. Keep Calm and Keep Watching.

IMDB Rating : 9.3
Rottent Tomatoes: 91%
My Personal Rating: 9.5/10





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...