Selasa, 09 Juni 2020

Penjelasan Ending : The Wailing (2016)

Bagi temen-temen yang sudah nonton film The Wailing mungkin ada diantara kalian yang bertanya-tanya tentang ending dari film ini. Beberapa dari kita bahkan mungkin punya interpretasi sendiri. Disini kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang apa aja yang terjadi dalam film The Wailing. Apa saja dia? Akan kita bahas disini.

Sebelum lanjut, kami pastikan bahwa ini hanya untuk yang udah nonton aja, karena penuh dengan spoiler, jadi buat temen-temen yang belum nonton filmnya bisa baca review non spoilernya di link yang ini. Dan buat yang udah nonton, yuk simak penjelasan ini sampai habis.

Apa yang sebenarnya terjadi?
Dukun Il-Gwang ternyata adalah temennya kakek Jepang. Ini dibuktikan dengan adegan ending yang memperlihatkan dukun Il-Gwang bongkar muat box kardus yang isinya adalah foto-foto para korban. Dalam video alternate ending, scene-nya malah dengan gamblang memperlihatkan dukun Il-Gwang menjemput kakek Jepang pake mobilnya. Ini juga dibuktikan dengan celana dalam yang mereka pakai sama. Mereka berdua berteman, bekerja sama untuk menjalankan semacam ritual pengambilan roh untuk memberi "makan" sang iblis, dan sekalian menjadikannya bisnis. Si kakek Jepang menebar santet kepada warga, warga kemudian nyewa dukun Il-Gwang untuk ngusir santet. Il-Gwang hanya perlu berpura-pura dan berbohong kepada warga dengan bilang bahwa dia akan melawan si kakek Jepang. So, mereka dapat uangnya, dapat rohnya juga, beginilah model bisnis konspirasi yang mereka jalankan. Roh korban mereka ambil melalui perantara kamera. Mereka mempercayai bahwa kamera dapat mengambil dan menyimpan roh-roh para korban setelah di jepret.
 

Siapa sebenarnya si kakek Jepang ini?
Sang kakek sebenarnya adalah manusia, namun ia sesekali dirasuki oleh iblis yang merupakan "tuan" mereka berdua. Ketika dalam mode manusia, sang kakek adalah seorang dukun juga, tapi dukun hitam alias jahat, yang bertugas menebar teror ke desa lewat santetnya. Ia melakukan ritual santet terhadap korban melalui perantara benda yang ia ambil, seperti sepatu Hyo Jin. Setelah korban kena santet maka korban akan mulai mengalami gejala ruam merah pada kulit mereka, lalu beberapa waktu kemudian mereka kehilangan kewarasan dan melakukan pembunuhan terhadap anggota keluarganya sendiri.

Ketika dalam mode "iblis", sang kakek menjelma menjadi sosok iblis beneran yakni yang kukunya panjang, mata merah dan mempunyai tanduk. Dalam mode iblis ini ia tidak bisa dibunuh, hal ini dibuktikan oleh dirinya yang hidup kembali setelah tertabrak mobil pick-up yang dikemudikan Jong Goo dan kemudian dibuang ke jurang. Iblis ini tidak hanya merasuki si kakek, tapi juga bisa merasuki orang lainnya. Ini dibuktikan dari scene perkelahian Jong Goo dkk melawan zombie yang tak bisa mati-mati setelah dihajar oleh mereka, karena di dalam zombie ini ada iblis tersebut.
 

Lalu siapa wanita yang berpakaian putih itu?
Ada 2 interpretasi atas sosok ini. Yang pertama dia adalah jelmaan malaikat atau sosok yang "diisi" oleh roh baik. Yang kedua, dia adalah dukun putih alias dukun baik, dalam film ini sebagai lawan si dukun hitam. Apapun interpretasinya, yang dia lakukan adalah sama, yaitu melindungi warga desa dengan segala kemampuan yang dia bisa, seperti menaruh benda dan tanaman yang udah dijampi-jampi sebagai jimat pelindung. Untuk melindungi warga yang sedang "diserang" oleh dukun hitam, dia juga harus mengambil benda milik warga tersebut, yang digunakannya sebagai perantara ilmunya. Contohnya seperti cardigan milik wanita penghibur, jaket milik sopir pick up, dan pita milik Hyo Jin. 

Tes keimanan
Di ending, wanita ini bertemu dengan Jong Goo dan memintanya untuk percaya kepadanya dan menuruti perkataannya untuk tidak masuk kerumah agar jimatnya berhasil. Ini adalah simbol dari ujian ke-iman-an seseorang, untuk dapat percaya pada sesuatu tanpa harus melihat, representasi dari keyakinan manusia terhadap adanya tuhan. Tuhan memerintahkan sesuatu untuk kebaikan manusia itu sendiri tapi acap kali diabaikan. Begitu pula di film ini, diwakilkan lewat Jong Goo yang gagal melewati ujian ini. Jong Goo melihat beberapa benda korban yang melekat dibadan wanita itu, seperti jaket dan cardigan, maka ia menganggap bahwa wanita itu adalah pelakunya. Saat itu Jong Goo memang baru saja dihasut oleh Il-Gwang yang berbohong bahwa wanita itu adalah dukun jahatnya. Jong Goo yang tunduk kepada ucapan tersebut akhirnya tidak mengindahkan permintaan wanita itu di detik-detik terakhir saat ayam akan berkokok ketiga kali, Jong Goo malah pergi masuk rumah. Alhasil upaya wanita ini meminta kepercayaan kepadanya menjadi sia-sia.
 

Jika kita perhatikan lebih detail, jimat dari wanita ini juga dapat kita jumpai di awal-awal film saat Jong Goo mendatangi kasus pembunuhan pertama. Bukti bahwa wanita itu adalah dukun baik dan melawan ilmu hitam juga ditunjukkan lewat scene dukun Il-Gwang yang hidungnya berdarah-darah saat mencoba melewati jimat yang ia pasang. Il-Gwang bereaksi terhadap jimat tersebut karena memang dalam diri Il-Gwang terdapat ilmu hitam.

Pertarungan antar dukun adalah tipuan scene
Nah catatan penting disini adalah scene dimana dukun Il-Gwang melakukan ritual pengusiran santet, itu adalah optical illusion yang sepertinya sengaja ditarok untuk menipu penonton. Dalam scene tersebut seolah-olah Il-Gwang bertarung melawan kakek Jepang yang juga melakukan ritual, padahal yang terjadi sebenarnya adalah itu kejadiannya dalam waktu yang berbeda. Il-Gwang melakukan ritual untuk memperkuat santet dalam diri Hyo-Jin, liat saja setiap yang dilakuin Il-Gwang berakibat sama kepada Hyo-Jin. Sementara ritual kakek Jepang diwaktu yang berbeda untuk menjadikan mayat di dalam mobil pick-up dirasuki iblis dan hidup kembali, mungkin si kakek mau menggunakannya sebagai zombie untuk melawan Jong Goo dkk. Tapi saat ritual ini dilakukan mendapatkan perlawanan dari si wanita misterius, yang sepertinya lebih kuat dan berhasil melumpuhkan si kakek Jepang hingga dia ketakutan masuk kamarnya.

Makna lemparan batu si wanita berpakaian putih?
Ini adalah referensi dari injil yang bunyinya "Let he who is without sin cast the first stone", yang artinya kurang lebih "Yang boleh melempar batu hanyalah dia yang suci alias ga punya dosa", maknanya dalam film ini adalah menyindir sikap main hakim sendiri yang dilakukan oleh Jong Goo, yang seharusnya tidak bole dilakukan, karena untuk menghakimi seseorang (yaitu melempar batu) hanya boleh dilakukan oleh seorang yang berhak (alias yang ga punya dosa).
 

Apa tema dari film ini?
Film ini memiliki tema tentang iman. Dibuka dengan ayat dari injil, kemudian di metaforakan dalam film horor. Jong Goo, adalah kita banget, manusia, yang kurang imannya, dia tidak punya cukup kepercayaan dan membuat keluarganya terbunuh. Tapi ya kita juga ga bisa nyalahin Jong Goo, karena memang akan sulit bagi siapa pun untuk mengambil keputusan saat kondisi seperti itu. Kemudian scene si kakek Jepang mancing dengan umpan, itu juga beberapa kali repetitif dalam film bahwa yang iblis lakukan hanyalah menebar umpan dan menggoda manusia untuk sesat, tinggal kita sebagai manusia apakah termakan umpan atau tidak.

Dan saat si pendeta muda menemui si kakek Jepang dalam gua, si kakek bilang "Jika anda sudah percaya saya iblis, maka saya adalah beneran iblis.". Nah coba dibalik seperti ini : "Jika anda tidak percaya adanya Tuhan, maka tidak ada lah Tuhan itu." Intinya adalah iblis/Tuhan tidak perlu menunjukkan dirinya sendiri agar kita percaya pada keberadaannya, tetapi kita sering berharap iblis/Tuhan untuk menunjukkannya kepada kita baru deh kita percaya ada. Ini juga repetitif dalam kalimat pendeta tua di gereja : "Bagaimana kamu bisa meyakini sesuatu yang tidak kamu lihat dengan mata kamu sendiri?".

Dan pertarungan antara wanita dengan kedua dukun antagonis adalah representasi dari good vs bad, angel vs evil, dan diantaranya ada para korban yang "innocent" seperti Hyo-Jin. The Good mengambil barang bagian atas korban (Cardigan, jaket dan pita) sebagai simbol untuk melindungi mereka, sementara The Bad ngambil bagian bawah (sepatu) sebagai simbol untuk menjatuhkan mereka.
 

Oke demikian penjelasan ending film The Wailing. Jika temen-temen punya pemikiran lain, silahkan komen ya. Mana tau ada yang salah atau terlewatkan. Thanks for visiting.


 

123 komentar:

  1. Dari yg gua ga puas sm ni film, karna ga happy ending, akhir film ini dimenangkan oleh pihak setan😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, memang ga happy ending, tapi ya gitu lah, film ga selalu harus berakhir sesuai keinginan penonton, terkadang filmmaker lebih senang menciptakan twist dan membuat filmnya jadi buah bibir.

      Hapus
  2. Sedih banget endingnya ༎ຶ‿༎ຶ

    BalasHapus
  3. Hihihi makasih kak penjelasanya..

    BalasHapus
  4. Dari sekian penjelasan yg aku baca di google, cuman ini yg bisa masuk di logikaku. Thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih ya..sama logika kita sebagai penonton awam ya..makasih udah berkunjung.

      Hapus
  5. Akhirnya jelas juga tentang tokoh2 nya, sampe film selesai bingung sebelum baca blog ini��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus dipahami lebih dalam lagi memang.

      Hapus
    2. Baru lihat film nya.. Dan temks buat pencerahannya kak.. Masuk banget

      Hapus
  6. Sempet mikir mungkin si kakek Jepang baik, dan ngelawan Il-gwang ternyata salah besar 🙂😀.
    Kakeknya picik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..apalgi ngeliat rautnya yg buat iba gt..tinggal digubuk sbatang kara.

      Hapus
  7. penjelasannya tepat dan jelas sekali, jujur baru nonton film nya sekali dan bener2 blm ngeh ,mau ngulang lgi tp sdh terlalu muram & penuh darah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya.. Iya, tokoh protagonis kita ga byk diberi upperhand, kita dibuat frustasi. Tambah pula endingnya kelam ga seperti yang kita harapkan.

      Hapus
  8. sempat bingung dengan ending nya,pasalnya si IIGuang juga ikut memotret korban

    BalasHapus
  9. Wiii akhirnya ada yang bisa jelasin setelah ubek ubek
    Thanks udah bikin aku bisa tidur hihi

    BalasHapus
  10. Kalo ga baca review ini, gw masih ttp bingung endingnya

    BalasHapus
  11. min, jelasin bagian yg si polisi nanya ke cewe baju putih dong, kenapa anakku? trs cewe blg krn ayah dr anak itu salah menuduh org gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbnrnya ga ada jwbn psti gmn kriteria org yg dipilih utk dijdiin korban. Sprti pnjelasan diatas, "yg dilakukan iblis hanyalah menebar umpan", mreka ga memilih, hnya kbetulan aja anaknya yg trmakan umpan. Klo soal si polisi itu salah nuduh org, itu lbh tepatnya dia itu maen hakim sndiri. Ibarat hukum sebab-akibat, prbuatannya yg maen tuduh dan maen hakim sndiri itu tuh ibarat dia "trmakan umpan". Iblis hnya mmancing/mnghasut manusia utk brbuat jahat (mnebar umpan), dan kbtulan dia yg trhasut utk brbuat jahat itu (maen hakim sndiri). Jd anaknya yg jd korban.

      Hapus
    2. Lihat jg korban2 sblmnya, sprti cewk pelacur yg jg jd korban. Itu krn dia brbuat jahat (asusila). Inilah yg disebut "umpan" alias godaan syaitonirojim.. 😂

      Hapus
    3. Sebenarnya bukan gara gara main hakim sendiri Min,kemungkinan gara gara si Polisinya sering "main" dengan wanita lain....pas adegan "main" di mobil dan dipergoki oleh anaknya sendiri....

      Hapus
    4. Itu dia main di mobil sama istrinya. Karena klo dirumah ada mertua nya. Coba ulang aja film nya klo ga percaya

      Hapus
    5. Sumpah nyessek bngt endingnya huhuhu:(

      Hapus
  12. Masih penasaran kenapa si dukun jahat ngincer nya Hyo Jin. Dia korban salah sasaran bukan?
    Oh iya makasih untuk review nya, asli banyak yg masih kurang saya pahami tanpa baca review ini wkwkw. Bener bener mainin otak, bikin kita ngulang scene" sebelum2nya untuk memastikan pertanyaan2 yg ada di otak....film yg memang layak menjadi salah satu film terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh sekalian bang, minta rekomendasi film yg ending nya sedih versi kamu dong bang ��

      Hapus
    2. Makasih udah mampir. Hyo Jin memang rada disebut korban salah sasaran, tapi ga sepenuhnya. Karena ada kepercayaan dimana dosa orang tua menurun ke anak, dalam film ini bisa jadi aja Hyo Jin menanggung dosa si ayah yang main hakim sendiri.

      Hapus
    3. Film ending yang sedih? Hmm..nanti kalo saya sebutkan disini apa gapapa kena spoiler ending berarti?

      Hapus
  13. Jadi ending si pendeta itu gimana kak? Apakah di jg mati dibuat kakek jepang itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spoiler Alert : Mati dia.

      Hapus
    2. Ko tau mati di film nya ga diliatin

      Hapus
    3. Otomatis lah pendetanya mati jg. Kan si pendeta udh difoto sama si iblis. Jd rohnya kyk udh di ambil gt loh

      Hapus
  14. So daze and confused:))) tapi aku masi bingung, pada saat si kakek jepang ketabrak mobil, dia jatuh nya karna si dukun cewek itu ya? Si dukun cewek berusaha bunuh si kakek jepang kah? 🙂🙂🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya diserang dukun cewek

      Hapus
    2. Bukannya adegan sebelumnya justru dukun cewek ketakutan dan lari dikejar si Jepang, Min?
      Kok jadinya malah Jepangnya yang jatuh karena diserang dukun cewek?

      Hapus
  15. Di akhir hyo jin sempet sadar saat dirawat dirumah sakit. Raut wajahnya sudah berbeda saat bertemu bapaknya. Tp kok tetap akhirnya bunuh keluarganya jg. Tp korban lain yg mati sebelum2nya tetep gila. Bisa beri penjelasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gua itu cuma kerjaan cenayang biar bikin ayah Hyo Jin percaya dengan matinya si kakek bikin anaknya sembuh, padahal belum.

      Hapus
  16. Wah keren penjelasannya, ga kepikiran sampe sedetil itu si, walau tau kalau si kakek sama cenayang itu jahatnya, soalnya si wanita putih itu bilang di pembunuhan pertama keluarga pada mati gegara nolak dipanggilin cenayang.
    Suka banget sama penampilan iblis si kakek, hellboy aja kalah kata gua 😂

    BalasHapus
  17. Makasih banyak kak. Dua kali nonton, tetep takut, dan tetep gak ngeh sama cerita nya 😂😂
    Tapi mampir kesini, keren banget penjelasannya, sudah gitu ada kesan dan pesan yang diberikan pulak. Lengkaaappp. Thank you 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah membaca blog kami.

      Hapus
  18. Akhirnya ku bisa paham

    Pantesan saat yg ganti popok kok samaan
    Ternyata mereka bersekongkol huhuhu
    Makasih bgt penjelasanny kak><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali kasih

      Hapus
    2. Bukan hanya popoknya yg sama, tp lingkaran yg menyerupai sangkar burung yg ditaruh disekitar hyeonji pd saat ritual dg Il hwang berlangsung itu jg sama dengan sangkar burung raksasa dirumah si pembunuh di adegan awal2 film (yg bunuh pasangan petani ginseng)

      Hapus
  19. Barusan selesai nonton filmnya bikin bertanya², tapi setelah baca review ini langsung "oohh iya juga ya". Makasih ya jadi ngerti inti dari film tsb. Btw emang beneran ada the wailing 2 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung. Untuk lanjutannya belum ada informasi resmi.

      Hapus
  20. Sudah yang ke 2 kali nnton ,baru kali ini paham ending nya gmna ,dasar dukun jahat keselin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Nyebelin banget ya. Kita apain enaknya ya? 😅

      Hapus
  21. Waah terima kasih akhirnya bisa terjawab jg pertanyaan ku setelah baca blog ini.
    Eh iya btw apa ada season 2 nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga udah berkunjung ke blog kami. Season 2 mungkin maksudnya sekuelnya ya, itu belum ada informasi.

      Hapus
  22. Gara2 tik tok langsung liat film ini..pas udah nonton otak gua nge bug..untung liat blog ini..jadi ngerti wkwkwk...makasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..otaknya udah ga error lagi bang? Terima kasih udah membaca.

      Hapus
  23. Sempat percaya klo yg jahat adalah si wanita...tpi pas dia tahan dan nangis blg jangan disitu gue percaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang trik, memang sengaja untuk menipu kita para penonton.

      Hapus
  24. Baru aja nonton nih film. Ketunda mulu karena takut banyak jumpscare. Eh, trnyta egk. Dbkin pusing nebak" villainnya. Nih kayaknya penulisnya juga menguji penonton deh. Kbnykan pasti byk yg ngira si kakek Jepang yg iblis. Eh tp ditengah" ragu dan malah curiga sama cewek baju putih. Pas scene pendeta nyamperin iblis di dalam gua. Iblis kan bilang tuh "kenapa manusia mudah sekali bimbang?". Tertampar banget sama kata"nya, mencerminkan aku banget yg ragu kalau si kakek Jepang ini iblis semenjak scene dikeroyok geng polisi. Spechles ama endingnya, kirain bakal happy end. Thanks bngt kak buat penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga udah baca artikelnya. Memang kita kena prank oleh si penulis, dia mempermainkan kita.

      Hapus
  25. Baru banget beres nonton ini film dan otakku tiba-tiba jadi susah mikir. Pas scene kejadian pertama si dukun putih kan ngajakin liat TKP rumah yg kebakaran disitu jong goon harus nelpon dulu nah setelah jong goo selesai nelpon dukun putihnya kemana? Kok malah muncul kakek jepang?

    BalasHapus
  26. Penjelasan yang cerdas.. Ini film korea misteri kesekian yg barusan saya tonton.. Mungkin saya agak ketinggalan, ini sudah 2022 .. Saya sudah dapat judul2 lain .. Movie yg serupa.. Film korea keren.. Khususnya kehidupan pedesaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bagikan judul2nya? Saya juga mulai minat dengan film sejenis, apalagi dengan nuansa pedesaan

      Hapus
  27. Terima kasih. Silahkan coba baca juga artikel tentang film Korea lainnya yang ada di blog ini ya. Ada banyak, klik aja "tag" Korea nya atau ketik di kolom "Cari". Untuk judul lain misteri yang menarik untuk mikir adalah Mother, apakah benar dia membunuh? Atau coba tonton JSA dan Oldboy. Kalo romance mystery ada Burning.

    BalasHapus
  28. Tenkyu berat min buat penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks berat juga lho udah sempatin berkunjung.

      Hapus
  29. Akhirnya nemu penjelasan lengkap. Thankyou yaaa

    BalasHapus
  30. 2022 dan baru nemu film ini. Bersyukurr bgt baru nnton skrg soalnya tulisan ini baru ada di tahun 2020. Gak kebayang klu nntonya 2016 kemarin, bisa pusingg krn gak dapet penjelasan endingnya TT

    BalasHapus
  31. Barusan kelar nonton,dan ya...seperti biasa,gak ngeh klo gak liat penjelasan nya di internet,sejauh ini...baru artikel ini yang bener2 logis dan penyampaian nya jga gak bikin pusing. Tengsh banh review nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thank you juga ya udah berkunjung. Baca juga artikel lainnya ya, mana tau ada yang membantu juga.

      Hapus
  32. Tanx penjelasanya bang. Jelas bgt !

    BalasHapus
  33. Iya benar, aku jt br nnton, banyak plot twis buat bingungkwk

    BalasHapus
  34. bang mau tanya, disaat dukun muda itu ketakutan di rumahnya kenapa dia bilang "lindungi aku budha" ?
    tapi bukannya dia penyembah iblis?
    dan scene nya itu dia sendiri bukan ada orang lain disana untuk sebagai alibi dia

    BalasHapus
  35. Terima kasih penjelasannya, awalnya bingung sama endingnya trus sekarang jadi ngerti 🙏

    BalasHapus
  36. Terima kasih kak, saya tipe org yg gk suka nonton horor, tp suka penasaran sma alur ya, penjelasan kka bikin paham dan ahh gk perlu nonton krena suka kepikiran . Klw kya gini mah dri tulisan dan dijelaskan udh deh gk penasaran

    BalasHapus
  37. Cape banget ceritanya, kek sinetron Indonesia/ India ngeselin. Tindakan si protagonis juga salah aja perasaan, kenapa dah. Apa representatif manusia juga, yang emang suka berbuat salah dan pasti masuk neraka dulu sebelum ke surga? Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, salah satu pesan yang ingin disampaikan film ini memang ngasih tau kalo manusia itu (diwakilkan oleh Jong Gu) emang suka milih untuk ngelakuin hal yang salah, padahal udah dikasih petunjuk oleh si dukun putih (kitab suci agama kita masing-masing) gimana caranya supaya selamat (dunia akhirat) tapi diabaikan juga (namanya juga manusia, ya ada nafsu, kalo ga ada nafsu bukan manusia, tapi malaikat).

      Hapus
  38. Barusan banget nonton, sampai ending bengong-bengong sendiri. Plot twist terus.... Ternyata eh ternyata, Il Gwang ini dalangnya juga. Ending tidak sesuai harapan saya wkwkwkw, mang bener ya kalo kita ga boleh terlalu berharap. Setelah baca review film ini, akhirnya tercerahkan dg makna dr film tentang keimanan.

    BalasHapus
  39. MAKASI KAK PENJELASANNYA, SUKA BANGET AWALNYA AKU BINGUNG EH BACA PENJELASAN INI BAGUS DETAIL BANGET, LOVE YOU KAK😭❤️

    BalasHapus
  40. Makasih penjelasannya min, aku td ampe ending masih bingung tp pas baca ini jdi tercerahkan trnyata emng si dukun cowok jahat ama si kakek jepang .. Ksian jg sama pendeta muda nya mati

    BalasHapus
  41. habis nonton tapi masih ragu dan ga terima, nyari2 penjelasan di google ketemu blog ini, akhirnya terjawab sdh keraguanku, tapi ttp g trima krn sidukun jahat yg menang, hufh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kk, aku baru selesai nnton dan tercengang nontn endingnya

      Hapus
    2. Terima kasih telah membaca

      Hapus
  42. ngga asik tau masak ... dimenangkan oleh si ibliss saya kecewa banget kasian sama dukun putih yg baik hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga asik, jagoannya kalah, ayo kita tuntut sutradaranya untuk bikin The Wailing 2! Nanti request dukun putih berhasil balas dendam.

      Hapus
  43. Wah keren bgt penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
  44. Aaaah, makasih penjelasannya... bisa tidur nyenyak akhirnya 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidur nyenyak asal jangan kebawa mimpi iblisnya ya 🤣🤣

      Hapus
  45. selesai nonton film lgsg kehabisan energi rasanyaa huaaah😭🤏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dibuat ga nyaman dan sesak nafas sepanjang film

      Hapus
  46. Nyari sana sini penjelasan film wailing, akhirnya ketemu yang benar2 menjawab semua pertnyaan saya.. Makasiihh yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, kunjungi juga artikel lainnya

      Hapus
  47. Jangan2 mimin sekongkol sama si kakek dan il gwang yak? Soalnya penjelasannya meyakinkan saya 100%. Wkwwkwkwkw manuk akal sekali

    BalasHapus
  48. Min mau tanya kenapa tumbuhan yg didepan pintu layu ketika jong gu ngelewatin itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ending, wanita ini bertemu dengan Jong Goo dan memintanya untuk percaya kepadanya dan menuruti perkataannya untuk tidak masuk kerumah agar jimatnya berhasil. Ini adalah simbol dari ujian ke-iman-an seseorang, untuk dapat percaya pada sesuatu tanpa harus melihat, representasi dari keyakinan manusia terhadap adanya tuhan. Tuhan memerintahkan sesuatu untuk kebaikan manusia itu sendiri tapi acap kali diabaikan. Begitu pula di film ini, diwakilkan lewat Jong Goo yang gagal melewati ujian ini. Jong Goo melihat beberapa benda korban yang melekat dibadan wanita itu, seperti jaket dan cardigan, maka ia menganggap bahwa wanita itu adalah pelakunya. Saat itu Jong Goo memang baru saja dihasut oleh Il-Gwang yang berbohong bahwa wanita itu adalah dukun jahatnya. Jong Goo yang tunduk kepada ucapan tersebut akhirnya tidak mengindahkan permintaan wanita itu di detik-detik terakhir saat ayam akan berkokok ketiga kali, Jong Goo malah pergi masuk rumah. Alhasil upaya wanita ini meminta kepercayaan kepadanya menjadi sia-sia.

      Hapus
    2. Itu udah dikutip jawabannya oleh @Emgee. Saya tambahin itu layu karena tumbuhannya sudah kehilangan fungsinya sebagai penjaga sihir, karena mantranya hanya berlaku selagi Jong Goo masih diluar rumah.

      Hapus
  49. Baru nonton 2024 nih,bengong sendiri min yg bikin bingung kenapa s dukun il gwang mau kabur dan ketakutan pas abis ktmu s cewe ,trs pas s dukun di jln nyuruh cepet2 pergi ke bpnya nemuin anaknya pas scene itukan anaknya blm bunuh ibu dan neneknya ,harusnya bpnya cpt dong ,dan s dukun cewe malah kaya nahan2 bpnya biar pembunuhannya gk ada yg ganggu

    BalasHapus
  50. Baru nonton, cape banget min😭😭
    Sebenernya agak kesel sama filmnya karna yang menang yang jahat jadinya apa maksud film ini. Tapi setelah baca artikel Mimin terobatiii walau masih ada kesel keselnya🥲🥲
    Sehat sehat min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih doanya mimin masih sehat berkat doanya

      Hapus
  51. Terimakasih reviewnya!!

    BalasHapus
  52. baru bgt slesai nonton loh kok endingnya begini ga ngerti samsek trus nyari di google nemu blog ini akhirnya paham juga, kaget si banyak adegan yg bkin ga sadar, trs baca ni blog langsung mikir “loh iya juga ya” wkwk

    BalasHapus
  53. Bang,lopyu bang, ak tadi planga plongo masih ga percaya ending nya, tapi setelah baca penjelasan kamu, jadi mkin ngerti. Oh ya, kata2 yang kamu buat jelas dan indah banget, keep it upp

    BalasHapus
  54. Min, makasih udah kasih detailnya.

    BalasHapus
  55. Who is here on the year 2024 after watching Exhuma? 👆 but anyway, thank you for the detailed explanation! Sehat-sehat orang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih doanya. Ternyata Exhuma mendorong kunjungan kesini ya, karena tipikalnya sama.

      Hapus
  56. Barusan bgt slsai nntn, dan skrang saya paham tapi sad ending 😭

    BalasHapus
  57. Terimakasih penjelasan nya min🙏🙏🙏

    BalasHapus
  58. bang mau tanya, trs scene yg anaknya dibuka roknya trs kaya ada bekas pelecehan itu gmn? jd mksdnya bener kalo misalkan korbannya cewe bakal dilecehin dulu baru tu santet nya masuk ke tubuh korbannya? kalo gitu kasian bgt dong kalo korbannya cewe

    BalasHapus
  59. Nyampe ke blog ini karena baru selesai nonton dan kebingungan sama alurnya. Finally tercerahkan

    BalasHapus
  60. Keren banget penjelasannya, salam dari Binjai

    BalasHapus
  61. Oh my god ga nyangka artikel ini akan setrending ini, terima kasih buat semua yang komentar, maaf ga bisa dibalas satu per satu. Yang doain mimin sehat alhamdulillah terima kasih doanya mimin masih sehat. 2024 masih baca ini gapapa, mungkin karena film Exhuma katanya ya. Tipikalnya mirip.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...