Senin, 17 Agustus 2015

Review / Ulasan : Se7en (1995) By : Muhammad Ilham

Se7en (1995)
Cast : Morgan Freeman, Brad Pitt, Gwyneth Paltrow

Assalamualaikum Wr.

Halo Guys, pertama-tama ayo kenalan dulu deh, nama saya Muhammad Ilham, saya adalah seorang Pekerja, seorang suami dan seorang Ayah dari Malaikat kecil saya yang bernama Aurora, saya tinggal di Lubuklinggau Sumatera Selatan, dulu saya sempat berdiam di Jambi sewaktu menempuh Pendidikan di Universitas Batanghari Jambi. Kota Jambi udah seperti second home bagi saya walaupun akhir-akhir ini sangat jarang saya main kesitu (walau sangat ingin), karena udah berkeluarga dan bekerja.
Tentunya pertama-tama saya ingin mengucapkan Terima Kasih kepada Agan dan aganwati, Brotha and Sista para member dan admin Jambi Movie Freakers Community (JMFC) khususnya agan Chanriano Saputra yang telah memberikan kesempatan dan undangan bagi saya untuk menyumbangkan sedikit buah fikiran dari saya mengenai film, walau saya dan agan Chanriano ini belum pernah ketemu di dunia nyata namun beliau ingin mengapresiasi interest dan hobby saya yang sama dengan beliau yaitu Film sampai pada akhirnya mengundang saya untuk memberikan tulisan saya di Blog kita yang tercinta ini (thanks buddy).
Untuk diketahui guys, bahwasanya di Kota Kecil kami ini ga ada yang namanya Bioskop atau 21 yang menampilkan film-film baru dari negara asing maupun lokal, juga tidak ada Franchise Rental penyewaan Video Original seperti di Kota Jambi (dulu sih ada tapi udah tutup semenjak tahun 2005, dan Franchise Ult*a Disc tutup semenjak 2012), tapi hal ini tidak menghentikan hobby saya dari menonton film.
Oke guys cukup perkenalannya, lets straight to the point here, movie review, dan film yang saya ingin  saya review adalah…..eng..ing…eng…….

 

Benar sekali guys: Se7en. Salah satu film favorit saya. Oke mungkin ada pembaca yang bilang “oooh, Se7en saya udah kok nonton” (good for you bro), tapi kalo ada yang bilang “ hah, Se7en?” oke kamu harus baca review ini. Saya janji tak akan ada Spoilers (bocoran) yang berlebihan disini. Se7en menurut saya pribadi adalah salah satu film yang benar-benar berkelas, mindblowing dan luar biasa, walau rilis film ini sudah 20 tahun silam, se7en masih tetap dapat memberikan rasa takut, penasaran dan kejutan layaknya pada tahun film ini di rilis.

Bercerita tentang dua detektif divisi pembunuhan, David Mills (Brad Pitt) Detektif cerdas, muda, namun impulsif dan arrogant serta William Sommerset (Morgan Freeman) seorang Veteran berpengalaman yang akan pensiun namun bijak, dan sedikit perfeksionis, memburu seorang pembunuh berantai yang memanifestasikan pembunuhan yang dilakukannya melalui 7 Dosa mematikan dalam buku The Divine Comedy yaitu : Gluttony (kerakusan), Greed (Keserakahan), Sloth (Kemalasan), Envy (Iri/Dengki), wrath (Kemurkaan), Lust (Birahi) dan Pride (Kebanggaan).

 

Dengan pendekatan yang berbeda dimana Sommerset memilih untuk meriset dan mempelajari 7 dosa mematikan untuk mengetahui modus operandi sang pembunuh sedangkan Mills memilih untuk mendalami dan menyelami fikiran sang pembunuh, kedua detektif ini harus bekerja sama dan menyampingkan perbedaan diantara mereka untuk menangkap sang pembunuh yang berusaha mengajarkan kepada manusia mengenai 7 dosa mematikan melalui pembunuhan dan penyiksaan korban yang mencerminkan dosa-dosa tersebut.
TKP pertama dibuka dengan mayat pembunuhan dari dosa Gluttony (Kerakusan) dimana korban dengan kepala tertelungkup ke mangkok spaghetti dipaksa makan sampai meledak oleh sang pembunuh dan sangat berhasil ditampilkan secara grafik oleh sang Sutradara. Pembunuhan akan terus dilakukan oleh sang pembunuh dengan cara yang komplek dan metodikal sehingga penonton tidak akan berhenti menebak dan terus penasaran dengan apa yang terjadi di akhir cerita.
Tentu saya tidak akan menjelaskan detil dari alur plot cerita Se7en karena film ini menitikberatkan alur cerita sebagai kekuatannya bukan special effect atau action yang fast pace. Jadi kalau sudah tahu alur cerita film ini tentu tidak akan menjadi thriller yang menarik bagi yang menonton.
 Adalah David Fincher sang sutradara dan Andrew Kevin Walker sang Writer yang menurut saya pribadi adalah duo yang benar-benar brilian dalam menghidupkan sosok sang pembunuh. Mereka  berhasil membawa penonton terhanyut kedalam suasana yang mencekam dan menakutkan terlepas bahwa ini bukanlah film horror, dengan tone yang khas Noir, pencahayaan yang agak redup ala dark visual style, setting yang kebanyakan malam dan hujan, music yang membangun suasana dan angle shot yang merupakan khas fincher serta penempatan aktor (Pitt and Freeman yang tentunya sangat pantas diberi jempol  di film ini) membuat penonton merasakan bagaimana pandangan seorang detektif dalam melihat kasus pembunuhan. Film ini sangat pantas untuk ditonton boys, jika kalian belum sempat menonton film ini maka paling tidak sewa lah di rental kesayangan anda, atau beli filmnya, film ini sungguh memukau sehingga saya tau agan and aganwati pasti suka ini film, satu-satunya alasan anda ga mau nonton ini film adalah anda belum punya perut untuk nonton film se’hardcore’ Se7en.
Oke Guys itu Review pertama saya, hope you like it, Keep Calm and Keep Watching.

5 komentar:

  1. Salah satu film favorit sy,penggambaran tkoh antagonisny sngat tdk biasa dan endingny jg sngat pintar.yg suka gnre trhiller wjib nnton ini film.

    BalasHapus
  2. Salah satu film favorit sy,penggambaran tkoh antagonisny sngat tdk biasa ( unik )dan endingny jg sngat pintar.yg suka gnre trhiller wjib nnton ini film.. Rizky Akbar

    BalasHapus
  3. Thanks you bngt ya mas bro Muhammad Ilham, reviewnya oke, filmnya jg oke keknya, blm nonton tp baca sinopsisnya itu "bkn cerita biasa", hehe.

    BalasHapus
  4. Thanks you bngt ya mas bro Muhammad Ilham, reviewnya oke, filmnya jg oke keknya, blm nonton tp baca sinopsisnya itu "bkn cerita biasa", hehe.

    BalasHapus
  5. Filmny keren bro... Kesal liyat endingnya...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...