Sunday, February 21, 2016

Penjelasan Kategori Dalam Academy Awards (Piala Oscar)



Academy Awards atau yang biasa kita kenal dengan nama Piala Oscar adalah ajang penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman dunia. Ajang ini dibentuk oleh organisasi kumpulan para pekerja film seperti para sutradara, para aktor dan sebagainya yang tergabung dalam Academy Of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Ajang yang telah digelar sejak tahun 1929 ini digelar setahun sekali dalam rangka memberikan apresiasi dan prestasi kepada para pekerja di bidang perfilman yang diperlombakan dalam satu tahun periode peredaran film. 

Nah dalam setiap pergelarannya, AMPAS membedakan penghargaan ke dalam beberapa kategori berdasarkan bidangnya masing-masing, seperti Best Director, Best Actor dan seterusnya. Para juri penilai di setiap kategorinya adalah mereka-mereka yang berprofesi sama. Sutradara memberikan penilaian untuk kategori Best Director, begitupula aktor dll-nya. Sama seperti FIFA Best Player atau Ballon D'Or dalam dunia sepakbola dimana pemain sepakbola terbaik dipilih oleh para pelatih dan kapten tim sepakbola.

Pada tanggal 28 Februari nanti, AMPAS akan menggelar kembali Academy Awardsnya, kali ini yang ke-88. Mencakup film-film yang tayang diawal tahun 2015 sampai awal 2016 ini. Seperti biasa, banyak pendapat dan perdebatan terjadi siapa saja pemenang di masing-masing kategori. 

Lalu, bagaimana sih sebenarnya penjelasan mengenai pengertian dari kategori-kategori tersebut? Kadang kan kita menemukan beberapa kategori yang hampir mirip seperti Best Picture dan Best Cinematography, atau Best Sound Editing dengan Best Sound Mixing. Nah untuk mengetahui itu semua, akan saya coba jelaskan berikut ini.

Best Picture
Kategori ini sering menjadi salah kaprah diantara sebagian orang, termasuk saya, hehe... Mentang-mentang ada kata "Picture" disana, lalu semena-mena kita mengartikannya dengan kata "Gambar", yang kemudian kita maknai sebagai film yang mempunyai suguhan gambar terbaik, visual yang fantastis. Well...ternyata itu salah guys, hehe...jadi malu nih saya beberapa kali bilang Best Picture begituan. Demi menebus dosa saya yang  kemarin-kemarin, haha...maka saya pun akan mencoba meluruskannya disini.

Best Picture adalah kategori yang ditujukan untuk produser atau pembuat film. Award kategori ini diberikan untuk mengapresiasi mereka yang udah dengan baik dalam menyatukan segala elemen pembuatan film, mulai dari sutradara, pemeran, soundman, penulis skenario, tukang make-up sampe ke tukang bikin properti film, sehingga mereka menghasilkan sebuah film dengan suguhan yang best-lah. Gitu lho tepatnya, hehe... Jadi bukan visual atau gambar aja yak.

Nah biasanya, pemenang Best Picture ini adalah yang filmnya banyak muncul di daftar juara kategori dalam Academy Awards tadi. Jadi seperti juara umumnya gitu lah ya, piala paling bergengsi diantara yang bergengsi, The Lord of The Awards, hehe. Ya wajar saja seperti itu, kalo udah terbaik di banyak kategori, tentu itu semua terangkum dalam definisi Best Picture tadi kan, yang dengan baik menyatukan semua bidangnya. Seperti pemenang Best Picture tahun 2014 lalu, film Birdman, menyabet 3 piala Oscar sebelum Best Picture, itu adalah Best Director, Best Cinematography, dan Best Original Screenplay.

But....tak selamanya yang menggondol banyak piala itu dapat Best Picture. Yang anehnya saat tahun 2013 dimana film Gravity dengan dominannya meraih 7 Oscars tapi tak mendapatkan Best Picture yang kala itu dimenangkan oleh film 12 Years A Slave yang hanya menang 2 Oscars selain Best Picture. Well...itulah namanya kompetisi, hasilnya kadang tak bisa ditebak, kayak Leicester City yang sekarang calon juara di kompetisi liga Inggris mengungguli nama besar duo Manchester, Chelsea hingga Arsenal, haha...

Untuk prediksi yang ini, kalian harus melihat terlebih dahulu prediksi calon juara di kategori-kategori dibawah ini, baru deh kalian scroll lagi keatas sini. Karena Best Picture biasanya adalah yang filmnya banyak menang di kategori-kategori lain. Ayo sekarang baca dulu yang dibawah. Hmm....Hmmm....Hmmmm....... Sudah? Nah kalo sudah, saya memprediksi peraih Best Picture (dan bisa jadi juara umum) adalah mereka berdua yang bertikai di film The Revenant, filmnya Leonardo DiCaprio akan melawan filmnya Tom Hardy dari Mad Max : Fury Road, haha...

Best Director
Nah untuk kategori yang satu ini sepertinya tidak susah untuk kita mengartikannya. Sesuai dengan arti yang sebenarnya, kategori ini memang untuk para sutradara terbaik. Sutradara adalah orang yang mempunyai visi tentang bagaimana film akan dibuat, lalu bagaimana memandu para pemeran dalam berakting, lalu orang yang mengarahkan kameramen serta editor dalam menciptakan gambar dan sound yang ajib.

Ada yang unik dari setiap raihan juara Best Director ini, pada umumnya nama-nama sutradaranya adalah nama-nama yang kurang familiar di kalangan masyarakat umum seperti saya ini, hehe. Jika sebut sutradara mungkin lebih populer nama seperti Michael Bay, Ridley Scott, Guillermo Del Toro, atau Christopher Nolan. Tapi malah mereka belum pernah Oscar cuy, hehe... Mereka famous karena filmnya yang terkenal. But bukan berarti mereka sutradara yang tidak hebat ya, mereka juga sangat hebat, buktinya film mereka laris manis, hanya saja belum beruntung, hehe...

Lalu, apa yang membuat mereka juara? So pasti kualitas film yang dihasilkan oleh arahan mereka bener-bener totalitas, mereka dapat mengeluarkan kemampuan maksimal para kru dan aktor/aktris yang ia punya untuk menterjemahkan keinginannya dalam menciptakan film yang fantastis, terkadang juga inovatif dan improvisasi. Lalu pada kesempatan ini, siapa saja nominasi dan calon juaranya? Akan ada peluang terciptanya sejarah yang belum pernah dilakukan oleh sutradara manapun, yaitu meraih Oscar 2 kali berturut-turut. Siapa pelaku sejarahnya? Dia adalah Alejandro G. Inarritu, yang nanti diprediksi besar akan meraih gelar sutradara terbaik lagi berkat film The Revenant-nya. Ini ibarat mitos juara UEFA Champions League, yang tak pernah bisa 2 tahun berturut-turut, hehe.

Best Actor Leading Role
Sama halnya dengan Best Director, kategori Best Actor ini tak perlu penjelasan panjang lebar, sudah pasti orang awampun tau bahwa kategori ini untuk pemeran utama pria terbaik, para pria yang aktingnya sangat menjiwai sebagai tokoh yang diperankannya. Tahun ini saya hanya melihat 2 kontestan terkuat, Leonardo DiCaprio dari film The Revenant sebagai orang yang berusaha hidup di hutan belantara yang ganas. Kemudian Eddie Redmayne sebagai pria transgender menjadi wanita dalam film The Danish Girl, haduh, LGBT nih, haha... 
Beberapa orang berpendapat bahwa Leonardo DiCaprio yang sampai saat ini belum bisa menang karena ia belum bisa keluar dari core image yang ia punya, yaitu sosok yang selalu tampil rapih dan ekslusif. Untuk itulah kali ini ia tampil beda dengan sangat tradisional, kotor, brutal dan bar-bar, haduh.... Apakah berhasil membuatnya meraih Oscar untuk pertama kalinya? Kita tunggu saja.

Best Actress Leading Role
Tentu kategori ini juga kita semua tau, ini untuk pemeran utama wanita yang aktingnya paling bagus. Kalo akting para cewek saya kurang begitu mengikuti, karena belum saya tonton filmnya, hehe. Jadi hanya bisa mengemukakan pendapat salah satu temen saya di JMFC, Habibi yang menjagokan Brie Larson akan menjadi Best Actress berkat aktingnya yang menjiwai dalam film Room.  

Best Actor Supporting Role
Kalo kategori ini, sama saja penilaiannya untuk pria yang aktingnya paling baik, hanya saja perannya dalam film adalah sebagai aktor pendukung, bukan aktor utama. Biasanya aktor pendukung memiliki porsi tampil yang lebih sedikit dibandingkan dengan aktor utamanya, tapi meskipun dengan porsi yang sedikit itu mampu mencuri perhatian para juri berkat kemampuan akting yang tak kalah dari aktor utamanya. Sepertinya tak ada calon kuat di kategori ini, semua berimbang.
 
Best Actress Supporting Role
Dah pasti tau kan artinya apa di kategori ini. Biar singkat tepat padat, jari saya juga sudah mulai ngadat, haha...maka langsung saja ke kategori selanjutnya.


Best Original Screenplay
Asing dengan kata-katanya? Ya, sama, saya juga awalnya tidak ngerti ini kategori apaan. Ada screen, ada play, main Playstation pake screen nih, hahaha.... Nah agar tak jauh ngelantur, nih saya kasih jawabannya, kategori ini tepatnya adalah penghargaan untuk film yang mempunyai naskah skenario cerita asli, yang bukan adaptasi dari materi lain yang sudah pernah dipublikasikan, seperti novel atau komik. Jadi bener-bener bikin naskahnya untuk langsung dibuat ke film.

Best Adapted Screenplay
Ini lawannya Original Screenplay tadi, karena kategori ini untuk naskah terbaik yang tidak original, melainkan diadaptasi media lain seperti novel atau komik atau dokumen, film-film superhero, film-film romantis yang diangkat dari novel, atau film history kayak film perang dunia. Contoh film skenario adaptasi adalah Snowpiercer dan V For Vendetta.

Best Animated Feature
Kalo ada kata animated biasanya kita udah bisa langsung nebak, ini kategori untuk film animasi terbaik. Ga usah ribet-ribet, hehe. Film kartun tahun 2015 yang calon kuat juara adalah film Inside Out, bener-bener unik dan meaningful.

Best Foreign Languange
Kategori ini membuka kesempatan untuk film-film yang tidak menggunakan bahasa Inggris, untuk mendapatkan penghargaan bergengsi.

Best Documentary
Film dokumenter dong guys, isinya film-film yang menampilkan profil sebuah event, tokoh atau sejarah, dll yang dikemas dalam bentuk semi-formil.

Best Cinematography
Nah ini juga nih yang dari kemarin masih sering salah diartikan. Untuk kategori ini bersumber pada kata Cinematography, kalau diartikan secara simpelnya adalah elemen yang berkutat dengan unsur visual film, seperti komposisi warna, pencahayaan, lensa yang digunakan, berapa kali jepret per detik (frameshot), kemana fokus dan buramnya (focus and blur), sudut pengambilan gambar (camera angle), gerak kamera (camera motion), perbesar dan perkecil gambar (zooming), kayak sinetron kebanyakan zoom in-nya saat pemeran berkata :"Apaaaaahhh???", haha...

Mutlak saya katakan bahwa ini pekerjaan yang tak mudah, semua elemen tadi dikoordinir oleh Cinematographer, dia adalah rekan terdekat sutradara. Dengan kombinasi yang tepat antara kreatifitas, perhatian terhadap hal detail, kecanggihan teknologi dan sedikit keberuntungan, maka Cinematographer dapat menghasilkan karya gambar terbaik untuk menyabet Oscar. Calonnya kali ini saya prediksi dari timnya The Revenant lagi deh, hehe...

Best Film Editing
Edit film bray...copy, cut, paste, dll, hehe... Ya editor film yang bekerja memotong film tiap bagian, atau menyambungnya antar bagian, mengkombinasikannya, atau bahkan menciptakan bagian film. Mereka adalah orang yang bekerja pada sentuhan akhir, setelah semua kategori tadi bekerja dalam perfilman.

Best Production Design
Bagian yang membuat properti film, seperti yang mensetting ruangan, kadang mereka sampe bikin gedung sendiri, kalo film balap mobil ya yang nyiapin mobilnya, kalo film perang ya yang nyiapin senjatanya, kalo film horor ya yang nyiapun hantunya, haha... Calon kuat nih kayaknya Mad Max : Fury Road deh, modifikasi total bener kendaraan yang dipakai disana, modifikasi metal hardcore gore slipknot korn dragon force burgerkill, hahaha....

Best Costume Design dan Best Make Up dan Hairstyling
Ya tentu dah tau juga ya kalo ini yang desain kostum dan penampilan paling bagus. Yang bikin kostum, aksesoris serta penggunaan make-up dan nyalon juga cyiiin....cucok boook.... Mad Max : Fury Road lagi nih keknya, penampilan tokoh-tokohnya sangar-sangar dan unik.

Best Original Score
Apa lagi nih? Skor bola semalam 3-1 bro, haha..bukan skor itu men, melainkan disini yang dimaksud adalah sound original yang memang diciptakan untuk film tersebut dan belum pernah di publikasikan di media lain, ya hampir mirip kayak Original Screenplay tadi, bedanya ini soal soundnya. Biasanya ini seperti suara-suara latar yang mengiringi filmnya, atau suara-suara khas karakter atau fitur di filmnya.

Best Original Song
Lagu original yang memang sengaja diciptakan oleh composer untuk film yang akan dibuat. Bukan lagu-lagu yang telah hits atau beredar yang kemudian dipinjam untuk dimasukkan menjadi soundtrack film.Contohnya adalah lagu dan film kartun fenomenal, Frozen, berjudul Let It Go yang pernah meraih Oscar bersama Skyfall - Adele dari film agen 007 James Bond. Kalo saya suka Lost Stars-nya Adam Levine dari film Begin Again, hehe..

Best Visual/Digital Effect
Nah ini dia nih kesempatan dimana film-film komersil dapat penghargaan. Film-film yang menampilkan visual effects hasil editan komputer yang paling bening, paling keren, paling canggih. Sebut saja judul-judul seperti Avatar, The Lord Of The Rings dan Pirates Of Carribean. Isi nominasi juga sering dihiasi dengan film-film action superhero Marvel. Tapi tahun ini, kontestan terkuat untuk bawa pulang Oscar kategori ini adalah Star Wars - The Force Awakens. Salut deh dengan suguhan perang galaksi yang fantastis, hehe.

Best Sound Editing dan Best Sound Mixing
Saya langsung kasih perbedaannya, sound editing adalah gawean yang menciptakan sound di tempat pembuatan sound seperti studio. Contohnya adalah kalo jaman dulu tuh untuk suara orang kena pukul pake gebuk bantal dan direkam, haha.. Nah sekarang mungkin udah canggih bisa pake komputer. Kenapa ini patut dihargai? Coba kamu bayangin jika dalam sebuah film action laga, tak ada sound editing, bisa bayangin bonyoknya muka sang pemeran, karna dipukul beneran, haha... atau yang lebih lucu lagi, film yang ada bunyi dan gambar petirnya, seluruh kru pergi nyari tempat mendung kemudian nunggu petir datang dan syuting diulang berkali-kali, hahahahaha...
Bedanya dengan sound mixing adalah ini gawean pasca sound editing tadi, tapi lebih luas cakupannya karena menggabungkan suara-suara lain juga seperti nada, lagu, dialog, lirik atau bahkan dansa. Begitulah kira-kira simpelnya ya.

Best Short Film
Ini film durasi pendek terbaik, dah gitu aja, haha...

Okeh akhirnya telah semua kategori saya jelaskan, semoga dapat memperluas wawasan umum kita dan membantu temen-temen dan saya dalam memahami perbedaan dan penjelasan kategori-kategori dalam Academy Awards. Untuk melihat daftar lengkap nominator tiap kategorinya bisa dilihat dibawah ini, dan pengumuman pemenangnya nanti tanggal 28 Februari. Siapa saja yang kalian jagokan menjadi peraih Oscar?

Daftar Nominator Piala Oscar :

Best Picture
"The Big Short"
"Bridge of Spies"
"Brooklyn"
"Mad Max: Fury Road"
"The Martian"
"The Revenant"
"Room"
"Spotlight"

Best Director
 Adam McKay, "The Big Short"
George Miller, "Mad Max: Fury Road"
Alejandro González Iñárritu, "The Revenant"
Lenny Abrahamson, "Room"
Tom McCarthy, "Spotlight"

Best Actor Leading Role
Bryan Cranston, "Trumbo"
Matt Damon, "The Martian"
Leonardo DiCaprio, "The Revenant"
Michael Fassbender, "Steve Jobs"
Eddie Redmayne, "The Danish Girl" 

Best Actress Leading Role
Cate Blanchett, "Carol"
Brie Larson, "Room"
Jennifer Lawrence, "Joy"
Charlotte Rampling, "45 Years"
Saoirse Ronan, "Brooklyn"

Best Actor Supporting Role
Christian Bale, "The Big Short"
Tom Hardy, "The Revenant"
Mark Ruffalo, "Spotlight"
Mark Rylance, "Bridge of Spies"
Sylvester Stallone, "Creed"

Best Actress Supporting Role
Jennifer Jason Leigh, "The Hateful Eight"
Rooney Mara, "Carol"
Rachel McAdams, "Spotlight"
Alicia Vikander, "The Danish Girl"
Kate Winslet, "Steve Jobs"

Best Original Screenplay
"Bridge of Spies"
"Ex Machina"
"Inside Out"
"Spotlight"
"Straight Outta Compton"

Best Adapted Screenplay
"The Big Short"
"Brooklyn"
"Carol"
"The Martian"
"Room"

Best Foreign Film
"Embrace of the Serpent"
"Mustang"
"Son of Saul"
"Theeb"
"A War"

Best Documentary Feature
"Amy"
"Cartel Land"
"The Look of Silence"
"What Happened, Miss Simone?"
"Winter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom"

Best Animated Feature
"Anomalisa"
"Boy and the World"
"Inside Out"
"Shaun the Sheep Movie"
"When Marnie Was There"

Best Film Editing
"The Big Short"
"Mad Max: Fury Road"
"The Revenant"
"Spotlight"
"Star Wars: The Force Awakens"

Best Original Song
"Fifty Shades of Grey"
"Racing Extinction"
"Spectre"
"The Hunting Ground"
"Youth"

Best Original Score
"Bridge of Spies"
"Carol"
"The Hateful Eight"
"Sicario"
"Star Wars: The Force Awakens"

Best Visual/Digital Effects
"Ex Machina"
"The Martian"
"The Revenant"
"Star Wars: The Force Awakens"

Best Cinematography
"Carol"
"The Hateful Eight"
"Mad Max: Fury Road"
"The Revenant"
"Sicario"

Best Costume Design
"Carol"
"Cinderella"
"The Danish Girl"
"Mad Max: Fury Road"
"The Revenant"

Best Makeup and Hairstyling
"Mad Max: Fury Road"
"The 100-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared"
"The Revenant"

Best Production Design
"Bridge of Spies"
"The Danish Girl"
"Mad Max: Fury Road"
"The Martian"
"The Revenant"

Best Sound Editing
"Mad Max: Fury Road"
"The Martian"
"The Revenant"
"Sicario"
"Star Wars: The Force Awakens"

Best Sound Mixing
"Bridge of Spies"
"Mad Max: Fury Road"
"The Martian"
"The Revenant"
"Star Wars: The Force Awakens"

Best Short Film, Live Action
"Ave Maria"
"Day One"
"Everything Will Be Okay"
"Shok"
"Stutterer"

Best Short Film, Animated
"Bear Story"
"Prologue"
"Sanjay's Super Team"
"We Can't Live Without Cosmos"
"World of Tomorrow"

Best Documentary Short Subject
"Body Team 12"
"Chau, Beyond the Lines"
"Claude Lanzmann"
"A Girl in the River"
"Last Day of Freedom"



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...