Wednesday, March 16, 2016

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Film Captain America – Civil War (Preview By Chanri – JMFC 001)

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Film Captain America – Civil War (Preview By Chanri – JMFC 001)

*pasang tampang serius*
Film ini adalah merupakan film superhero adaptasi dari komik Marvel yang....STOP! Udah-udah ga usah dijelasin lagi itu mah, semua orang juga dah pada tau. Skip...skip...
Hal yang pertama kamu musti tau adalah ada Spiderman juga dalam film ini!

Hahaha...hal pertama yang mau saya kasih tau memang itu dulu. Kenapa? Karena memang kehadiran sang manusia laba-laba itulah yang bikin film ini tambah tambah dan tambah melejit di pasaran.
Buktinya? Trailer kedua dari film ini yang dirilis hari Jumat lalu dan menampilkan penampakan perdana dari Spiderman, langsung menembus 1 juta views di seluruh dunia hanya dalam 24 jam! Bagi kamu yang belum sempat melihatnya, ayo lihat disini : Trailer Kedua CaptainAmerica – Civil War.

 

Begitu dahsyatnya pamor dari seorang Spiderman ini yah. Menurut saya dan juga beberapa komentator, Spiderman dimunculkan di trailer may be untuk meraup para casual moviegoers, karena memang orang-orang yang casual moviegoers sekalipun pasti kenal dengan Spiderman ini dan mau untuk melihatnya.

Meskipun udah ditampilin di trailer tapi tetap tidak mengubah esensi dan inti dari film ini yang berjudul Civil War antar superhero, malah menjadikannya lebih menarik karena kedua kubu akhirnya memiliki jumlah personel yang berimbang, setelah di trailer dan promo poster sebelumnya Team Iron Man hanya punya 5 orang lawan 6 orang Team Capt.


 
Beda halnya dengan Batman vs Superman yang di trailernya menampilkan Doomsday dan trinity superhero Batman-Superman-Wonder Woman bersatu melawannya, jadi ketahuan esensi ceritanya berubah bahwa *tiiiitttt* *sensor* *bahaya spoiler* *Om Boy tau lah kan, hehe*.

Sebelum masuk ke Marvel Cinematic Universe (MCU), hak produksi film Spiderman dimiliki oleh Sony Pictures lewat film terakhirnya The Amazing Spiderman, sehingga menghambat Spidey untuk bisa join bersama superhero lainnya di MCU seperti Iron Man dan Captain America. Nah tahun lalu akhirnya Sony Pictures mau melepas dan join bersama Marvel Studios untuk menggarap ulang kembali sang tokoh ke dalam MCU.


Oke tinggalkan Spidey sejenak, mau mulai dari mana yak preview film Captain America – Civil War (Disingkat CACW) ini? Jujur saya bingung mau mulainya darimana, bukan karena tidak tau gambaran ceritanya, cuma karena saking banyaknya tokoh, kemungkinan plot cerita hingga petunjuk-petunjuk yang ada membuat saya kewalahan. Baiklah mari kita mulai saja, let it flow and the show must go on. Sebagai mukadimahnya, saya akan memberikan gambaran cerita awal secara umum dahulu.

Film Captain America  - Civil War adalah film ke-3 Captain America dan ke-13 MCU.
Kalo kamu ngitung dari judul superheronya, ya memang ini film ketiga dari sang american captain, but secara alur cerita ini lebih tepat sebagai film ke-13 MCU. Kalo kalian cuma merunut dari film Captain America yang pertama dan kedua ya kamu ga akan menemukan sambungan cerita secara langsung, karena film-film dalam MCU ini semua saling berhubungan. 



Maka untuk memahami plot cerita film CACW ini nanti adalah kamu lebih baik untuk nonton atau tahu dulu ke-12 film sebelum ini diluar serial TV seperti Marvel’s Agents Of SHIELD. Film-film seperti Iron Man dan Avengers sangat berkaitan dengan CACW. Film ini bersetting waktu setelah Avengers – Age Of Ultron dan Ant Man.

Pra-plot cerita CACW adalah tindakan para superhero dalam menyelamatkan bumi selama ini membawa kehancuran kota dan menakutkan sebagian manusia.
Dalam beberapa film di MCU sebelum ini, para superhero seperti Iron Man, Captain America, Hulk, Thor dkk telah beberapa kali berperang melawan para penjahat, baik di dalam film solo mereka masing-masing maupun saat mereka bergabung sebagai The Avengers. Setiap mereka berperang tentu banyak terjadi ledakan dan kehancuran infrastruktur kota dimana-mana, baik akibat dari serangan penjahatnya langsung maupun akibat perbuatan mereka sendiri secara tak sengaja. Korban manusia dan materi yang cukup signifikan.


Beberapa warga kota termasuk pemerintah sekalipun menjadi takut akan kehadiran mereka di bumi ini yang dapat mengundang kejahatan dan kehancuran yang lebih besar lagi. Serba salah memang, kalo ga ada superhero, ya kota juga akan dihancurkan oleh para penjahat seperti alien Chitauri dalam film The Avengers, Dark Elf Malekith dalam film Thor 2, organisasi teroris Hydra dalam film Captain America – The Winter Soldier atau robot artificial inteligent Ultron dalam film Avengers – Age Of Ultron. Kayak makan buah simalakama yak.


Mid-plot cerita adalah terbitnya undang-undang registrasi superhero berjudul Sokovia Accords.

Untuk menampung dan merealisasikan aspirasi terhadap rasa takut akan tindakan superhero yang dapat menghancurkan kota, maka pemerintah membuat suatu peraturan perundang-undangan yang harus dipatuhi oleh setiap superhero. Hadeh, udah kayak anggota DPR aja nih, sibuk diundang-undang. 
Pemerintah yang dimaksud dalam film ini adalah United Nation (UN), atau yang kita kenal dengan nama Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Kenapa PBB? Karena insiden kehancuran kota telah mencakup secara global di beberapa kota, sebut saja New York (The Avengers), Greenwich (Thor – The Dark World), Afrika Selatan, Korea dan Sokovia (Avengers – Age Of Ultron). Untuk itulah PBB yang berwenang. Judul undang-undang tersebut adalah Sokovia Accords, liat aja tuh ada logo PBB-nya.


Isi dari Sokovia Accords simplenya adalah setiap superhero wajib mendaftar di pemerintah, dan bertindak dibawah instruksi pemerintah, ga bole lagi bertindak sekehendak hati. Ya kalo saya bilang ibaratnya superhero itu akan menjadi “pegawai” pemerintah, haha...

Final plot cerita adalah ada superhero yang setuju untuk nurut ama tuh undang-undang, dan ada juga yang ga setuju.

Nah inilah yang menjadi pokok permasalahan dalam film CACW ini. Para superhero akan terbelah dua. Satu kubu adalah superhero yang setuju untuk tunduk kepada undang-undang tersebut, sementara kubu lainnya ga mau tunduk. Para superhero yang pro dengan undang-undang tersebut adalah Iron Man, War Machine, Vision, Black Widow, Black Panther dan Spiderman, mereka disebut Team Iron Man. Sedangkan yang kontra adalah Captain America, The Winter Soldier, Falcon, Hawkeye, Ant Man dan Scarlett Witch, kalo yang ini disebut Team Capt.

 
Masing-masing mereka mempunyai latar dan alasan sendiri terhadap pilihan yang mereka ambil. Stark mungkin dendam ama Bucky yang dulu terduga pelaku pembunuhan orang tuanya, Howard Stark dan Maria. Jadi wajar jika dia setuju dengan undang-undang tersebut untuk mengontrol orang-orang seperti Bucky. 

Kita ingat di film Captain America – The Winter Soldier ada komputer artificial inteligent Arnim Zola menjelaskan kecelakaan kematian orang tua Stark yang dibuat Hydra, saat itu Bucky dicuci otak dan menjadi pembunuh suruhan Hydra bernama Winter Soldier.

Sementara alasan War Machine ya untuk ikut mendampingi sahabatnya Iron Man dalam mendukung undang-undang. War Machine a.k.a Letkol James Rhodes kan sahabatan ama Iron Man a.k.a Tony Stark. Apalagi Rhodey ini adalah tentara Amerika, jadi wajar jika memihak undang-undang pemerintah.

Sedangkan Black Panther motifnya mungkin adalah memburu Bucky, karena Bucky diduga terlibat peledakan bom di gedung PBB saat Black Panther a.k.a T’Chala berada disana. Selain itu juga motifnya karena setuju undang-undang untuk ketertiban dunia.

Lain lagi dengan Vision, singkat perkataannya ;”Semakin kuat seseorang, semakin kuat juga mengundang tantangan”. Tantangan yang dimaksud mungkin adalah kejahatan dan kehancuran.
Kemudian Black Widow motifnya mungkin kurang lebih sama kayak War Machine, ia pegawai pemerintah (SHIELD).

Terakhir Spiderman, motifnya balas budi kepada Tony Stark. Karena berkemungkinan besar, perusahaan Stark Industries telah memberinya beasiswa. Hal ini dianalisis dari cuplikan klip ekstra dalam film Ant Man, dimana ada running text berita yang menyebutkan Stark Industries memberikan beasiswa kepada siswa yang pantas. Dalam hal ini, tokoh dibalik kostum merah-biru itu adalah Peter Parker yang memang cerdas dan jenius. Bisa jadi saja dia termasuk salah satu siswa yang menerima beasiswa tersebut.


Lalu di pihak Captain America, sang Captain sendiri motifnya adalah ideologi prinsipal bahwa superhero harus independen, tidak boleh memihak siapa-siapa apalagi dikekang siapa-siapa. Hal ini relevan sih kalo kita napaktilas kembali ke dua film sebelumnya, dimana revolusi idealisme sang kapten yang pada film pertamanya, Captain America – The First Avengers, ia berjanji untuk menjadi soldier alias prajurit yang patuh kepada negara, lalu sedikit mulai berubah di film kedua, Captain America – The Winter Soldier, ia sudah separoh nurut terhadap instansi pemerintah, dalam hal ini SHIELD, karena memang saat itu SHIELD tidak independen dan sampai disusupi Hydra.

Nah jadi puncak perubahan prinsip sang kapten mungkin ada di film ini, ia tak lagi mau nurut pemerintah karena idealisme tadi, superhero harus independen, apalagi kalo memang ada udang dibalik peyek, ada kepentingan dibalik undang-undang, pemerintah korup dan disusupi orang-orang jahat, ingat Hydra masih ada. Selain itu motif dia tentu persahabatan, ia ingin melindungi Bucky dari kejaran pemerintah, ia berpendapat Bucky sudah normal, tobat dan sembuh dari cuci otak Hydra.


Kalo motif Bucky sendiri sudah tentu wajar menjadi personel team Capt, jelas-jelas dia yang jadi sasaran team Stark toh. Dan sahabat Capt sekarang tak hanya Bucky, tapi juga ada Falcon, jadi wajar jika Falcon ikut bela Capt, apalagi latarnya dia adalah tentara yang terbiasa ikut perintah seorang kapten komando.

Lanjut ke Hawkeye a.k.a Clint Barton ini saya prediksi motifnya tidak setuju dengan undang-undang karena ia ingin jati dirinya dirahasiakan sebagaimana selama ini yang ia minta saat menjadi pegawai SHIELD. Ia tak mau meresikokan keluarganya terancam jika sampai identitasnya diketahui. Ya you know lah seperti biasa kalo keluarga atau pacar superhero diketahui kan biasanya penjahat menculik mereka untuk melemahkan superheronya, dah banyak kejadiannya di film-film superhero.




Hal itu juga senada dengan Ant Man yang juga memihak Captain America. Masalah identitas juga saya prediksi sebagai motif dia sama seperti Hawkeye. Sebagai referensi, liat kembali di film Ant Man bagaimana musuhnya, Yellow Jacket, mendatangi rumahnya dan mengancam keselamatan putrinya.



Terakhir apa motif Scarlett Witch? Prediksi saya sih masih dendam ama si Stark. Dari film Avengers – Age Of Ultron kita bisa tau saat dia kecil, rumah dan keluarganya menjadi korban dari bom militer yang bermerek “Stark Industries”, jadi sampe gede ia berniat balas dendam. Padahal yang nembakin bom itu bukan Stark, makanya Stark jangan narsis amat, masa sampe bom rudal aja ditulis merek namanya, hahaha....


 
Keragaman motif ini nanti akan bertemu dalam pertempuran maha dahsyat diantara mereka. Ya, akibat perbedaan pendapat mengenai undang-undang tadi membuat mereka khilaf dan ujungnya saling berkelahi. Dari sisi kemanusiaan sih miris melihat mereka berantem, tapi dari sisi kepuasan mata menonton, akan menjadi sajian yang apik, haha.

Oke guys, udah dapat kira-kira gambaran alur ceritanya? Kalo udah dapat, kamu bisa lanjut scroll ke bawah. Sekarang, saya akan mencoba untuk mengurai beberapa detail seperti petunjuk yang ada, latar motif, alur cerita hingga teori-teori yang ada di dalam film.  

WARNING : artikel ini menampilkan beberapa petunjuk atau bocoran-bocoran informasi yang belum ditayangkan di film, itu bisa menjadi SPOILER buat kalian. Mengutip dari artikel Istilah Dalam Dunia Perfilman, Spoiler itu artinya sih perusak, namun yang dimaksud dengan spoiler disini adalah hal-hal bocoran cerita atau menceritakan sesuatu, sehingga dapat "merusak" suasana bagi yang belum tau ceritanya. Hal ini sering terjadi dalam dunia perfilman.

So, bagi kalian yang membaca artikel ini saya anggap udah siap kena spoiler ya, siap nerima resiko "tau duluan", jika belum siap ya silahkan kunjungi artikel lainnya di blog ini atau klik close, ntar kalo dah siap baru baca artikel ini, hehe.

But first, saya harus bilang dahulu bahwa kalimat-kalimat dalam artikel preview ini ada yang memang fakta dan benar, namun ada juga yang baru berupa prediksi dan hipotesis. So, jika memang ada prediksi yang salah, mohon dimaklumin yah, namanya juga prediksi, hehe. Sebaliknya jika ada informasi yang salah dan kalian tau yang benarnya, ayo komen disini, biar kita sama-sama tau, sip dah...


Ondeh....mau mulai dari mana ini yah, banyak amir yang mau diurai, huaaaa.... ayo bos ngopi dulu, nyari moodbooster. *5 menit kemudian* Okeh got it, mari mulai dari trailernya aja, biar kita sama-sama lebih gampang mencernanya. Bagi yang belum sempat liat trailernya perdananya, klik disini : Trailer Pertama Captain America – CivilWar.
Dari trailer, yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut ini :
Jenderal Ross muncul kembali sebagai utusan pemerintah dan berbicara dengan para superhero mengenai Sokovia Accords.
Kalo kalian lupa siapa Jenderal Ross, dia itu adalah mertua ga jadinya si Hulk alias Bruce Banner. Ross adalah bapaknya pacar Banner, Betty, di film The Incredible Hulk. Ross bekerja sebagai pejabat di milter Amerika Serikat. Kali ini ia muncul kembali, berperan sebagai utusan pemerintah dan bertemu dengan para superhero, Captain America dkk. Ia menjelaskan tentang dampak negatif dari tindakan superhero yang memancing kejahatan dan membuat kehancuran di beberapa kota.

Untuk itulah ia minta kepada para superhero untuk bersama-sama mencegah kembali hal itu terjadi dengan cara berpedoman pada instruksi pemerintah kalo mau bertindak. Menarik memang kenapa Marvel menggunakan Ross sebagai utusan pemerintah, karena seingat saya, Ross ini memang orang yang terobsesi dengan kekuatan super, ia berambisi untuk bisa punya armada dan tentara yang kuat-kuat, seperti di film The Incredible Hulk. Cocoklah kata Ross, pucuk dicinta ulam pun tiba, ia akan segera pnya kontrol atas “anak buah” yang kuat-kuat.

Akhirnya Steve Rogers menemukan sahabatnya Bucky Barnes.
Trailer dimulai dengan bertemunya Steve Rogers a.k.a Captain America dengan sahabat lamanya, Bucky Barnes a.k.a The Winter Soldier. Bertemu di sebuah ruangan dimana Bucky dalam keadaan “ditahan”, tangan kirinya yang baja itu seperti dikekang dalam sebuah alat. Adegan ini merupakan perpanjangan dari adegan yang sama dalam ending credit scene di film Ant Man. 

Dalam ending credit scene tersebut Steve berpikir untuk mencari cara membebaskannya, ia tak sendiri, melainkan bersama sahabat barunya, Sam Wilson a.k.a Falcon. Steve bertanya kira-kira gini deh, “Sam, gimana kalo kita minta tolong Stark aja buat bebasin Bucky?”. Sam menjawab, “Susah Capt, Stark kan dukung Sokovia Accords dan itu menghambat kita, saya tau seseorang yang bisa membantu”. Jawaban Sam ini mereferensikan si Ant Man. 

Dalam ending film Ant Man, kita bisa liat Sam akhirnya bisa mendapatkan informasi identitas siapa Ant Man sebenarnya. Nah ini berarti setting waktu pertemuan Steve dan Bucky ini adalah pasca terbitnya Sokovia Accords yang disosialisasikan oleh Jenderal Ross tadi.

 
Bucky menjadi buronan PBB.
Sepertinya, di film ini Bucky menjadi buronan PBB. Ia dikejar karena perbuatannya dimasa lalu, saat otaknya masih “dicuci” oleh Hydra, ia telah banyak melakukan pembunuhan dan penghancuran atas suruhan Hydra. Namun disini, otaknya telah bersih, normal kembali dan mulai mengingat jati dirinya, dia insaf guys. Namun hal ini tak menghentikan proses perburuan PBB terhadapnya. Dan Steve sebagai temannya mencoba untuk melindungi Bucky dari kejaran tersebut. Steve berpendapat Bucky ini bukanlah Bucky yang dulu, kayak lagu si“Tegar”, haha.


Nah sampe batas sini, saya mentok, bukan karena kehabisan bahan tapi bingung belum bisa memastikan alur cerita yang benar. Hebat banget Marvel yah bikin trailer, menyembunyikan alur cerita dengan mengacak adegannya, jadi alur ceritanya masih belum bisa dirunut sampe sekarang. Kita analisis dari trailer satu per satu.
Ledakan di gedung PBB perbuatan Bucky?
Ada adegan ledakan sebuah gedung yang ternyata ada logo PBB di dalamnya. Ledakan ini sepertinya memakan korban manusia yang cukup massive. Yang menjadi pertanyaan, ini gaweanne sopo? Kalo melihat trailer kok sepertinya ini mengarah ke Bucky ya? Sehingga Bucky dikejar dimana-mana untuk ditangkap. Kalo saya memprediksi, pelaku ledakan adalah Hydra. 

Alasannya :
Pertama, dalam trailer “rahasia” yang ditayangkan secara tertutup di event Comic Con tahun lalu, ada adegan Cross Bones mendatangi gedung berlogo PBB. Sebagai pengingat, Cross Bones itu adalah nama julukan saja. Nama aslinya adalah Brock Rumlow, dia adalah seorang tentara Hydra yang tangguh. Dalam film Captain America – The Winter Soldier, ia nyaris mati karena terbakar oleh gedung yang meledak, namun ternyata ia masih hidup, dan sepertinya inilah wujud barunya, menggunakan topeng dan kostum dengan tanda silang (cross) di dadanya.


Kedua, dalam serial Marvel’s Agents Of SHIELD season 3 episode 11 minggu lalu, ada kalimat yang dikatakan oleh Presiden Amerika kepada Direktur SHIELD, Phil Coulson, mengenai profil pejabat Hydra, Gideon Malick. Saat Coulson meminta Presiden untuk menangkap Gideon Malick, Presiden menjawab kira-kira begini :”Susah Phil, dia itu punya pengaruh ekonomi yang kuat di berbagai belahan dunia, jaringannya banyak, bahkan punya peran di PBB”. So, bukan ga mungkin kalo Hydra punya peran meledakkan gedung PBB.

Ketiga, kalopun ada bukti otentik Bucky yang menjadi dalang ledakan tersebut, ada teori bahwa itu bukanlah Bucky yang asli, tapi Bucky tiruan hasil kloning. What? Gila juga ya teorinya. Iya, dalam trailer kamu bisa liat sosok seperti Bucky yang berada di dalam tabung hibernasi gitu. Disitu di badan Bucky ada 2 titik sinar biru, aneh kan? Dan juga lengan kanannya terbuka, biasanya kan Bucky selalu tertutup.

Jika memang benar itu Bucky cloningan, siapa yang buat Bucky kloningan dan apa tujuannya? Ada 2 hipotesis, mari mencoba teori cocoklogi-science. *colek om Fajar yang suka nyebut istilah cocoklogi-science, hehe* :
Pertama : yang buat kloningan adalah Hydra. Kenapa? Ga usah lagi tanyakan kenapa, bagi yang mengikuti MCU pasti tau kemampuan teknologi Hydra juga canggih-canggih. Tujuannya apa? Ya bisa jadi tujuannya adalah kamuflase, menjadikan Bucky kambing hitam sebagai terduga pelaku, sementara nama Hydra tetap bersih dan tersembunyi.




Dan ada adegan di awal trailer yang bisa jadi mengarah kesana. Setelah pemandangan landscape daratan es, setelah adegan orang berseragam dengan lambang berbahasa rusia di lengan bajunya, adegan berlanjut ke Bucky yang berposisi tegak diam dalam cryo-cell. Dimana Hydra-nya? Liat baik-baik slow motion saat orang berseragam tadi baru buka pintu, nah ditengah-tengah dinding setelah pintu terbuka ada logo kecil seperti logo Hydra. Hail Hydra!


Kedua : yang buat kloningan adalah Tony Stark. Whatttt??? Kok gitu? Teori cocoklogi-science coba diterapkan disini. Dalam komik, Stark diam-diam berada di balik insiden penyerangan dalam rapat dengar pendapat antara dirinya dan anggota pemerintah mengenai undang-undang registrasi superhero. Dalam rapat itu ada tokoh bernama Titanium Man yang memporak-porandakan pertemuan, sehingga membuat Peter Parker, yang saat itu mendampingi Stark makin percaya bahwa undang-undang itu bagus dan harus diterapkan. 

Titanium Man tersebut adalah bagian dari rencana Stark untuk membuat Peter Parker dan publik percaya. Nah bisa saja implementasinya ke dalam film adalah Stark menciptakan kloningan Bucky sebagai “Titanium Man”nya di film dan melakukan penghancuran untuk membuat publik percaya dengan undang-undang Sokovia Accords. Fiuhh...apakah akan benar teori cocokloginya nanti? Kita tunggu saja...silangkan jari kalian. 


Ledakan gedung PBB diatas tadi juga menyulut amarah T’Chala, yang dalam film ini sekilas terlihat hadir di dalam gedung tersebut dan terkena dampak ledakan. T’Chala, atau yang kita kenal dengan nama Black Panther. Wajar jika ada adegan dalam trailer dimana Black Panther mengejar Bucky.

Btw, ngapain dia di gedung PBB? Kemungkinan terbesarnya adalah dia mewakili negaranya, Wakanda, dalam pertemuan antar bangsa tersebut. T’Chala adalah anak dari raja Wakanda, T’Chaka. Soal Wakanda sendiri sudah bisa kalian ketahui dari film Avengers – Age Of Utron kemarin saat Ultron mencuri Vibranium dari Ulyses (mafia pasar gelap), Wakanda memang negara penghasil Vibranium.

Dimanakah Bucky ditahan?
Prediksinya sih Bucky ditahan di Jerman, berdasarkan melihat tulisan “Polizei” di kostum aparat keamanan yang menyusuri gedung tempat Bucky bersembunyi. “Polizei” adalah bahasa Jerman untuk “Polisi”. Kalo memang di Jerman, apakah setting waktunya akan berdekatan dengan airport battle


Team Capt dan Team Iron Man bertarung di bandara Jerman.
Ini settingnya memang di Jerman. Sebuah bandara yang penuh dengan tulisan berbahasa Jerman terpampang disana saat Team Capt dan Team Iron Man saling maju untuk berkelahi. Ada apa sih sebenarnya dengan Jerman? Apa ini masih ada hubungannya dengan Hydra? Mengingat Hydra bersumber dari orang-orang di Jerman.

 
Dalam airport battle, personel kedua kubu lengkap.
Adegan pra-berkelahi di airport ini menampilkan ke semua personel di masing-masing kubu berdiri saling berhadapan. Sebelah kiri saya ada Iron Man, War Machine, Black Panther, Black Widow, dan Vision serta Spiderman yang datang belakangan, telat kejebak macet. Sebelah kanan saya ada Captain America, Winter Soldier, Falcon, Ant Man, Hawkeye dan Scarlett Witch. Kami dari SMAN XX Jambi, teettt... Udah kayak cerdas cermat aja.

Trus, ngapain mereka? Saling bertatapan? Ya kagak, fighting lah, lari, terbang, hajar, tembak, duarrrr...duarrr...jlegerrrr...bdentummm....


War Machine mati?
Busseeettt...kaget liat trailer kok nampilin War Machine kena tembakan trus dada armornya hancur dan dia pun seperti mati. Tapi prediksi saya sih dia ga mati, hanya sekarat. Nah yang nembak War Machine dalam trailer ditunjukkan seolah-olah ditembak oleh Bucky, karena adegan sebelum dia mati ini adalah adegan Bucky ngarahin senapan. Tapi itu senapan kecil bro, sementara yang menghancurkan dada armor War Machine itu tembakan blaster yang gede, so siapa pelakunya??? *colek bro Kris, jadi belum tentu Bucky yang sadis nembak dia bro, hehe...*


Tim mana yang menang di airport battle?
Wah ga tau bro, ga ditampilin, ya jelaslah itukan menjadi rahasia dan kejutan di filmnya nanti. Tapi yang bisa kita lihat adalah :
Lebamnya mata Iron Man
Mata sebelah kanan Tony Stark a.k.a Iron Man lebam, ada lingkaran hitam disana, siapakah yang berbuat ini? Ini yang menjadi perdebatan batin yang sangat dahsyat dalam diri saya. Mata lebam ini sebenarnya menjadi clue (petunjuk) yang sangat penting. Kenapa? Karena, dalam adegan lain yang sepertinya bersetting di dalam gedung di Rusia, mata lebam ini juga masih ada, lalu dalam penjara “The Raft” juga ada. The Raft adalah penjara bawah laut yang disiapkan untuk menjadi tempat tahanan superhero yang melawan undang-undang. 


Jadi sebenarnya kejadian manakah yang lebih dahulu terjadi? Airport battle? Russian fighting? Russian fighting ini nanti saya jelaskan di paragraf lain dibawah. Jika bisa tau mana yang lebih dahulu, enak nih, bisa nebak alur ceritanya, hehe.

Lengan kiri Stark yang cedera akibat serangan Spiderman ke dia???.
Nah selain mata lebam Stark tadi, ada lagi nih cedera lain yang ada ditubuh Stark yang diperlihatkan dalam trailer. Liat baik-baik lengan kirinya yang dibantu alat penopang lengan. Patah? Mungkin. Penyebabnya? Nah ini juga belum bisa diketahui pasti. Mari terapkan kembali teori cocoklogi-science.

 
Dalam komik, memang ada gambar dimana lengan Stark cedera akibat serangan Iron-Spider ke lengan armor Iron Man. Iron-Spider adalah kostum Spiderman hasil modifikasi Tony Stark, lebih canggih dan lebih kuat. Nah loh kok Spiderman lawan Iron Man? Bukannya satu tim? Iya, awalnya memang satu tim, tapi setelah Peter Parker a.k.a Spiderman melihat hasil dari undang-undang tadi banyak buruknya daripada baiknya, maka ia pun memutuskan untuk beralih melawan Stark a.k.a Iron Man. Peter ga setuju melihat Stark memenjarakan para superhero, orang baik-baik ke dalam penjara seperti orang jahat saja.

Nah apakah aplikasinya ke dalam film nanti juga akan sama seperti ini??? Hehe...menarik ya untuk ditunggu jika memang benar itu hasil serangan “balik arah” Spiderman. Kasian si Stark, makin ditinggal personel timnya satu per satu kalo liat trailer. 
Stark ditinggal personel teamnya satu per satu???.
War Machine yang sekarat.
Pertama, War Machine yang sekarat akibat tertembak di airport battle, sehingga dia ga muncul di Russian fighting mendampingi sahabatnya dikeroyok Capt-Bucky.

Black Widow berpaling???.
Kedua, Black Widow yang marah kepadanya dan meninggalkannya. Ini akan menjadi terapan teori cocoklogi-science selanjutnya. 


Dalam komik, ada satu tokoh superhero wanita bernama Sue Storm, atau yang kita kenal sebagai Invisible Woman dalam Fantastic Four, yang berpaling dari team Iron Man ke team Captain America.

Ada 2 kemungkinan penyebabnya, pertama adalah karena adanya insiden yang mengakibatkan kematian temannya, Goliath, superhero yang ditahan di Negative Zone (Penjara untuk superhero yang menentang undang-undang di dalam komik). 


Negative Zone sendiri kurang lebih bisa kalian liat visualisasinya di film Fantastis Four versi terbaru Agustus tahun lalu. Kedua adalah karena sisi lembut wanitanya yang udah ga tahan dengan kekacauan antar superhero yang ada dan ingin segera damai saja antar kedua kubu.

Nah instalasinya ke film, bisa jadi saja karakter wanita “Sue Storm” di komik tadi ditarok pada diri Black Widow, karena kita tau ga mungkin tarok karakter Sue Storm disini, karena kepemilikannya berada di 20th Century Fox dalam film Fantastic Four. Dengan sama-sama karakter wanita, Ia tak suka liat superhero berantem, ia suka kedamaian. Lalu, siapa yang berada di posisi “Goliath”-nya? Sebagai temen Sue Storm yang metong? Hayoooo...siapa hayooo....?


Hawkeye tewas???.
Yak bener, Hawkeye! WTF??? Apakah Hawkeye akan mati? Mari berhipotesis ria lagi, hahaha...
Hawkeye mungkin saja mati, hipotesisnya ada 2 :
 

Pertama, liat trailer adegan Scarlett Witch nyerang Vision.
Dibawah kaki Scarlett ada tergeletak tubuh pria seperti Hawkeye. Widih...bener-bener harus punya “hakweye” untuk bisa melihat itu sekilas. Apa itu hasil digebuk Vision kah? Hiks...memang sih dia paling lemah, kalo lawan kayak Vision, Black Panther ya selesai guys, hiks lagi...jangan sampe lah itu beneran dia yang mati tergeletak. Jika memang benar, ya sangat wajar jika Black Widow marah kepada Stark dan berpaling.

Kedua, keberuntungan dan kontrak Hawkeye telah habis.
Dalam beberapa film yang ada Hawkeye beraksi didalamnya, ia selalu saja hampir metong. Ya karena memang dia hanya manusia biasa guys, jadi lebih rentan kena serang musuh. Dalam film The Avengers, ia hampir saja jatuh dari gedung tinggi dan terkena ledakan. 


Kemudian di film Avengers – Age Of Ultron tahun lalu lebih jelas lagi, disana dia telah bilang pamit dan berjanji kepada istrinya bahwa aksinya disana adalah yang terakhir kalinya, ia akan pensiun pasca bertarung bersama Avengers melawan Ultron. Eh...dasar lelaki, suka ingkar janji, haha...ternyata masih aja dia beraksi lagi sekarang. Ini pasti bininya dirumah udah siap-siap pegang golok kalo dia pulang selamat, haha... Karena itulah saya ga suka laki-laki, sukanya cewek, hahaha...

 

Tentu itu kalo Hawkeye pulang selamat. Hey our beloved archer, kamu udah diberi kesempatan hidup, kemarin dah hampir mati, masih untung diselamatin Quicksilver (yang akhirnya mati), sekarang malah membandel pula, so jangan salahkan Marvel ya jika kali ini kamu mati, hehe...

Kontrak Jeremy Renner sebagai pemeran Hawkeye juga akan habis di film CACW ini. Ia sepakat untuk diikontrak dalam 4 film, mari berhitung, pertama di film Thor, kedua film The Avengers, ketiga di film Avengers – Age Of Ultron, dan keempat alias terakhir ya you know lah kan...hehe... Hayooo dah siap mental buat para fans Hawkeye??? Haha...mari berdoa saja dia perpanjang kontrak, hehe...ga jadi mati dan bisa muncul lagi di film berikutnya. Hal berikut ini juga sama lho dengan Captain America, kontraknya sisa 1 film lagi, apakah dia mati disini? Baca di bagian akhir artikel ini ya.


But, teori soal Hawkeye mati ini, sepertinya hanya bisa dipatahkan oleh teori cocoklogi-science yang satu ini. Yang mati bukanlah Hawkeye, melainkan teman Black Widow yang lain yaitu War Machine. Hadeh..kenapa dia lagi sih? Kan udah tadi diatas.
Nah kali ini teorinya dicoba cocokin ama di komik, yang mana gambar Goliath tadi mati adalah seperti kena tembakan blaster gitu, hampir mirip ama yang terjadi sama War Machine di trailer! Wew....


Kembali lagi ke personel lain yang meninggalkan Stark.
Black Panther yang netral dan mencoba merelai.
Ketiga, Black Panther sebenarnya adalah orang yang netral, dia hanya belum tau saja kebenarannya untuk berpihak kemana, dia dukung Stark hanya karena undang-undang yang bersifat global untuk kebaikan seluruh dunia. Di komik dia bahkan yang mencoba merelai Capt dan Iron Man untuk berhenti berantem.

Tumbangnya Vision???.
Keempat, Vision yang “dipaksa” tunduk oleh Scarlett Witch. Vision yang kuat bisa kalah ama Scarlett Witch sih wajar karena Vision kan punya “pikiran” hasil dari Infinity Stone : “Mind Stone” yang ditanam dikeningnya, lah Scarlett kan bisa menghipnotis dan memanipulasi pikiran.



Nah menjadi wajar jika di trailer ada adegan Iron Man fighting sendirian melawan Captain America dan Winter Soldier, apa karena dia udah ditinggalin teamnya tadi? Babak belur dah Iron Man dikeroyok Capt dan Bucky, kayak kata temen saya om Boy, itu fight dalam close range combat yang memang mereka lebih jago, Iron Man baru nge-gas mau ngeluarin tembakan dari tangannya udah keburu dihantam ama pukulan-pukulan mereka.



Jadi pertanyaan lagi nih, apa adegan keroyokan ini yang bikin mata Tony Stark lebam? Adegan ini sih di Rusia sepertinya karena berlatar daratan es yang terlihat di lobang dinding belakang. Jadi, mana yang duluan nih??? Airport battle di Jerman ato keroyokan battle di Rusia? Bantu saya jawab dong guys, hehe...

 
Okeh, udah hampir seluruh bagian trailer kita analisis. Masih ada lagi kah yang belum? Masih brooohh..dikit lagi deh, janji, uppss...hehe... Ayo ngopi lagi, “mana kopinya mana kopinya temanku”, dah kayak lirik lagu aja...
Melanjutkan tentang Russian fighting, perhatikan lagi baik-baik adegan disana. Ada 2 hint yang mungkin kalian lewatkan.
Siapa yang ada di dalam Cryo-Cell?
Cryo-Cell ini hanya sebutan saya aja biar gampang nyebutin tabung hibernasi, hehe. Liat saat Iron Man memukul Captain America secara tiba-tiba, pause disana, dan kamu akan mendapati sosok seperti manusia di dalam tabung hibernasi sebelah kanan atas layar. Siapa yang ada disana? Apakah Bucky cloningan tadi?

  
Kalo Bucky aslinya sendiri diprediksi ada tuh di belakang Iron Man saat pukulan berlangsung. Lalu siapa ya kira-kira? Teori yang berkembang itu berkemungkinan diantara 3 ini : Bucky cloningan, Quicksilver yang diawetkan (liat rambutnya mirip), atau sosok baru antek-antek Hydra bernama Baron Zemo.

Profil Baron Zemo dalam MCU belum banyak diketahui, jika menilik dari komik, sejarah awalnya Baron Zemo ini adalah nama panggung dari Dr. Heinrich Zemo. Dia seorang ilmuwan Hydra yang menciptakan senjata-senjata pemusnah masal untuk Hydra. Seiring dengan waktu, nama Baron Zemo ini turun ke anaknya, Helmut Zemo, ia mempunyai senjata khusus bernama Adhessive-X, tong-teng-tong-teng...”Lem Perekat Super (baca pake gaya Doraemon). Bagaimana sosoknya di dalam film ini nanti ya kita tunggu saja.


Next hint adalah yang juga sangat krusial. Liat adegan saat Capt memukul Iron Man di dalam gedung, stop or pause disana, cerahkan resolusi warnanya maka kalian akan mendapati sosok pria terbaring seperti mati. Yang menjadi penting karena pria itu punya lengan besi yang putus! Apa itu Winter Soldier yang mati??????????????????????



Next lagi!
Captain America mati???
WTF??? Capt akan mati? Gile...yang bener aje sob, bohong jangan segitunya dong, hiksss....well guys dan para fanboys sekalian, itu benar...tapi di komiknya Civil War. Dalam komik Captain America tertembak mati oleh love interestnya, Sharon Carter, atau yang juga disebut Agent 13.


Siapa dia? Kok namanya mirip dengan agent S.S.R Peggy Carter yang juga love interest Captain di film pertama? Jawabannya ya karena memang doski adalah ponakan si Peggy guys. Weh...weh...Captain seleranya ama “Carter” ya, kemarin ga dapat berkencan dengan tantenya sekarang incar ponakannya, hehe...

Lah kalo cinte kok malah bunuh nembak Captain America? Jadi nih guys di komik ceritanya tuh Sharon Carter otaknya di brainwash ama Hydra, dihipnotis untuk menembak mati Captain America dan berhasil. Huaaaa......ga mau Captain mati....mama...kembalikan dia..... Look at this picture... Cry... Try not to cry... Cry a lot...


Dalam film ini Sharon Carter memang exist guys, nih orangnya, tambah cute aja sejak penampilan perdana di film Captain America - The Winter Soldier. Pantes aja Captain sampe kesengsem, apalagi mas Nendra, hahaha....

 
Eitttsss...mentang-mentang ada Sharon Carter di film ini jangan paranoid langsung, hehe... Ternyata Captain hidup lagi nantinya, hahaha...saya ga tau pastinya kenapa. Info yang saya dapat dari mentor saya di Komunitas Marvel Indonesia, om Dedi Fadim, apa kabar om? Semoga sehat dan bisnis action figure-nya laris manis ya, hehe...kalo temen-temen mau beli ama om Dedi aja nih di DeFa Marv's Toys ya, cek di t*kopedia.com. Kemarin beliau bilang Capt ga jadi mati karena fans banyak yang keberatan, hahaha...jadinya dibuatlah peluru yang dipake Sharon Carter hanyalah peluru khusus membuat jiwa seseorang hibernasi melayang di timeline ga jelas.



Ada juga info lain yang saya dapat, rohnya Captain America berjumpa rohnya Thor di Hellheim, alam akhirat Marvel, dan dengan menggunakan Mjolnir, Thor mengembalikan roh Captain ke raganya. Nah, bagaimana implementasinya dalam film? Apakah Captain America juga berujung kematian akibat Civil War ini? Kalo prediksi saya sih iya, prediksi lho ini, karena melihat clue-clue dan hint-hint yang telah saya jabarkan di artikel saya tentang Marvel CinematicUniverse ini, bahwa ada beberapa kali adegan Bucky a.k.a Winter Soldier berpose memegang tameng sang Captain, seolah-olah pertanda bahwa Buckylah nanti yang menggantikannya. Apalagi kontrak Bucky masih panjang beberapa film lagi.

Cuma proses matinya gimana dan karena apa saya belum bisa nebak. Melihat ada tokoh Sharon Carter dalam film ini mungkin saja ia terlibat seperti di komik. Faktor lainnya karena termasuk juga soal kontrak Chris Evans sebagai Steve Rogers ini tersisa 1 film lagi, mungkin ia kembali lagi di Avengers – Infinity War, yang kita tau sebanyak 60an lebih karakter Marvel akan muncul disana.

Ondehhhhh....begitu banyak teka-tekinya. Udah belum nih? Pucing pala belbie... Belum sayang, masih ada 1 lagi terakhir nih, janji deh sekali ni, hehe... *kalo cowok yang baca kalimat barusan geli-geli nih pasti, haha*
Oke, satu lagi adalah liat adegan saat Captain America mendatangi sebuah gedung bertuliskan I.F.I.D. Tulisan ini ada terpampang di mobil yang terparkir dan juga diatas pintu masuk gedung. Logonya sih benua Afrika. Apakah ini sebenarnya dan apa hubungannya  ke film ini?

Setelah mencari tau, I.F.I.D adalah singkatan dari Institute For Infectious Diseases. Artinya, ini lembaga yang khusus menangani masalah penyakit atau virus atau zat berbahaya. Melihat logo Afrikanya, berarti diasumsikan lokasinya di Afrika, tepatnya di Lagos, Nigeria.



Ngapain Capt kesana? Capt disana berjumpa dengan Cross Bones dan say hai, long time no see, apa kabar, tambah gemuk sekarang.... Ya kagak gitu lah, mereka berantem disana, liat adegan Cross Bones gebuk Captain hingga jatuh, liat orang disekelilingnya juga orang kulit hitam, jadi pas mereka berkemungkinan besar di dekat I.F.I.D.

Pertanyaannya diubah, ngapain Cross Bones disana? Oke mari berhipotesis kembali. Prediksinya adalah Cross Bones kesana atas utusan Hydra untuk mengambil zat atau virus berbahaya untuk nanti dijadikan sebagai senjata biologis. Nah berarti Captain America disana untuk mencegah Cross Bones memperoleh benda tersebut.

Hubungan senjata biologis ke film? Belum tau juga guys, maaf, hehe. Tapi bisa dipake lagi cocoklogi-science-nya. Di komik, Civil War – Red Zone, ada gambar Red Skull, pemimpin Hydra, menyebarkan virus beracun di Amerika dan membunuh ratusan orang. Kemungkinan besar di film bukan Red Skull tapi masih Hydra. Tapi kalo saya ga salah liat di trailer event Comic Con, ada sekilas kayak penampakan Red Skull deh...


Ada 1 tokoh lagi yang masih belum jelas perannya apa, tapi melihat siapa pemerannya sepertinya cukup penting karena bukan orang sembarangan. Dia adalah Martin Freeman, yang main sebagai Bilbo Baggins di trilogy The Hobbit itu. Nah ditrailer dia satu scene dengan Sharon Carter menemui Captain America dan Falcon saat mereka berdua menyerahkan properti superheronya. Hmm...denger gosip sih peran si Martin ini sebagai Everett Ross, utusan USA dan pendamping T'Chala di PBB.


Slogan "Bersatu kita teguh, bercerai kita kawin lagi, eh runtuh", ini juga dipakai oleh film ini lho. Liat trailer tv spot ini yang menyebutkan "United we stand, divided we fall". Klik disini : Trailer TV-Bowl Spot Captain America - Civil War


Kemudian di film nanti kalian akan melihat kostum-kostum superheronya baru-baru, diupgrade, liat aja helm Iron man yang bisa buka-tutup sendiri tapi masih belum ada penampakan armor Bleeding Edge (klik kalo mau tau), lalu meriam di bahu War Machine, Falcon udah ada warna merahnya, mata Spiderman yang bisa gerak-gerak serta web-shooternya yang di pergelangan tangan pake stok cadangan isi ulang di pinggang, kemudian helm Ant Man juga baru tuh.


Okeeehhhh....selesai juga ternyata. Dan ini menjadi sejarah preview terpanjang sepanjang saya membuat preview film. Wajar sih, karena saya pribadi sangat suka MCU dan sangat antusias dengan film ini. Dan juga karena memang film ini banyak yang mesti dijelaskan kekompleksitasannya setelah MCU berjalan sejauh ini.
Tanpa banyak kata lagi, terimakasih telah membaca, bole di komen jika ada yang disukai, mengganjal, salah atau apalah gitu, mana tau ada yang terlewatkan oleh saya, hehe.. namanya juga masih preview, bisa bener bisa salah, kalo bener alhamdulillah kalo salah maafkanlah, hahaha.... 

Kalo kamu sendiri untuk film ini dukung team siapa? Team Iron Man atau Team Capt? Komen disini ya, kalo bisa alasannya kenapa, hehe... Pick a side, whose side are you on?



 

See you...dan selamat menonton nanti...film ini sendiri dijadwalkan rilis tanggal 6 Mei 2016 international. Kalo mau nonton bareng kami Jambi Movie Freakers Community juga boleh, rencana sih mau gelar nobar booking theater, infonya silahkan invite pin bb 335b47a0.
(JMFC 001 - Om Chan)


10 comments:

  1. gak sabar nunggu brooo, doain aja bisa gabung nonton mei besok, g sabar liat spidey maen mata hahahha

    ReplyDelete
  2. Jadi kalau dicari2 root causenya civil war ini ada di bucky ya om chan.
    Analisanya luar biasa banget. Seperti biasanya. Kalau sudah menyangkut MCU om chan gahaar.
    Btw. Saya ga baca sampai habis. Sy berhenti setelah pengenalan motif2. Khawatir merusak mood nonton nantinya. Banyak potensi spoiler hahaha.

    Nanti komen lagi.

    Eh. Itu colekannya makasih om. Kenapa kena Tiiiit ya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih om boy pembaca setia kami, hehe.. nanti klo dah nonton bru bca sampe habis ya..

      Delete
  3. Beuuhhh... Mantap Om Chan..
    Bacanya harus di serapi berulang - ulang, sangking panjangnya dan banyaknya Superhero yang dijelaskan.. Hehe..
    Ditunggu kita nontonnya nie..

    ReplyDelete
  4. Kereeen banget rangkuman dan analisanya! Lengkap banget wah niat memang ya hehe
    Tapi saya berhenti baca pas yang udah mau bagian spoiler. Takut gaenak nontonnya hehe jd mungkin nanti saya baca kalau udah nonton filmnya.
    Btw saya sebenernya belom nonton semua film MCU. Banyak banget hehe. Boleh minta saran ga mana yang harus ditonton sebelum nonton CA:CW ini? Kalau nonton 12 kan kayaknya banyak banget, udah gitu CA:CW juga bakal rilis akhir bulan ini, jd takut ga sempet hehe
    Makasih banyakkk om! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih udah mmbaca..hehe. Iya di warning spoiler, klo blm kuat iman jgn dibaca bagian spoilernya. Utk pngantar singkat ke Civil War, bs coba nonton Avengers 1, kemudian Iron Man 3, lalu Captain America 2, lalu Avengers 2. Itu yg paling singkat.

      Delete
  5. entah prediksinya ngga ada yg bener :v semangat pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih udah mmbaca ya..Ya namanya jg prediksi, bs bner bs salah. Diawal tulisan jg udah sya blg gitu. Kalo tau smua saya dong yg buat filmnya, haha.. Lagian jg ga smuanya ga bner, ada jg lah yg bnernya, hehe..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...