Wednesday, February 3, 2016

Film Horor : Clown (2014) Review By Andika Pratama (JMFC 005)

Salam JMFC

Badut….. Pasti yang terbayangkan oleh kita adalah sosok lucu, imut dan menggemaskan khususnya untuk anak – anak. Tapi khusus di film Clown remake dari film era 80an yang disutradarai oleh Jon Watts yang release tahun 2014, sosok tersebut menjadi sangat menegangkan dan menyeramkan.

Kisah ini dimulai pada perayaan hari ulang tahun ke – 10 Jack (Christian Distefano), yang mana salah satu acara akan di hibur oleh badut. Tapi ternyata badut batal hadir hingga akhirnya Meg (Laura Allen) Ibunya Jack menghubungi Ayahnya Kent (Eli Roth) yang bekerja sebagai agen real estate untuk mencari penggantinya. Hingga akhirnya dia menemukan kostum badut dirumah salah satu tempat dimana dia bekerja. Pesta anaknya pun berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan.

Gambar : imdb.com

Tapi keceriaan pun sirna begitu kostum badut yang dipakai tidak mau dilepas dengan berbagai upaya hingga membuatnya merasakan sakit dengan penuh luka dikarenakan membuka dengan paksa. Lama kelamaan Kent perlahan menjadi sosok badut setan yang brutal dan rasa lapar tak terkendali hingga anak manusia pun menjadi sasaran utama. Didalam keadaan seperti ini untungnya Meg masih percaya bahwa Kent masih bisa kembali dengan normal, apalagi ada seseorang yang bisa “katanya” melepaskan kostum tersebut yang ternyata dengan cara memenggal leher untuk dapat melepaskan kutukan roh jahat dari kostum badut tersebut. Atau bisa lepas dengan sendirinya jika Kent mampu memakan 5 anak manusia.



Sadis lebih tepatnya penggambaran film ini, karena pertumpahan darah dan khususnya anak – anak cukup membuat penonton merasa tegang dan takut. Apalagi jika di tonton langsung oleh anak – anak pasti dapat menimbulkan ketakutan traumatic di kemudian hari. Karena contoh dari kasus ini ada dan membuat momok bagi mereka jika harus melihat badut dalam sosok apapun juga. Karena Film bergenre ini sudah banyak tayang dari tahun ke tahun dengan berbagai versi dan judul seperti, Tie (1990), Clown House (1989), Stitches (2012) dan masih banyak lagi. 

Film ini diawal mampu menarik rasa penasaran bagi penonton karena tiap bagian memberikan bagaimana sosok yang boleh dikatakan monster tapi mampu mengendalikan perasaan untuk keluarganya. Cinta dan kasih sayang bagi sebuah keluarga tergambarkan dengan cukup baik dan mampu menyentuh perasaan, tentunya bagi yang udah berkeluarga ya… Hehehe..

Namun tetap ada kekurangan dari film ini, pastinya terlalu sadis untuk ditonton oleh anak – anak. Juga ada beberapa moment dimana Kent bisa memangsa anak kecil cukup berpeluang tanpa harus menunggu dengan alur yang berkelok – kelok hingga sisi tegangnya muncul karena Kent menginginkan anak terakhir yang dimangsa adalah anaknya sendiri Jack. Tapi inilah namanya cerita Horor jika alur tidak dibuat berkelana seperti kata Rhoma Irama.

Gambar : imdb.com

Disini bagi penonton pasti ingin sosok Kent bisa terlepas dari kostum badut tersebut dengan upaya Meg untuk dapat memberikan anak lain supaya Jack tidak jadi untuk dimangsa oleh Roh Jahat dari kostum badut tersebut. Tapi ternyata Kent tewas ditangan Meg dengan memenggal kepalanya dikarenakan sebuah pilihan yang sulit agar Jack tidak tewas oleh Ayahnya sendiri. Klimaks yang didapat tidak begitu baik sesuai dengan yang diharapkan, terbesit sedikit oleh saya seharusnya bisa tidak seperti demikian yang terjadi di akhir ceritanya. Tapi kembali ini Drama Horor, harus ada kesan misterius dan jalan cerita yang susah ditebak.

Tapi kelebihan dari film ini, kasih sayang dan cinta di gambarkan dengan penuh haru dan perjuangan. Seperti sosok seorang Ayah (Kent) yang ingin anaknya bahagia disaat ulang tahun dan cinta Istri (Meg) Kepada suami, walaupun rupa, wujud dan perilaku berubah dikarenakan kostum badut tersebut. Tetapi cinta sanggup untuk membuat perlindungan dan perjuangan agar suaminya bisa kembali berkumpul bersama seperti sedia kala. Walaupun pada akhirnya harus terpisah untuk selamanya…..

Rating 7/10

1 comment:

  1. Gara - gara nonton nie Film, setiap lihat Badut yang beginian pasti ingat nie Film.. Hehehe..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...