Saturday, January 30, 2016

Preview Film Deadpool : Superhero Paling Nyeleneh, Paling Absurd, Paling Kocak

Yak, dari judulnya aja udah bisa dibayangkan film ini bakalan gimana, mengetahui si Deadpool ini adalah superhero yang kelakuannya menyimpang dari superhero pada umumnya. Oleh karena itulah sikap seperti itu disebut juga dengan istilah Antihero. Sama-sama superhero sih, sama-sama memberantas kejahatan sih, hanya saja caranya yang beda, si Antihero ini caranya agak berandalan dan koplak gitu lah, hehe...ga bijak dan kharismatik kayak Captain America atau Superman yang lurus-lurus aja, haha. Dan artikel saya kali ini akan memberikan gambaran dan sedikit info serta profil tentang filmnya si antihero ini, berjudul sama dengan tokoh antiheronya, Deadpool, yang akan tayang 12 Februari nanti. Are you ready guys...???

Sebagai pembuka, saya akan bercerita sedikit dahulu mengenai franchise yang menaungi karakter Deadpool ini. Deadpool merupakan salah satu tokoh dalam komik Marvel tentang para mutant atau yang lebih kita kenal dengan nama "X-Men". Hak produksi untuk film-filmnya X-Men dipegang oleh 20th Century Fox. Yang perlu saya tekankan adalah meskipun sama-sama superhero dari Marvel komik, alam/universe X-Men ini beda dengan alam/universe tokoh-tokoh superhero dalam film-film Marvel lainnya, seperti Captain America, Iron Man dkk yang hak produksi filmnya tergabung dalam Marvel Studios dan dibuat dalam proyek bernama Marvel Cinematic Universe (MCU). Jadi, kita ga akan bisa melihat Deadpool atau X-Men lainnya berjumpa dengan superhero dari Marvel Cinematic Universe tadi. Jika ingin tau siapa saja superhero yang masuk dalam MCU dan yang diluar MCU, kalian bisa klik artikel MCU ini : Marvel Cinematic Universe Timeline And Hints Explanation By Chanri (JMFC 001) - Mukadimah .

Gambar : movieweb.com

Deadpool ini berada di alam yang sama dengan para mutant lainnya, yaitu X-Men. Kita pernah melihat Deadpool yang "dikemas" dengan penampilan yang agak beda dalam film X-Men Origins : Wolverine. Tapi sayang, sajian tersebut dianggap gagal oleh para fans Deadpool, banyak kritik yang dilontarkan akibat tampilan dan karakter Deadpool yang tidak sesuai dengan komiknya. Gegara kritik inilah yang menjadi pemicu bagi 20th Century Fox untuk suatu saat nanti membuat film Deadpool yang bagus, yang diharapkan oleh para fans. Dan saat itu ya tahun 2016 ini, film Deadpool rilis. Sebenarnya tak hanya Deadpool yang dianggap gagal dalam film X-Men Origins : Wolverine tersebut, film-film X-Men lainnya juga dianggap tidak memuaskan. Sehingga 20th Century Fox memperbaiknya dengan cara me-reset waktu dan alur kehidupan para mutant ini dengan hadirnya film X-Men - First Class tahun 2010 dan X-Men : Days Of Future Past tahun 2014 kemarin. Otomatis, karakter Deadpool-pun dapat dibikin ulang seperti yang akan tayang ini. Dan sepertinya memang Deadpool akan berada dalam alam yang sama dengan X-Men lainnya, ini dilihat dari kostum berwarna kuning berlogo "X" dari sekolah mutant yang dipakai Negasonic dalam film ini, sekolah mutant kan dikepalai oleh Professor X alias Charles Xavier.

Gambar : imax.com

Nah setelah kalian paham tentang polemik dari 20th Century Fox tadi, sekarang kita bisa lanjutkan ke dalam cerita filmnya. Plot cerita film ini akan menceritakan asal mula "lahir"nya Deadpool, hingga beberapa saat kemudian masalah asmaranya juga, antihero bisa kasmaran juga ya, hehe. Deadpool dalam film ini diperankan oleh aktor yang sama dalam film X-Men Origins : Wolverine, yaitu Ryan Reynold, yang juga pernah main sebagai superhero dari DC Comics bernama Green Lantern.

Seorang pemuda bernama Wade Wilson, ia bekerja sebagai tentara bayaran di Amerika Serikat, namun pada suatu ketika, ia didiagnosa mengidap penyakit kanker yang dapat merenggut nyawanya. Shock? Sudah pasti dong. Saat pikirannya galau akan hidupnya yang ga akan bertahan lama, datanglah tawaran dari divisi lain dalam militer Amerika Serikat, kalo di komik bernama Departmen K. Mereka menyatakan bahwa mereka dapat menyelamatkan Wade dari kanker yang dideritanya, bahkan tak hanya itu, mereka bisa membuat Wade menjadi superhero, mempunyai kekuatan super yang diidamkan setiap orang. Kok bisa? Karena Department K punya proyek berjudul Weapon-X. Apa itu? Weapon-X adalah proyek yang meneliti tubuh para Mutant dan mengaplikasikan kemampuan Mutant untuk kepentingan militer. Penampakan proyek ini sebenarnya telah ada dalam film X-Men Origins : Wolverine (2009) dan X2 (2003). Proyek yang melibatkan ambisi dari seorang pejabat militer Amerika bernama William Stryker. Ia yang menanamkan logam Adamantium ke dalam tubuh Logan a.k.a Wolverine dan mengekstrak self-healing ability-nya si Wolverine.

Wade pun akhirnya menerima tawaran tersebut. Saat berada di tempat proyek, ia dibawah pengawasan seorang bernama Ajax dan Angel. Disana mereka berdua memperlakukan Wade dengan jahat, melakukan eksperimen yang tidak manusiawi. Hingga suatu waktu terjadi ledakan hingga lahirlah karakter Deadpool ini dalam diri Wade Wilson.

Okeh, sejarahnya udah kalian ketahui, sekarang, siapa sih Deadpool ini? Bagaimana karakternya? Apa saja kemampuan supernya? Mungkin dari sebagian besar kalian masih banyak yang belum tau lebih dalam tentang karakter Deadpool ini, termasuk saya sendiri, hingga saya mencari dan menggali lebih dalam untuk saya share kepada kalian semua guys, karena gue sayang sama kalian guys, hahahahahahahaha.......*terkontaminasi kekonyolan Deadpool*

Gambar : joblo.com

Mari kita mulai saja mata pelajaran "Mengenal Deadpool" lebih jauh :

1. Deadpool adalah alter ego yang muncul pasca ledakan. Hasil percobaan yang dilakukan proyek Weapon-X kepada Wade Wilson ini membuat sifat Wade yang humoris makin kuat, saking kuatnya hingga menjurus ke tingkah laku yang konyol cenderung absurd, hehe...

2. Kanker yang di derita Wade Wilson sembuh, hal ini dikarenakan saat percobaan Weapon-X kepada Wade Wilson, tubuhnya juga ditanam gen milik Wolverine yang mempunyai kemampuan self-healing ability, kemampuan untuk menyembuhkan luka dan meregenerasi sel-sel baru dengan cepat. Oleh karena itu, Deadpool dalam film ini sepertinya juga ga bisa mati guys, awet muda terus dan hidup abadi kayak Wolverine, setiap ada luka bisa saja sembuh. Bahkan dalam komik, Deadpool pernah mengalami hal-hal yang parah seperti tubuhnya terpecah akibat ledakan atau kepalanya terpenggal, tapi tetap saja ia masih bisa hidup kembali. Nah bisa jadi aja nih mungkin dalam film ini, sebenarnya ledakan di The Hospice tadi membuat Wade Wilson mati, tapi karena ada kemampuan self-healing tadi, doski sembuh sendiri dan ga jadi mati. Anehnya, meskipun bisa nyembuhin diri sendiri, tapi kenapa luka di muka/kepalanya ga bisa sembuh ya.

Gambar : pinterest.com

3. Selain mempunyai kemampuan self-healing, Deadpool juga mempunyai kekuatan superhuman, kekuatan diatas manusia normal, kecepatan, kelincahan, refleks dan stamina super. Berhubung dia mempunyai skill tempur dan beladiri dari yang ia peroleh semasa menjadi tentara, maka kemampuan bertarungnya pun juga meningkat, kemampuan menyusup dan strategi tempur juga ikut meningkat. Dan terakhir yang ikut meningkat adalah kemampuan humornya, hahahaha.... Saking seringnya dia bicara celoteh non stop bikin jokes alias lelucon, Deadpool dijuluki The Merc With A Mouth. Karena itulah Deadpool ini bertingkah konyol bin absurd tadi, nyeleneh kelewat kocak, cara membasmi kejahatannya agak brutal dan berandal, jauh dari karakter superhero idola masyarakat awam, hanya masyarakat yang absurd juga yang mengidolakan Deadpool, hahahaha.... *colek Rudi dan Farhan, hehe...*

4. Wade Wilson a.k.a Deadpool mempunyai beberapa rekan dalam film ini.
4.1 Pertama adalah pacarnya yang bernama Vanessa Carlysle atau lebih dikenal dengan panggilan Copycat. Sang pacar sangat setia kepadanya, saat suka maupun duka, saat sehat maupun sakit, oowwwhh...to twiiiiitttttt.... Vanessa tetap memberikan dukungan kepada Wade dan meyakininya bahwa Wade akan bisa melewati penyakit kanker yang dideritanya. Vanessa ini diperankan oleh Morena Baccarin yang malang melintang di serial pertelevisian.

4.2 Rekannya yang kedua adalah Weasel, diperankan oleh aktor komedi TJ. Miller yang pernah main di film Big Hero 6 dan Transformers - Age Of Extinction. Weasel disini adalah sahabatnya, ibarat Batman dengan Alfrednya, maka Weasel disini adalah orang yang menyediakan atribut-atribut serta urusan teknis lainnya yang digunakan untuk membantu Deadpool.

4.3 Blind Al merupakan seorang nenek tua yang dekat dengan Deadpool. Antihero ini suka minta nasehat dari nenek-nenek ini. Ya wajarlah kali ya, secara udah nenek-nenek, pasti udah kenyang makan garam, banyak pengalaman dan hal-hal bijak yang dipunyai, untuk membimbing Deadpool kearah yang benar, hahaha... Tapi saya sangsi, antara dua nih kemungkinannya, kalo ngga si Deadpool yang kembali ke jalan yang benar, ya nenek itu yang jadi gila ketularan Deadpool, hehe.
 
4.4 Mutant bernama Colossus juga ikut muncul dalam film ini, meskipun sebenarnya udah pernah muncul dalam film X-Men sebelumnya seperti X-Men : The Last Stand dan X-Men : Days Of Future Past, tapi kali ini diperankan oleh orang yang beda. Colossus merupakan mutant yang mempunyai kemampuan mengubah badannya menjadi logam guys.

4.5 Nah ini dia nih yang mencuri perhatian dunia. Dia adalah Negasonic Teenage Warhead. Haduh nyebut namanya aja lidah ane kebelit, haha... Remaja yang satu ini diperankan oleh Brianna Hildebrand dan merupakan seorang mutant juga, tapi masih baru dalam perfilman X-Men, meskipun di komik dia adalah murid dari Emma Frost, mutant berkemampuan telepati di film X-Men : First Class. Disini dia mempunyai kemampuan mengeluarkan ledakan dari badannya, gibeh... Penampilannya pun sangar, ibarat gabungan Lisbeth Salander dari film The Girl With Dragon Tatoo dengan Hit-Girl dari film Kick Ass. Tapi sekali remaja, tetap aja remaja, ini diperlihatkan dirinya masih addict ama yang namanya gadget alias handphone, dalam trailer Deadpool dan Colossus sedang berhadapan dengan musuh, Negasonic malah masih sibuk nge-tweet, haaha...

Gambar : pinterest.com


5. Setelah mengenal rekan Deadpool, tak lengkap dong kalo ga mengenal calon lawan Deadpool dalam filmnya kali ini. Ada 2 orang, dan Deadpool sangat dendam terhadap mereka karena hampir saja menghancurkan hidupnya. Mereka tak lain tak bukan adalah Ajax dan Angel tadi. Tapi untuk melawan mereka bukanlah hal gampang. Angel Dust, yang diperankan oleh Gina Carano dari film Fast Furios 6, yang mempunyai kemampuan super-power, sementara satu lagi bernama Ajax, kayak nama klub bola yak, hehe...dia yang diperankan oleh Ed Skrein dari film The Transporter - Refuel, mempunyai kekuatansuper-speed dan skill beladiri. Pertarungan sengit nanti akan terjadi antara Deadpool dengan Ajax.



Mata pelajaran Deadpool selesai, hehe...sisanya yang perlu kamu tahu adalah alur ceritanya akan lebih complicated ketika Ajax dkk menculik Vanessa, berang dong Deadpool gadis yang dicintainya diganggu pria lain, romantisme berperan disini, suit....suitt....

"Sudah selesaikah ngocehin tentang Deadpoolnya nih? Dah panjang tau untuk ukuran preview aja. Ni penulis agak nyeleneh juga lama-lama, kayak Deadpool..."

BELUM....hahaha....

"What??? Kok belum? Apalagi yang belum?"

Hehe...nih ada 1 hal yang belum banyak orang tau, tapi justru hal ini adalah hal paling menarik dan paling unik dari semua superhero maupun film yang pernah ada. Hal ini bernama konsep "Breaking The Fourth Wall". Weleh...apalagi ini? Tambah terbelit lidah...

Gambar : marvel
"Breaking The Fourth Wall" adalah kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh karakter fiksi. Konsep ini muncul dalam dunia sandiwara/theater/drama panggung. Dalam pementasan, pemeran sandiwara akan berakting diatas panggung yang memiliki 3 dinding toh, dinding kanan, kiri dan belakang. Nah sisi yang berhadapan dengan bangku penonton diistilahkan dinding keempat dalam pementasan, The Fourth Wall. Nah, Breaking The Fourth Wall berarti menembus dinding yang membatasi antara penonton dan pemeran, sehingga pemeran bisa berinteraksi dengan penonton dan berbuat sesuka hatinya. Kalo kayak beberapa tayangan di TV lokal kita kayak acara "Extravaganza" atau "Lenong Rumpi" kali ya, yang kadang pemerannya nanyain penonton "Eh..penonton...?".

Gambar : marvel
Nah, Deadpool adalah salah satu karakter fiksi yang mempunyai "Fourth Wall Breaking Awarness", mempunyai kesadaran bahwa dia berada dalam dunia fiksi (komik), sadar bahwa dia karakter komik, dan beberapa kali melakukan dialog dengan pembaca komik bahkan penulisnya, hehe... Tapi tak hanya soal perbincangan yang bisa dilakukannya dari kemampuan tersebut. Dia juga mengetahui kabar yang ada di dunia luar komik, seperti gosip, info, fakta dan berita yang terjadi di luar komik alias bumi kita ini. Lalu dia bisa mengambil senjata dari luar komik, melanggar hukum fisika dan realita dunia fiksinya. Widih...gimana ga unik tuh? Film ini akan sangat beda jika memang benar konsep Breaking The Fourth Wall ini dimasukkan ke dalam film.

But, harapan itu ada, lihat dari trailernya, Deadpool ada berucap "Please don't make the supersuit greem or animated". Hayooo...bagi yang tau pengalaman Ryan Reynold berperan sebagai Green Lantern dan Deadpool yang gagal di film X-Men Origins : Wolverine pasti paham, hehe...karena supersuit green berarti baju superhero warna hijau seperti yang dipakai Ryan Reynold dalam film Green Lantern itu, kostumnya sangat ketat dan bikin ga nyaman si Ryan, makanya dia ga mau lagi kekgitu, hehe... Kalo animated ya karena di film X-Men Origins : Wolverine si Ryan ini mulutnya dijahit dan ditampilkan menggunakan animasi visual effect. Nah loh..tu berarti dia sadar kan tentang siapa Ryan Reynold sebenarnya diluar film Deadpool, hehe.. Apakah ini pertanda konsep Breaking The Fourth Wall itu nanti ada di film? Belum cukup sampai disitu, Deadpool dalam beberapa iklan tv-spot juga berinteraksi berbicara seperti presenter dengan penontonnya. So, mudah-mudahan aja konsep ini bener-bener ada di film nanti, Deadpool ngajak bicara para penonton bioskop, yuhuuuuu.....

Wah...udah panjang yak...celoteh panjang lebar non stop kayak Deadpool, ini jadi Writer With A Mouth ya, hahaha.... Mari kita tunggu aksinya. Eh...sebelum menunggu, sebaiknya kita berdoa dulu, doain agar film Deadpool ini masuk Indonesia. Karena baru-baru ini pemerintah China melarang film Deadpool beredar disana karena dianggap terlalu extreme, terlalu vulgar, terlalu nyeleneh, hadeh.... But, memang benar sih, film Deadpool ini rating usianya "R" alias Restricted, terlarang buat anak-anak, ini bukan film superhero anak-anak. Ada kejadian lucu saat anak-anak yang ngefans dengan Deadpool minta pihak film mensensor atau memotong bagian/adegan/ucapan yang tak layak ditonton oleh anak-anak, agar film Deadpool dapat rating usia PG-13 alias Parental Guide to children under 13 dan mereka dapat menontonnya, hal ini dijawab langsung ama Ryan Reynold : "Nak...kalo filmnya memotong bagian itu, film ini akan menjadi film pendek.", busettt...jadi isi film 90% berisi hal-hal yang tak pantas untuk didengar/diliat anak-anak, widih.... So jangan bawa adek kalian ke bioskop nonton ini ya, bahaye, hehe...

Tuh kan nambah panjang lagi celotehnya...hehe..maaf karena saya so excited dengan film unik ini, superhero yang beda ini. Kalo mau liat trailernya klik disini : Trailer Deadpool (2016)
Udah-udah, cukup ya..terima kasih udah membaca, semoga membantu, leave comment please.. See you guys... Nih sebagai penutup ada sedikit jokes buat kalian.


Cewek : "Yank..Valentine nanti kita nonton film apa? Film yang romantis dong. Kalo ga romantis aq ga mau."
Cowok : "Ada yank...judulnya Deadpool."
Cewek : "Film apa itu? Ga pernah denger. Romantis ga?"
Cowok : "Romantis yank...berkisah tentang seorang pria yang terjangkit penyakit kanker ganas yang akan merenggut nyawanya, ia hanya bisa hidup beberapa waktu lagi, di sisa waktu yang ia miliki, wanita yang mendampinginya setia memberikan semangat hidup kepadanya. True love never dies... Tuh so sweet kan. Liat aja poster filmnya nih."

Gambar : comingsoon.net

Cewek : "Iiihhh...so sweettttt....kayak film The Fault In Our Stars gitu ya... atau kayak film Mandy Moore yang A Walk To Remember ya. Yaudah yank kita nonton itu ya nanti."
Cowok : "Oke yank..."*pasang muka kayak habis berhasil nipu*

JMFC 001 - Om Chan






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...