Saturday, June 27, 2015

Inception (2010) One Of The Best Movie That Was Ever Made (Review By Chanri JMFC 001)

Inception (2010) One Of The Best Movie That Was Ever Made Review (By Chanri JMFC 001)

Selamat mlm tmn2,  pd ksempatan kali ini, ane akan mncoba mereview film Inception. Knpa ane mau mereview film tsb? Krn dialah peringkat pertama dlm list film-film terbaik yg prnh sya tonton. Amazing, fantastis, luar biasa, entah dr mna bs timbul ide cerita bgtu, dan entah bgaimana mreka bs mnuangkannya dan mmbuat filmnya sprti itu. Nonton film Inception itu bagi gue sama sprti dengerin lagu Dream Theater, lagu berat yg ga habis pikir gmna bs mreka ciptain lagu bgitu, awesome! (Dream Theater jg peringkat pertama dlm list musisi terbaik yg gue prnh dgr).
Ane mulai reviewnya dr siapa otak yg mrancang film ini, dialah Christopher Nolan, sutradara yg satu ini film2nya bnar2 brkualitas tinggi dah, sebut saja The Prestige (ntar ane review jg yg ini) dan Interstellar, dan yg paling terkenal ya lewat Trilogi Batman – The Dark Knight. Beliau mmpunyai ide cerita “Dream Stealing”, dlm film ini, ia pun mnggunakan jasa aktor papan atas, Leonardo DiCaprio “A great man without an Oscar” (I really disagree with this..he should won many Oscar, I think), sbgai pemeran utamanya Dom Cobb, yg akan dibantu dgn pemeran lainnya yaitu Ellen Page (Ariadne), Joseph Gordon Levitt (Arthur), Marion Cotillard (Mal Cobb), Ken Watanabe (Saito), Tom Hardy (Eames), Cillian Murphy (Robert Fisher), dan Michael Caine (Prof. Miles).



Inti cerita dr film ini adlah ttg berbagi mimpi, mencurinya dan atau menanamkan ide ke dalam pikiran, dgn mnggunakan suatu alat sbesar koper yg mpunyai selang yg dipasangkan ke bbrpa org. Cerita diawali dgn Saito, seorg pengusaha besar, yg sdang mlakukan audisi diam2 utk mncari dan mmperkerjakan orang2 yg bs mmbantu dia utk mngalahkan pesaing bisnisnya. Orang2 yg dimaksud Saito adlh orang2 sprti Cobb dkk, yg mnurut dia mreka bs mnanamkan ide ke dlm pikiran rivalnya bisnisnya, yg dinamakan "Inception". Oleh krna itulah film dibuka dgn adegan audisi tsb, mreka brbagi mimpi bersama, dmn Cobb dkk di tes dgn target mncuri idenya Saito sndiri. Dlm audisi tsb sbnrnya Cobb brhasil mncuri rahasia Saito, namun dianggap gagal, krn adanya Mal, istri Cobb, yg slalu muncul stiap Cobb berada dlm mimpinya. Mal mlakukan sabotase. Namun, mskipun Cobb dkk gagal, Saito ttp prcaya dan mnawarkan mreka suatu pkerjaan besar utk bs mlakukan “Inception”td. Cobb pun mnerima tawaran Saito, krn Saito mmberikan imbalan yg sangat diinginkan Cobb, yaitu brtemu anak2nya kembali. Cobb itu ceritanya ga bs nemuin anaknya krn dia buronan bro, dia dituduh tlh mlakukan percobaan mmbunuh Mal, pdahal sbnrnya kagak, Mal mah bunuh diri, krn ga bs bedain mana mimpi mana dunia nyata. (Nanti diakhir tulisan ini akan diberitahu knpa Mal bunuh diri, krn mmg letaknya di ending story sob..). Cobb pun sedih yg sngat mndalam atas kmatian Mal, dan ia mngurung wujud Mal dlm mimpinya, makanya stiap Cobb masuk mimpi, Mal bs aja muncul, kan dikurung dlm mimpi memori tsb. Nah trkait anaknya td, Saito kan milyuner guys, jd mgkn dia bs brbuat apa saja smaunya sampe mncabut tuduhan Cobb di kasus tsb shingga Cobb bs bebas dan brkumpul kembali dgn anak2nya.


Pasca deal dgn Saito, Cobb brsama Arthur mncari rekan kerja lain, yg nantinya akan mnjdi sbuah tim. Tim inilah yg diminta Saito utk mlakukan Inception ke Robert Fisher. Profilnya Robert Fisher ini adlh anak pwaris tahta mega bisnis ayahnya (Maurice Fisher) yg mana mrupakan saingannya Saito sob.. Saito ga pengen Robert mneruskan warisan bisnis ayahnya, krn klo diterusin bs bahaya katanya, Fisher akan mnguasai bisnis energi lbh dr sparuh dunia dan itu akan mmberikan kkuasaan yg sangat bsar. Dan keinginan Saito inilah yg mnjdi “ide” yg akan ditanamkan ke dlm pikiran Robert.

Proses pencarian tim berjalan cepat, krn mreka sdh saling kenal. Org prtama yg direkrut masuk tim adlh cewk muda brnama Ariadne, doski mrupakan mahasiswanya mertua si Cobb, Prof. Miles. Profesor-lah yg mrekomendasikan tu cewk ke Cobb. Ariadne dirasa ckup pintar utk mnjdi Arsitek mimpi dlm proses Inception nanti. Kemudian mreka mncari ssorg yg bs mlakukan kamuflase, dialah Eames, seorg yg brprofesi sama dan tmen lama Cobb. Eames nantinya di dlm mimpi akan mnyamar sbg pamannya Robert guys. Lalu Eames pun mrekomendasikan Yusuf, kenalan dia yg mrupakan seorg ahli kimia. Yusuf brtugas sbg org yg mracik obat penenang super, obat tidur paling super deh, yg bs mmbuat org tidur trlelap ditabok jg ga bangun, hahaha… Knpa diperlukan obat tsb? Krn dlm proses Inception, dibutuhkan minimal masuk ke pikiran trdalam dan lbh dlam lg, sprti 3 tingkatan mimpi, wow.. Ibaratnya sprti ini guys, kalian tidur trus mimpi brada di hutan sbgai tingkatan mimpi pertama, di dlm hutan kalian tidur lg, dan brmimpi brada di tengah kota sbgai tingkat 2, nah di tengah kota pun kalian tidur lg dan mimpiin kalian  brada di luar angkasa sbgai tingkat 3, nah loh..rumit binggo kan.. fiuhhh… ampe beradu alis mikirnya, hehe..


Stlh smua personil tim terkumpul, mreka pun rapat, mkirin strateginya gmn utk bs mnanamkan ide. Didpatlah ksimpulan bgni kira2 pake bahasa gahoolnya :
Guys..klo pas di dlm mimpi kita ujug2 blg ke Robert, “Bro, bokap loe itu ga mau loe utk mwarisi bisnis dia..”, itu ga bkal mudah dipercaya kan. Jd kita butuh buat skenario cerita dgn perasaan yg kuat dan klo bisa kita gunakan tokoh ayahnya dan pamannya (Namanya Browning sob..), krn kkuatan emosional kluarga lbh mngena, dan pesan yg kita sampein bgni deh, “Bro..sblm mati, bokap loe pesen, dia ga ingin loe nrima mentah2 warisan bisnis dia, dia ingin loe mnjdi diri loe sndiri, brupaya dgn cara loe sndiri, dan sukses hasil jerih payah loe sndiri, yg akan mmbuat dia jauh lbh bangga ktimbang loe cuma bisanya nrima warisan doank”.


Nah bgitulah kira2 kalimat versi ane sndiri biar gampang dimengerti, hehe. Ntar skenario itu mreka set dlm cerita, yg dibagi ke dalam 3 tingkatan mimpi, kira2 sprti ini :
Pd mimpi tingkat pertama, mreka berperan sbg penjahat sewaan Browning (Paman Robert td),  yg dtugaskan mnculik Robert dan Browning-nya jg, dgn tujuan mncari tau kode kombinasi angka brankas wasiatnya bokap Robert (yg mana di dunia nyata brankas dan kode itu ga ada). Browning brsandiwara sbgai korban penculikan jg agar Robert mau ngasih tau kodenya ke penculik itu.
Mimpi tingkat dua nanti, Cobb dkk brperan sbgai bodyguardnya Robert, yg akan mlindungi Robert dr serangan Browning. Di tingkat ini mreka akan mmbuat Robert percaya bhwa Browning adlh dalangnya yg ingin mmasuki pikiran Robert utk dpat nomor kombinasi wasiat td. Jd mreka brharap di tingkat ini Robert mau diajak ke tingkat ketiga utk dpt mngetahui lbh dahulu ttg isi wasiatnya sblm keduluanan ama si Browning.
Dan di mimpi ketiga, mreka akan mngantar Robert utk mngambil wasiat yg ada di dlm brankas. Yg mana wasiat itu td udh mreka set lbh dahulu, disanalah mreka akan mnanamkan ide tsb : “Ayahnya Robert ga mau Robert mwarisi bisnisnya.”. Oya smua bangunan dan tata letaknya dlm mimpi mulai dr tingkat 1 sampai tingkat 3 dirancang oleh Ariadne.


Rapat selesai, waktu beraksi pun tiba, bokapnya Robert yg udh sakit2an akhirnya mninggal. Mreka mlakukan aksi mreka di dlm pesawat rute Sidney – Los Angeles, dmna Robert jg ada di dlmnya, krn itu rute yg ckup lama, yaitu 10 jam, ckup utk mlakukan Inception td. Pesawat itu sndiri udah diskenariokan Saito, dia beli tu pesawat guys (kan byk duit..jd main beli aja..haha..), dan isi penumpangnya hanya tim si Cobb itu aja. Di dlm pesawat, mreka berikan minuman penenang ke gelas masing2 trmasuk Robert, dan stlh smua trtidur, dimulailah Inception yg luar biasa ini, mreka smua berbagi mimpi.


Mimpi tingkat pertama ini adalah mimpinya si Yusuf, mreka smua ditengah kota. Agak lucu sih ktika tau knp dlm mimpi Yusuf ini kondisinya hujan deras, trnyata krn Yusuf sblm tidur td lupa pipis, jd bawaannya Yusuf beseran, dan ngefek ke mimpinya brupa hujan, haha.. Lanjut ya, dsini kan mreka adalah penjahat sewaan Browning, yg mnculik Robert. Saat mreka mnculik Robert, gangguan tak diduga datang. Trnyata bbrpa org yg trlatih sprti bodyguard muncul utk mnyelamatkan Robert dr penculikan. Knpa tiba2 Robert pnya bodyguard dlm mimpi…??? Well..trnyata Robert itu udah dipasang “jampi-jampi” guys..hehe… Pikiran Robert udah dilatih utk mmpunyai self-defense, jika suatu saat pikirannya diganggu para ekstraktor (sebutan utk org2 yg brprofesi sprti Cobb). Trjadilah baku hantam dan baku tembak ditengah kota antara mreka, keren ya om Nolan, mmbuat adegan action tsb utk mnggambarkan “jampi-jampi” yg sdang mlindungi pikiran tuannya, hehe. Akhirnya stlah brsusah payah, Cobb dkk brhasil kabur dr bodyguard2 td, namun sayangnya adegan td mmakan korban, Saito tertembak, keadaanya kritis.

Mngetahui hal ini, trjadilah konflik internal antar mreka. Mreka saling mnyalahkan knpa ga ada yg tau klo Robert udh trlatih pkirannya utk mlindungi dirinya. Krn klo dah gni bsa berabe urusannya, resikonya ya mati di dlm mimpi. Loh, emang apa yg mnakutkan dr “mati dalam mimpi”?. Sbnarnya dlm tidur yg normal (tanpa minum obat tidur), klo loe mati dlm mimpi, maka loe akan lgsung trbangun ke dunia nyata atau ke mimpi yg tingkatannya lbh rendah (jika loe mimpinya brtingkat), jd ga ada yg mnakutkan. Nah mnjdi mnakutkan krn kali ini mreka tidur kan pake obat tidur yg super, jd klopun mreka mati dlm mimpi, mreka ga akan bs trbangun, krn obatnya bgitu kuat utk ttp mmbuat mreka tidur. Lalu, kmana prginya org yg mati dlm mimpi…??? Di mimpi udah mati, di dunia jg ga bs bangun, nah loh…???.


Jawabannya adalah ke Limbo. Apa itu Limbo? Limbo adalah tempat paling dasar dr mimpi, dimna tidak trbentuk/ber-ide dan tak mmpunyai batas, tempat dimana kita tidak bs mmbedakan apakah dsana mimpi atau nyata, bahkan lebih brasa nyata dsana shingga mmbuat org dsana enggan “mati” dan kembali ke dunia nyata. Jd dsana hnya trjebak, mnunggu waktu brtahun2 lamanya, sampai tua atau bahkan sampai mati sendiri. Kenapa bs sbegitu lamanya? Krna teorinya adalah perbedaan waktu antar mimpi brkisar 20-an kali lipatnya guys, jika kita tidur 5 menit saja, mimpi tingkat pertama brjalan slama +/- 1 jam, mimpi tingkat kedua skitar 1 hari, mimpi tingkat ketiga 20-an hari, bgitu sterusnya, dan Limbo sangat jauh lagi di dalam mimpi. Jd bsa dibayangkan kan kira2 brapa lama bakal trjebak di Limbo slama mreka tidur dalam pesawat brdurasi 10 jam.
Akhirnya rencana tetap dijalankan. Mreka brpura2 mnyiksa Browning yg akhirnya mmbuat Robert mnyebutkan kombinasi angka scara random yg trlintas prtama kali dibenaknya. Dan angka itu lah yg mreka setting seolah2 mnjdi angka kode brankas di mimpi tingkat ketiga nanti. 


Keberhasilan dimimpi tingkat pertama mmbawa mreka mlanjutkan ke mimpi tingkat kedua, mimpinya si Arthur, dlm apartemen. Disini Cobb dkk brpura2 sbgai kepala keamanan pikiran Robert, yg mnjaga Robert dr org2 yg brusaha mngganggu pkirannya, yaitu org2 suruhan Browning (padahal sbnrnya itu org2 bodyguard pikiran Robert td). Disini dibuatlah adegan Browning mngaku ingin mnyalip Robert mngambil warisan bisnis ayahnya, karna ayahnya kecewa sama Robert, Robert tak pantas mnerima warisannya. Nah utk mmbuktikan ucapan Browning ini, dan utk myakinkan Robert bhwa prkataan itu bnr adanya, maka mreka pun branjak ke mimpi tingkat ketiga.


Pada mimpi tingkat ketiga ini adlah mimpinya Eames, daerah pegunungan salju, dirancang Ariadne dgn adanya bangunan Rumah Sakit (sbgai tempat ayah Robert trbaring sakit). Sprti mimpi2 sblmnya, slalu ada penjaga yg mnghambat kerja mreka, trjadilah baku tembak. Disini Robert trtembak mati, diikuti dgn Saito yg keadaan kritisnya di mimpi tingkat prtama akhirnya mati, mreka trjebak ke Limbo. Cobb dan Eames pun mrasa gagal, namun tidak dgn Ariadne, ia mrasa msh bs mnyelamatkan dan mmbawa kembali Robert. Doski bersama Cobb akhirnya tidur dan mimpi pergi ke Limbo utk jemput Robert.


Di Limbo, Mal (istri Cobb) udah mnunggu, ia mnahan Robert disana. Ia minta Cobb utk barter, klo mau ambil Robert, hrs ditukar dgn Cobb. Ariadne pun mmbawa Robert pulang smentara Cobb tinggal di Limbo. Alasan Cobb mau tinggal di Limbo adlah karna dia tau Saito udah mati dan trjebak jg di Limbo, jd dia mau cari dan jemput Saito pulang, agar Saito bs mnepati prjanjian yg tlh mreka buat, yaitu Saito mmbebaskan ia dr tuduhan shingga bs ktemu anak2nya lg deh. Klo ini ga dilakuin, Saito yg trjebak lama di Limbo, memorinya bs trganggu dan brdampak akan amnesia, lupa deh ama perjanjian yg tlh dibuat.


Disini juga dijelaskan, apa yg sbnrnya trjadi dgn Mal. Ceritanya, Cobb dan Mal brbagi mimpi brsama, saking enaknya hidup dlm dunia mimpi, mreka hidup brtahun2 sampai tua dsana. Namun lama kelamaan Cobb mnyadari bhwa itu tidaklah nyata, bhwa itu hnya mimpi dan hrs kmbali ke dunia nyata yg sbnrnya. Cobb brusaha mnyadarkan Mal ttg itu, namun Mal ga spaham, Mal lbh prcaya bhwa itulah yg nyata baginya, sampai2 totem (gasing) yg digunakan utk mmastikan itu mimpi atau nyatapun disimpan dlm2, jauh dipkiran Mal yg trdalam. Om Nolan memvisualkan pikiran trdalam Mal itu dgn brankas yg disimpan didlm rumahnya. Hal ini memaksa Cobb utk mlakukan “Inception” utk prtama kalinya, dlm hal ini adalah ke dalam pkiran Mal, dan ide yg akan ditanamkan adalah bhwa “dunianya tidak nyata”. Cobb brhasil mnemukan letak pkiran trdalam Mal (brankas itu td), diputarnya gasing yg ada didlm brankas itu td hingga gasing tak brhenti2 mnandakan bhwa itu dunia tak nyata. Adegan itulah yg mnyatakan bhwa Cobb brhasil mlakukan pnanaman ide ke pkirian ssorg. Namun syg, dampaknya trhadap Mal brujung tragis. Stlah Mal ter-insepsi oleh ide Cobb, Mal sih akhirnya mau diajak balik ke dunia nyata dan jalan utk balik ke dunia nyata adalah dgn kmatian alias bunuh diri. Ia dan Cobb pun bunuh diri di dlm mimpi, mreka pun kmbali di dunia nyata. Sesampainya di dunia nyata, ide yg dtanamkan td msh brada didlm pkiran trdalam Mal, ide bhwa “dunia ini tak nyata, kmatian adlh satu2nya cara utk kembali ke dunia nyata” terus mngusik pkiran Mal dan brulang-ulang, shingga akhirnya di dunia nyata pun Mal mrasa msh brada dlm mimpi dan kmatianlah cara utk ke dunia nyata, bunuh diri lg deh doski, mnyebabkan perasaan brsalah dan ksedihan yg mndalam bagi Cobb.


Kembali ke bagian dmn Ariadne brhasil mmbuat Robert kembali ke mimpi tingkat ketiga, Robert pun hidup/bangun kembali dan kmudian mmbuka suatu ruangan, dmana di dlmnya ada ayahnya yg sdang trbaring kritis, dan sblm mati ayahnya brkata ia kecewa Robert mncoba mnjadi dirinya. Bravo! Pekerjaan Inception brhasil dilakukan! Dan brankas yg kodenya tlh mreka set sblmnya, dibuka Robert, berisi kipas mainan Robert wktu msh kecil, hal ini menandakan bahwa ayah Robert sbnrnya sayang sm dia, emosional keluarga yg kuat kan guys, sesuai hasil rapat diatas td lho, hehe...yg akhirnya mmbuat Robert mau nurutin kata2 trakhir ayahnya td..ia hrs jd dirinya sndiri. Adegan dgn ayahnya ini settingan Eames guys, ingat aja adegan dimana Eames mlihat isi dompet Robert ada foto ia wktu kecil niup kipas angin mainan brsama ayahnya.


Oke, mission completed, smua kembali ke dunia nyata. Mreka yg di dlm pesawat mulai bangun satu per satu, yg bangun blakangan adalah Cobb dan Saito mnunjukkan Cobb bru brhasil mmbawa pulang Saito dr Limbo. Saito pun mnepati janjinya dan Cobb brhasil pulang mnemui anak2nya tanpa hambatan lg.
Fiuhhh….akhirnya slsai jg tulisan ini, ribet bngt dah..ampe keriting ni jari ngetiknya, haha… Filmnya emg ribet, ga gampangan, hrs kita tonton lbh dr 1 kali utk bs mngerti, ane aja perlu 3 kali nonton.. Bagi yg blm nonton, saran ane ya nonton aja skali dlu tanpa brtanya-tanya, nikmatin dl filmnya sampe habis, pas nonton slanjutnya bru deh coba utk brtanya-tanya dan mmahami detail ceritanya. Kalian akan mnyadari bhwa ini adlah salah satu film trbaik dan terunik yg prnh ada. Film ini mmpunyai byk prtanyaan yg bkin bingung. Sprtinya om Nolan mmg sengaja utk mmbuat film ini penuh ambiguitas, mmbuat penonton brdebat ttg apa saja yg sbnrnya trjadi, smua bs saja benar, trgantung dr sudut pandang masing2, sprti paradox, imposible, mustahil, tak brujung dan tak brbatas.. Rating ane pribadi 8,5/10, tertinggi yg prnh ane beri. Film ini sndiri brhasil mraih pnghargaan Oscar jg guys. Okehhh…see you in the next movie review ya..mohon maaf jika ada salah dlm reviewnya..jgn sungkan utk brtanya atau brkomentar ya..hehe..
*JMFC 001 – Om Chan*



5 comments:

  1. bagus reviewnya om chan.. jadi pengen nonton film ini (lagi..).
    saya udah 2 kali mencoba nonton filmnya.(hasil donlotan) dan 2 kali pula ketiduran. mungkin karena nontonnya udah malam. dan kecapean pulang kerja. hehehe.. padahal tau kalo film ini banyak banget yang rekomen.

    ReplyDelete
  2. Makasih bg boy.. iya nonton lg siang2 di hari libur bg boy, ntar kita diskusi bareng, seru liat website luar negri diskusiin ini ga habis2 hehe.

    ReplyDelete
  3. film nya keren banget ini, awalnya emang bikin ngantuk, pertama kali tifah nonton juga ketiduran hehe tapi ternyata seru sampe akhir. abis nonton inception jadi suka ngeliatin tangan gitu kalo abis bangun tidur 

    ReplyDelete
  4. @tifah : haha...jd tangan tifah kenapa? Buat yakin dah bangun dr mimpi? Bikin totem gih, hehe..

    ReplyDelete
  5. bagus jg ini film, bisa di download nanti

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...