Rabu, 26 April 2017

Review Film Life (2017) : Alien Yang Luar Biasa All Brains, Muscles, and Eyes

Film Life menurut saya adalah film bergenre sci-fi thriller, tentang sebuah stasiun luar angkasa dimana para astronotnya berhadapan dengan Alien yang mengancam hidup mereka. Dibintangi oleh bintang terkenal diantaranya Jake Gyllenhaal (Enemy), Ryan Reynolds (Deadpool), Rebecca Ferguson (Mission Impossible - Rogue Nation).


 Life (2017) Poster
Gambar : impawards.com

Life movie is great, tapi memang belum bisa mengalahkan sang legend, Alien movies. Film ini ga banyak basa basi, cuma mukadimah sebentar, langsung disuguhkan makhluk yang menjadi terornya. Ga masalah sih ya, karena yang dijual adalah terornya, bukan kisah tokoh-tokohnya. Cerita sepanjang film hanya berkutat seputar survival challenge para astronot terhadap ancaman dari Alien yang ada di dalam pesawat. 

Dalam film bertemakan "Strange Creatures", sering kata "Karantina" diabaikan, bak dilema antara nurutin prosedural atau mempertaruhkan nyawa, termasuklah film ini. Mereka telah merencanakan berbagai macam jenis karantina, yang disebut sebagai Firewall 1 sampe 3. Ya lain kali ya mbok nurut lah dengan yang namanya si Tina ini ya, hehe..

 Life (2017) Lab

Thrillernya cukup intense, kagetnya ada tapi cuma sedikit. Berbicara tentang sosok aliennya...like alien movies often said "It's beautiful" at the begining, haha..awalnya sih indah, tapi setelah mengetahui apa kemampuan aliennya, apakah masih bisa menyebut itu "Beautiful"? Haha... Alien disini dinamakan Calvin, diringkas oleh ucapan Miranda (Rebecca Ferguson) :"All brains, all muscles, all eyes". Damn..para astronot harus berpikir lebih cerdas untuk mengatur strategi survival mereka menghadapi alien jenis begini, pinterlah aliennya lagi dari pada kita.huhuuu... 


Sepertiga bagian akhir film sanggup membuat saya menggenggam tangan menahan nafas, menyilangkan jari mengharap para jagoan sukses dalam upaya survivenya. Apalagi penonton sebelah kiri saya tutup mata dan sebelah kanan saya gesturenya histeris sampe tepuk-tepuk pahanya bilang "Cepeeeet", haha... 

Film ini sebenarnya lebih dari sekedar thriller, ada pesan unity dari badge bendera di seragam para astronot, Inggris, Jepang, Rusia, Amerika, bersatu, dalam tim di satu stasiun, bahkan Miranda juga berquote "My first earth photo, where are all the borders?". (maknanya kita manusia di semua negara itu satu kesatuan tanpa pembatas).

Yang menarik adalah lokasi film 99% berada di stasiun luar angkasa yang zero gravity, penonton disuguhkan para pemerannya yang levitating, kamu bisa liat yang satu duduk dibawah dan yang lain duduk berlawanan arah diatasnya, barang melayang-layang bahkan sampai benda kecil sekalipun, apalagi pas liat darah yang mengambang, widih...rasanya gimana gitu. Appeareances si Calvin ini berupa amoeba pada awalnya, sangat kecil hingga hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop, namun Calvin berevolusi sangat cepat, dalam hitungan jam Calvin menyerupai bentuk dan ukuran gurita. Interaksi antara Calvin dengan castnya sangat baik, tampak seperti nyata visual effectnya.

 Life (2017) Calvin
Gambar : pophorror.com

Dari sekian banyak film Jake Gylenhall yang pernah saya tonton, ini akting terburuk darinya menurut saya. Bersama dengan astronot lainnya, mereka seperti tak tampak sedang menghadapi masalah yang besar dan ancaman kematian yang cepat dan di depan mata, gak keliatan kalo mereka ketakutan bakal mati. Bawaan mereka lebih cenderung tenang dan profesional dalam menghadapi Calvin. Emosi yang terjalin sebagai satu keluarga dalam tugas misi luar angkasa ini juga kurang.

Kalo sedang ga ada kegiatan dan mau mengisi waktu luang, film ini bole lah menjadi pilihan, filmnya ga seram-seram amat atau ga sadis-sadis amat. Rasakan sensasi gregetan versi zero gravity spaceship

<Major spoiler alert> Dan endingnya memuaskan twist ending lovers kayak saya. sepertinya akan ada sekuel. Ada fan theory dari filmschoolrejects.com yang memprediksi kalo film ini adalah prekuelnya film Venom. Venom adalah karakter di komik Marvel yang hak produksinya dipegang Sony. Nah beberapa hari lalu, Sony mengumumkan akan membuat film Venom dan rilis di tahun 2018 sebagaimana yang diberitakan dalam slashfilm.com. Jika memang alien disini adalah cikal bakal Venom, why not, bring it on...

JMFC 001 - Om Chan Score
Rate : 7,3/10
Level : Movia Mania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...