Monday, May 14, 2018

Hal-Hal Dan Pertanyaan Setelah Nonton Avengers – Infinity War (Review By Chanri - JMFC 001)


Hello guys... It’s good to be back... Gila ngilang lama ni blog udah 3 bulan ga nulis-nulis.. Maap yak, karena memang lagi sibuk ada kerjaan laen, hehe... Kepada para pembaca setia blog ini seperti Ahmad Supriyadi, Rizky Ramadhani, Aldi Gunawan, My Neverland, dan lain-lain yang ga bisa saya sebut semuanya...makasih udah menunggu, saya cuma bisa mohon maaf jarang update.

Gambar : express.co.uk

Nah sekarang ga mau banyak basa-basi lagi, langsung aja bacot yang ditunggu-tunggu, ini dia Hal-Hal Dan Pertanyaan Setelah Nonton Avengers – Infinity War. Ya, seperti biasa, ingat, artikel ini hanya untuk kamu-kamu yang udah nonton, karena banyak spoiler besar yang dicurahkan. Kalo belum nonton tetap nekat baca ini, resiko tanggung sendiri ya. But wait..sepertinya kalo ngomongin cuma hal-hal tersebut belum maksimal serunya. Jadi dalam artikel ini saya tambah  pertanyaan-pertanyaan, teori dan jawaban yang mengitari pikiran para penonton sampe ga bisa tidur dibuatnya. Mulai dari pertanyaan normal hingga pertanyaan absurd. So, cekidot gan...

Gambar : quirkybyte.com

Planet Vormir Lokasi Soul Stone
Dalam film, ternyata Soul Stone adanya di Planet bernama Vormir. Yah, patah semua deh fan theories yang bilang Soul Stone ada di Wakanda lah, ada di Heimdall lah, dll. Tapi setidaknya masih bisa di cocoklogikan dengan huruf H-nya sebagai Hydra karena lobang batu dijaga oleh Red Skull (Pemimpin Hydra), atau bisa juga Her sebagai referensi ke Gamora, karena hanya Gamora yang tau dan untuk mendapatkan batu itu harus mengorbankan dia. Nah planet Vormir sendiri memang exist di komik yang masih berada dalam galaksinya Kree-Empire, Kree itu udah tau la kan siapa? Kalo lupa, itu lho villain di film Guardians Of The Galaxy Vol. I. Di komik, planet ini dihuni oleh sebangsa aloen-dragon bernama Vorms. Tapi di film dragonnya pada kemana ya?


Jentikan Jari Thanos, Itu Real?
Thanos Finger Snap itu beneran guys diangkat dari komik, dimana setelah semua batu terkumpul dan dia jentikan jarinya, maka musnahlah semua penguni universe ini. Cuma bedanya, di komik itu tujuannya adalah untuk memenuhi request si Lady Death, dewa cewek yang disukai oleh Thanos.
Gambar : reddit.com

Senjata Baru Thor : Stormbreaker Adalah Referensi Dari Beta Ray Bill
Ya, nama Stormbreaker itu sebenarnya adalah nama untuk senjata palu yang dipunyai oleh karakter di komik, Beta Ray Bill, seorang manusia-kuda yang dianugrahi Odin kekuatan seperti Thor juga, termasuk juga punya palu, ya namanya Stormbreaker tadi. Beta Ray Bill sendiri sih penampakannya di film masih abu-abu, cuma ada sekilas patung kepalanya di menara milik The Grandmaster di film Thor – Ragnarok. Tapi di film sepertinya nama Stormbreaker diambil oleh Thor sebagai senjata barunya, yang kalo di komik, melihat bentuk seperti itu adalah senjata yang bernama The Ultimate Mjolnir. Btw, kalo kita liat di film, sepertinya Stormbreaker ini memang sangat ultimate ya, selain bisa mengeluarkan petir-petir dan membawa terbang Thor, Stormbreaker mampu menembus power Infinity Stone yang dilepaskan Infinity Gauntlett sebelum akhirnya menembus dada Thanos. Dengan senjata ini, Thor sah sebagai The Strongers Avengers sampai saat ini. So, password Quinjet jangan diganti ya, hehe.. IYKWIM.

Gambar : marvel.wikia.com

Spiderman Referensikan Film Aliens
Di film, Peter Parker menawarkan rencana kepada Tony Stark tentang bagaimana cara mengalahkan Ebony Maw saat mereka di spaceship. Dia menyebutkan tentang film Aliens. Ya bagi kita-kita yang udah pernah nonton film Aliens, di film itu memang jagoannya, si Ripley, melobangi spaceship untuk mengeluarkan Alien. Sama seperti di film ini, spaceship dilobangi sehingga Squidward tersedot keluar. Ga tau Squidward siapa? Kelewatan! Haha...

Soulworld
Soulworld adalah dunia yang ada di dalam Soulstone. Teorinya di Soulworld itu isinya adalah jiwa dari orang-orang yang mati kena snap finger Thanos. So, masih ada kemungkinan mereka dibangkitkan ke dunia nyata kembali bukan?
Gambar : marvel.wikia.com

The Cauldron Of Cosmos
Saat Stark ngobrol ama Strange di Sanctum, Stark bersandar di sebuah artefak yang disebut Strange adalah The Cauldron Of Cosmos. Di komik, artefak ini ibarat tv-nya waktu, jadi Doctor Strange bisa melihat timeline dan history waktu di dalamnya.

Ending Credit Scene Logo Captain Marvel Di Pager
Ya, bagi penonton awam mungkin ga tau itu maksud ending credit scene itu apa. Nah, logo yang di pager Nick Fury itu adalah logo Captain Marvel, karakter superhero juga. Sepertinya Nick Fury memanggil bantuan Captain Marvel. Siapa dia? Dan kenapa kok baru dipanggil sekarang bukannya dari awal? Teorinya scroll di paragraf bawah ya.

Gambar : comics4news.com

Captain Marvel? Siapa Dia? Dimana Dia?
Captain Marvel, adalah nama panggung seorang superhero di komik Marvel, yang awalnya bernama Mar-Vell. Pertama kali yang menyandang nama itu adalah seorang alien Kree, yang dianggap mengkhianati bangsanya dan kemudian pindah ke bumi untuk observasi. Nama panggung Captain Marvel ini telah beberapa kali disandang oleh beberapa orang. Sampailah pada nasib yang menjadikan seorang wanita bernama Carol Danvers menyandang nama itu, yang filmnya akan tayang tahun depan. Di komik, Carol Danvers mendapatkan kekuatan Captain Marvel ini sebagai akibat dari sebuah kecelakaan yang mengubah DNA-nya. Apa kekuatan superhero Captain Marvel? Well..basically ya dia punya energy blaster di tangannya, super strenght, daya tahan super, dan bisa terbang. Kok biasa aja ya? Iya sih, kalo dalam mode ini sepertinya masih biasa. Kekuatan lainnya adalah dia punya cosmic awareness yang membuat dia mengetahui kejadian-kejadian di cosmic . Namun yang paling mencengankan adalah ketika berada dalam mode Binary. Mode itu seperti Son Goku yang berubah menjadi super saiya, nah begitu pula Captain Marvel berapi-api dan meningkatkan powernya berkali-kali lipat.

Gambar : inverse.com

Untuk film, baru ini saja yang kita tau, filmnya nanti akan bersetting tahun 90an, masa dimana Carol Danvers berkarir sebagai seorang pilot wanita. Di set syuting ada Nick Fury yang di make-up muda, sehingga kita prediksi Fury jelas tau siapa Danvers dan mungkin saja sempat memintanya untuk menjadi Avengers pertama. Namun mungkin karena suatu kejadian, Danvers terlempar ke dimensi lain, terjebak disana. Makanya kiprahnya selama tahun 90an sampe 2000an ini ga ada. Bagaimana dia bisa kembali ke masa sekarang itu masih menjadi pertanyaan. Teori dari fans adalah dia terjebak di Quantum Realm, yang kita sempat lihat di film Ant Man. Nanti, di film Ant Man And The Wasp kayaknya akan berurusan dengan Quantum Realm ini, dalam upaya penyelamatan Janet Van Dyne, istri Hank Pym yang terjebak disana. Setting waktu Ant Man And The Wasp adalah sebelum Infinity War, tapi kenapa rilisnya malah setelah Infinity War? Hayoo...ya karena kalo rilis duluan ya bakal jd spoiler buat Infinity War-nya kalo memang di film itu akan berdampak pada munculnya Captain Marvel.


Nano Teknologi Milik Helen Cho Di Armor Suit Iron Man
Di film jelas kita bisa melihat kalo armor Iron Man sekarang bisa muncul sendiri dari partikel kecil-kecil gitu. Nah, yang bisa bikin teknologi begitu dalam MCU kalo ga Helen Cho ya si Shuri, adeknya T’Challa yang nyiptain kostum Black Panther berteknologi nano. So, si Stark pake yang mana? Kalo menurut saya sih pake yang dari Helen Cho. Alasannya ada dua, pertama karena hubungan dia dengan Helen Cho sudah dari dulu kenal dan sempat menyinggung soal rencana armor berteknologi nano di hadapan Helen Cho dalam film Avengers – Age Of Ultron. Kedua, karena sesaat setelah Stark kena tuja Thanos, Stark menyembuhkan luka tusuknya itu dengan semprotan nano-cell yang hampir sama dengan yang digunakan Helen Cho untuk menyembuhkan luka Clint Barton. Hmm...berterima kasihlah kepada Helen Cho, karena kalo ga ada itu, kita akan jauh lebih sedih terpukul melihat Stark yang kita idolai mati.

Nidavellir Diserang Thanos, Kok Asgard Ga Tau Sih?
Ya, pertanyaan konyol sih awalnya, Nidavellir diserang Thanos dalam rangka Thanos meminta para Dwarf menempah Infinity Gauntlet, kok Asgard ga merespon? Padahal kan Nidavellir adalah bagian dari Nine Realm, yang dijaga oleh Asgard. Apalagi waktunya cukup lama, lebih dari 3 tahun, hitung saja, di end credit scene film Avengers – Age Of Ultron, Thanos udah punya Gauntlet-nya, ingat kan yang “Fine...I’ll do it myself”. Jadi dari tahun 2015 ke 2018 Nidavellir merana, Asgard ga tau sama sekali. Jawaban yang cukup masuk akal adalah karena saat serangan itu terjadi, Asgard sedang dipimpin oleh Loki yang menyamar jadi Odin. Ingat kembali di ending Thor – The Dark World ya di tahun 2013, Loki kan nyamar jadi Odin tuh. Seandainya saja yang mimpin Asgard Odin, ya sudah pasti Odin bertindak menyelamatkan Nidavellir.

Hulk Kok Ga Mau Keluar Sih Di Bumi?
Singkat saja, ada dua kemungkinan. Pertama, karena dia takut alias cemen, karena baru saja di K.O oleh Thanos.  Kedua, karena dia trauma, terakhir kali Hulk mengamuk di bumi Afrika di film Avengers – Age Of Ultron, banyak warga yang jadi korban. Jadi dia ga mau ada korban lagi gegara Hulk.

Vision Kok Lemah Banget Disini?
Yap..kok gitu ya? Padahal dia punya infinity stone dan di film-film sebelumnya juga dia kuat bak dewa. Jawaban yang masuk akal adalah karena dia android, bukan iphone, uppsss...maksudnya karena dia memang android, android itu kan kalo udah rusak ya ga bisa berfungsi normal lagi. Dia bukan kayak Captain ato Wolverine yang bisa nyembuhin luka cepat. Lihat kembali di film dia kena tuja Corvus Glaive dari belakang secara tiba-tiba, sehingga sistem di tubuhnya juga ikut rusak. Makanya lemah dia jadinya. Mau berkelahi ga punya skill, justru yang manusia biasa kayak Captain America dan Black Widow yang bisa fight si Glaive dan Proxima Midnight. Btw, kalo nanya lagi, tubuh Vibranium Vision kok bisa tembus tombak Corvus? Jawabannya dua hal, pertama karena tubuh Vision ga sepenuhnya Vibranium, dia campuran daging juga kan, lihat kembali film Avengers – Age Of Ultron saat Ultron bikin tubuh Vision. Lalu saat kena tuja juga keknya dia sedang berada dalam mode tubuh manusianya. Nah kedua, kalopun dia berada dalam mode Visionnya, tetap aja bisa tembus oleh senjata Corvus, karena tombaknya itu di komik adalah senjata yang bisa memotong apa saja benda di universe ini, wow...

Gambar : giphy.com

Scarlet Witch Overpower Bisa Nghancurin Infinity Stone
Ya, tapi ga bisa kita generalkan kalo Scarlet bisa nghancurin semua stone. Karena yang dihancurinnya adalah mind stone, yang memang ranah "mind" adalah kekuasaan Scarlet Witch. Dan Scarlet memang diciptakan dari mind stone, itulah yang disebut Vision juga : "Hanya kamu yang bisa nghancurin mind stone.". Jadi belum tentu dia bisa nghancurin Infinity Stone yang lain. Secara, itu Infinity Stone lho, batu yang sangat kuat bahkan sekelas dewa Bor, kakeknya Thor, aja ga bisa nghancurin, hanya bisa simpan Aether (reality stone) dikubur di convergence realm. Tapi ga ada salahnya juga sih kalo Scarlet kita anggap strong, mengingat blasternya sebelah tangan dia aja cukup menahan Thanos sambilan sebelah tangan lagi sambil nghancurin mind stone. Lagipula, kalo diliat-liat jejak powernya Scarlet ini sepertinya unlimited potential. Dia ini kayak bangsa Saiya di komik Dragon Ball, yang kalo kena motivasi ato kena pecut sesuatu hal yang bikin emosinya memuncak bisa menjadi jauh lebih kuat. Lihat kembali saat dia diceramahi Hawkeye dan saat kematian Quicksilver di film Avengers - Age Of Ultron.

Kenapa Doctor Strange Tidak Mau Menggunakan Time Stone? Malah Nyerahin Ke Thanos.
Sebenarnya sih ya sempat disinggung juga oleh Thanos kan, “Eh Strange, elu punya senjata terkuat (infinity stone) untuk melawanku tapi malah ga mau pake”. Oke, jawabannya bisa beragam, pertama, kenapa ga dia pake untuk “Bargaining Power” kayak dia lawan Dormamu? Jawabannya karena lawan Dormamu itu dia bisa bikin timeloop karena fighting lawan Dormamu itu di Dark Dimension yang ga kenal ruang dan waktu, jadi timeloop bisa dibuat dan Dormamu pun resah. Kedua, kenapa dia ga pake buat mundurin waktu? Jawabannya karena dia ingat nasehat Mordo di ending film Doctor Strange. Ingat, di film itu dia pake Time Stone buat mundurin waktu dan idupin kembali Wong dan warga yang mati. Tapi Mordo ga setuju dan bilang akan ada resiko dan konsekuensi : “You think there will be no consequences, Strange? No price to pay? We broke our rules, just like her. The bill comes due. Always!”. Bahkan di pertengahan film Doctor Strange, Mordo juga udah wanti-wanti : “Temporal manipulations can create branches in time. Unstable dimensional openings. Spatial paradoxes! Time loops! You wanna get stuck reliving the same moment over and over forever or never having existed at all?”. Jadi ya takut aja kalo make lagi Time Stone-nya ntar malah fatal akibatnya. 

Dan terakhir, kenapa ga dipake Time Stone dan malah nyerahin ke Thanos untuk pertukaran nyawa Stark? Ini yang menjadi kunci paling krusial. Ingat kembali ucapan Doctor Strange sebelum menjadi debu :”This is the only way”, ya  maksudnya adalah nyerahin batu ke Thanos dan menukarnya dengan nyawa Stark adalah satu-satunya cara, cara apa? Cara agar kita menang lawan Thanos. Kok menang? Kan banyak yang mati kok dibilang menang. Well...ingat kembali scene dimana Strange melakukan semedi perjalanan waktu dan melihat probabilitas masa depan, dan hitungan yang dia dapat adalah 14 juta kekalahan dan hanya 1 kemenangan. Jadi dia sebenarnya udah tau, 1 kemenangan itu dapat diraih dengan cara apa, jadi ya percaya saja bahwa 1 kemenangan itu adalah dengan cara menyerahkan batu ke Thanos dan membiarkan Stark hidup. Kenapa Stark mesti hidup? Dia meyakini, Stark mempunyai peran yang sangat penting untuk menjadi penyelamat di film berikutnya, dan aktor yang menjadi kunci 1 kemenangan itu tadi. Ini merupakan twist 180 derajat ya karena di awal film Strange ngomong ke Stark bahwa dia ga ragu untuk merelakan nyawa Stark demi menyelamatkan dunia. Eh yang terjadi malah sebaliknya.

Gambar : pinterest.com

Stark Kunci Kemenangan? Emang Stark Bisa Apa?
Well...ga tau ya di film nanti dia bakalan nyiptain apalagi, kalo di komik ataupun di kartun, ada referensi yang mengarah kepada peran Stark dalam mengalahkan Thanos. Yang pertama kalo di komik, Stark punya hubungan sama yang namanya Godkiller Armor. Godkiller adalah sebuah robot super raksasa dan super kuat yang diciptakan kaum The Aspirants untuk mengalahkan Celestials. Celestial tau la kan ya, penampakannya sendiri di film udah ada di Guardians Of The Galaxy Vol. I saat The Collector menjelaskan Infinity Stones dan di Guardians Of The Galaxy Vol. II jelas villain Ego The Living Planet juga merupakan Celestial, sementara Knowhere markasnya The Collector sendiri adalah kawasan yang dibangun diatas tengkorak kepala sebuah Celestial. Jadi udah kebayang gedenya semana. Nah, ratusan tahun berlalu, Godkiller ini dibangun kembali oleh Recorder 451, sebuah robot cerdas, yang meyakini manusia di bumi punya harapan sebagai pembawa kedamaian semesta. Untuk mengoperasikan Godkiller dibutuhkan pilot yang secara genetik tersinkron ke Godkiller, maka Recorder 451 menciptakan Arno Stark, anak kandung Howard Stark yang dimodifikasi saat masih bayi untuk ketika besar nanti dapat menjadi pilot Godkiller. 

Wait...what??? Say it again?? Arno Stark adalah anak kandung Howard Stark. Ya...menyakitkan bukan? Mengetahui kalo Tony Stark bukanlah anak kandung Howard. Jadi Tony Stark adalah anak yang diadopsi Howard sebagai pengalihan terhadap Recorder 451, agar ketika Arno dewasa, Recorder 451 tidak mengambilnya. Arno selama ini secara rahasia hidup di rumah sakit rahasia milik Howard. Namun pada akhirnya Tony dan Recorder 451 menyadari bahwa Tony bukanlah manusia yang dibuat untuk menjadi pilot Godkiller. Sudah cukup ya dongengnya. Nah hubungannya adalah armor Godkiller itu ya mungkin bisa mengalahkan Thanos. That’s it, haha...
Gambar : marvel.wikia.com

Kedua, kalo di film kartun Avengers Assemble, Stark mendapatkan hadiah dari ayahnya Howard berupa robot Project Arsenal, yang mana robot tersebut sangat kuat bisa menahan serangan Infinity Stone dari Gauntlet Thanos. So, manakah peran Stark yang kemungkinan terjadi di film? Biasanya sih pasti domodifikasi lagi biar ga mirip. Kita tunggu saja. Yang jelas, apa yang diyakini Doctor Strange itulah cara dan satu-satunya kemenangan dimana Stark harus tetap hidup.

Okeh, itu dulu beberapa hal yang saya ingat. Kalo ada yang kelupaan ato salah, koreksi aja ya. Kalo kalian punya pertanyaan ato saya yang kelupaan, silahkan komen disini, ntar dijawab.. 

See you...




7 comments:

  1. Tony dan dr. Pym kolaborasi ngalahin thanos ada kemungkinan ga bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bicara possibilities bisa aja sih bro.. Tp keknya lbj dr skedar mereka brdua, ada peran Capt Marvel jg.

      Delete
    2. Nah itu, konon, Captain Marvel-lah yang bisa ngalahin Thanos seorang diri, bahkan dia digadang-gadang lebih kuat dari jagoan di komik sebelah: Superman.

      Delete
  2. Akhirnya infinity war hahaha.. untuk hint dan clue clue lain sudah dpt di tempat lain but ttg Arno stark dan god killer sy baru tau disini.. keren mas nya .. lannjutkan

    ReplyDelete
  3. Wah ada nama ane nii disebut πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  4. Serial Runaways dan Cloak and Dagger g diulas, Bro? Apa udah di halaman lain?

    ReplyDelete
  5. Wkwkwk lama nunggunya nih blog kaga diisi-isi. Begitu banyak penghuninya, tapi sepi. Para empunya lagi semedi kayaknya. Biar tambah sakti kaya Wiro Sableng, atau lagi terkontaminasi symbiote Venom kali ya? Hahahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...