Monday, April 17, 2017

Review Film Fast Furious 8 (2017) : Keren dan Gila-Gilaan Berbarengan Dengan Irrasional (By Chanri - JMFC 001)

Banyak orang berkomentar pasca keluar bioskop bilang "Wih..keren banget filmnya". Yah..ga salah sih ya..just another perspective from innocent movie viewers..haha.. Gimana denganku? Hmm..keren sih memang, tapi ga pake banget. Paling banter memang ga sampe saya kasi nilai tembus 8. Karena memang tak membekas di hati saya, just another perspective juga lho ya.. Cuma memang masih tinggi antusias saya untuk selalu menonton franchise ini, karena disaat Need For Speed dan The Transporter ga jalan lagi, maka hanya tersisa inilah film yang mengobati nutrisi keinginan menyaksikan film balapan action yang menegangkan.

 Fast Furious 8 Poster
Gambar : empireonline.com

Diakui, filmnya memang keren dari sisi aksinya, mobilnya, kebut-kebutannya, tembak-tembakannya, hancur-hancurannya, hingga ledakannya. Seperti movie series Fast Furious sebelumnya, film ini hanya menjual sisi itu semua untuk dapetin pendapatan yang besar, fokusnya lebih dititik beratkan kepada gimana membuat kesan "wah" dan membuat penonton terdecak kagum dengan mata belo. But not for me, filmnya berlalu begitu saja tak membekas, karena memang seperti saya sedang berjalan-jalan di mall untuk window shopping alias cuci mata doank. 

Banyak adegan yang tak masuk diakal, serba bisa, serba kebetulan, ada beberapa alur yang dapat menjadi plot hole, dan visualisasi yang overkill dan IMBA. Sebut saja satu-dua contohnya bagaimana sebanyak itu rombongan Rusia yang bawa senapan Riffle satupun ga ada tembakannya yang mengenai Roman yang hanya menggunakan pintu Lamborghini sebagai tameng, bahkan kalah cepat bisa digebuk! Hadeh... Atau ngapain pejabat Rusia bawa kode nuklir kemana-mana kayak bawa koper belanjaan.

 Fast Furious 8 Cars
Gambar : movieweb.com

Ya memang sih penonton pada umumnya senang melihat aksi sang jagoan yang heroic bin epic, tapi ya ga gini juga kali. Film itu pada dasarnya memang ga masuk akal ya, tapi kan lebih baik lagi kalo bisa bikin aksi yang wah namun terlihat natural dan masuk akal. Disini sang leader, Toretto (Vin Diesel) ceritanya kan berkhianat dan menjadi musuh timnya sendiri, dia bekerja sama dengan hacker cantik, Cipher (Charlize Teron). Misi yang dipunyai Cipher ini dijalankan dengan terencana dan ciamik, sampe tim Mr. Nobody (Kurt Russel) si Tej dkk (Ludacris dkk) kewalahan.

Terlepas dari segala irrasionalnya ini film, sebagai penonton umum kita pasti terhibur akan sajian aksi-aksi mereka, apalagi mobil dalam jumlah banyak dengan gampangnya dihancur-hancurin, hhooooraaang khaayyaaa.. Disamping itu juga kali ini humornya lebih banyak dari film-film sebelumnya. Kita dapat tersenyum melihat Hobbs (Dwayne Johnson) dan Deckard (Jason Statham) saling ejek, pamer skill dan otot. Kemudian ada anak bayi yang lucu membuat penonton tertawa, padahal sebelumnya sedih-sedihan lho. Dan man of the match always si kocak "I am Roman Pierce".
Banyak juga kejutan yang tak diduga-duga hadir disini, baik dari segi cerita maupun yang lebih dari sekedar cameo, castnya rame..Bagi yang suka dengan aksi gila-gilaan wajib nontonlah. Kegarangan Vin Diesel diatas mobil Dodge khasnya tak tertandingi, I think it has 2.000 horse power, no..3.000 horse power, no..5.000! Mobil-mobil keren lainnya berupaya mengimbangi, Mercedez, Bentley, Lamborghini. Selain mobil sport, juga ada truck dan tank! Yang sebagiannya juga modifan, bahkan ada Jet Man dan sebuah Kapal Selam, buseeett...

Major Spoiler Alert :
Beberapa indikasi scene sepertinya menunjukkan Toretto dan Hobbs akan istirahat dari film, seperti Toretto yang punya anak akankah sama nasibnya seperti Bryan O'Connor yang pensiun dari aksi balapannya untuk ngurus anak bareng istrinya Mia? Atau Hobbs yang diending ketika ditawari pekerjaan kembali namun ditolaknya dengan alasan mau menghabiskan waktu bersama anaknya. 

Saya pribadi kalo memang mereka out dulu dari film setuju ya, rada bosen liat mereka melulu, ada baiknya memang jeda dengan wajah-wajah yang lebih fresh dan cerita yang lebih tertata rapi. Bisa saja misalnya mengangkat karakter utama di Fast Furious - Tokyo Drift, Sean untuk menjadi leading role di next movie. Dan kalo bisa Sean akan didampingi teamnya sendiri yo...kan bisa ketemu lagi kita ama Neela dan Twinkie plus tambahan lainnya. Franchise Fast Furious ini memang akan dibuat trilogy lagi ke film berikutnya, 9 dan 10. Ride or Die...banyakin balapannya lagi ya di FF9 nanti.

JMFC 001 - Om Chan Score 
Rate : 7,6/10
Level : Casual Moviegoers


 Sean Tokyo Drift
Gambar : screenrant.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...