Sunday, March 12, 2017

Top 30 Most Memorable Movie Character (Recap by. Muhammad Ilham - JMFC 041)

Ada ribuan bahkan mungkin ratusan ribu karakter dalam dunia film, entah Hollywood ataupun non Hollywood, tapi terkadang ada beberapa karakter  yang memang benar-benar mencuri perhatian kita bahkan tidak jarang kita mengagumi karakter ini dan terkadang apabila kita menceritakan suatu film maka karakter-karakter ini lah yang sering kita sebut serta dibahas. Ini lah beberapa karakter yang menurut pendapat saya begitu memorable dalam dunia film baik Hollywood atau Non Hollywood. Kok Top 30 sih? biasanya Top 10? Karena semesta dalam film begitu luas, dan ada jutaan karakter yang terdapat dalam dunia film maka akan sangat tidak adil dan kurang rasanya apabila hanya menempatkan 10 karakter saja, maka saya berinisiatif untuk memasukkan 30 karakter dalam list ini. 

Kalau pun teman-teman sekalian tidak setuju dengan peringkat yang saya berikan atau karakter disini belum pantas menurut anda sebagai karakter paling memorable, atau bahkan karakter kesayangan anda belum masuk disini, kritik dan saran tentu saya tunggu, namun saya mengaharapkan agar teman sekalian juga membalas artikel saya dengan artikel kalian sendiri, make your own top 30, top 10, atau top 5 list dan kirim ke Agent 069 (Nendra) atau Agent 001 (Om Chan).
Ayok perang-perangan di ranah kreatif guys. Biarkan dunia mengenal kalian melalui tulisanmu.

----- Spoiler Alert (tapi tenang, nanti saya peringatkan kok kalo ada spoiler)--------

 Rangga AADC
Gambar : idntimes.com

30. Rangga
Appearance : Ada Apa dengan Cinta (2002)
Played By : Nicholas Saputra

Why : Penampilanya yang pendiam, cool, serta misterius membuat Cinta dan ribuan wanita lain yang menonton AADC tergila-gila pada rangga dan membuat para pria ingin menjadi seperti Rangga(Sebelas dua belas lah tampang Nicholas Saputra dengan Chanriatno Saputra *bajak*). Sosoknya yang rebel namun puitis dan menyukai seni menjadikan karakter Rangga sebagai salah satu Popular Culture di Negara Indonesia di Era Tahun 2000an. Nicholas Saputra perfect dalam memainkan Rangga. Bukti dia pantas dimasukkan adalah ketik nama Rangga di Google maka gambar yang muncul adalah Rangga AADC, padahal nama Rangga adalah nama pasaran yang bisa saja yang muncul yang lainnya.

 Legolas
Gambar : edain.wikia.com

29. Legolas
Appearance : Lord Of The Rings Trilogy (2001-2003)
Played By: Orlando Bloom

Why: Legolas adalah salah satu anggota Fellowship Of The ring dari ras elf, penampilannya yang paling bersih dan bersinar diantara anggota fellowship yang lain membuat Legolas stand out dalam fellowship. Kemampuan bertarungnya pun luar biasa, dengan akurasi memanah diluar nalar, acrobatik fighting, dan dual wield sword, kelincahan dan agility Legolas tak diragukan lagi serta mampu membuat penonton berdecak kagum. (Termasuk kesopanannya dan keikhlasannya pada wanita bro, that's make him a true man with true love - Om Chan)

28. Scrat
Appearance : Ice Age Saga (2002-2016)
Played By : Chris Wedge (voice)

Why : Tau kah anda dengan Scrat? Scrat adalah Tupai bergigi pedang yang mempunyai determinasi serta persistensi paling tinggi diantara tupai-tupai lain di dunia. Tujuan hidupnya hanya satu yaitu mencari tempat aman untuk menyimpan Acorn (biji pohon ek) miliknya. Scrat rela mengorbankan badan bahkan nyawa demi Acorn miliknya. Tingkah Scrat selalu mengundang gelak tawa, walau dia bukanlah main character dalam Ice Age, namun kehadirannya selalu ditunggu, dan tanpa Scrat, Ice Age ibarat sayur tak bergaram.

 Mad Max Guitarist
Gambar : screenrant.com
27. The Doof Warrior
Appearance : Mad Max Fury Road (2015)
Played By : IOTa

Why: Sewaktu anda menonton Mad Max Fury Road, siapa yang mencuri perhatian anda? Max? Immortan Joe? Atau Furiosa? Hehehe... bukan. Menurut pendapat saya yang paling mencuri perhatian adalah The Doof Warrior alias Gitaris mutan bertopeng yang memainkan musik perang memakai gitar yang bisa menghembuskan api. Penampilan Doof Warrior memang hanya sebentar dan sekilas namun insanity yang ditampilkannya mampu membuat saya takjub, tertawa dan geleng kepala, apa sebab? Tidak hanya kegilaan dari penampilannya, Doof Warrior selalu memainkan musik metal selama film berlangsung entah lagi bertarung, perang atau hujan sampai dia akhirnya meregang nyawa ditangan Max. Respect to The Doof Warrior. (Kalo dalam Mad Max Om Chan mah si Nicholas Hoult, we're going to Valhalla)

26. Virgil Hilts “The Cooler King”
Appearance : The Great Escape (1963)
Played By : Steve McQueen (Alm)

Why : Ini lah salah satu icon legenda di dunia Hollywood, Steve McQueen as Virgil Hilts, Hilts merupakan karakter yang rebel, bad boys, tak takut dengan aturan dan yang jelas peran McQueen menjadi Hilts mampu menjadi icon Macho di era 60 an hingga sekarang.

 Mason Snowpiercer
25. Mason
Appearance : Snowpiercer (2013)
Played By : Tilda Swinton

Why : Pernahkah anda nonton Snowpiercer? Post Apocalyptic Movie yang tidak mendapat perhatian yang pantas dari masyarakat, namun Snowpiercer mampu menggebrak dunia, lama setelah dia dirilis. Ada satu karakter yang benar-benar mencuri perhatian saya dalam Snowpiercer, dia adalah Mason yang dimainkan Tilda Swinton, akting Tilda sungguh luar biasa dan mampu membawakan karakter Mason dengan sangat lihai, sehingga mampu menjadikan Mason layaknya Unstoppable, nasty, ugly, Vicious Bit*h. Kalian bakal tau maksud saya kalo udah nonton Snowpiercer. (Om Chan said : I know that feel bro.. *pakemememrbean*, waktu dia ngomong :"you belong to the tail")

24. Peter Quill a.k.a Star-Lord
Appearance: Guardian Of The Galaxy (2014)
Played By : Chris Pratt

Why : begitu banyak superhero di Marvel Cinematic Universe tapi karakter Peter Quill yang paling mencuri perhatian saya, he’s funny, he’s relax, he’s know what to do, bahkan dalam keadaan yang sulit dan terjepit sekalipun Peter masih dapat melucu dan mencari jalan untuk meloloskan diri. Dan yang pasti dia hobi mendengarkan Casette player alias walkman yang menjadikan Peter seseorang yang memiliki ciri khas dan berselera. Peter adalah Han Solo with insanity and wild sense of Humor. Satu lagi, aksi dansa pada final scene versus Ronan yang membuat saya menyukai Star Lord diantara karakter-karakter yang ada dalam MCU. (Om Chan Agreeeeeeeeeeeeeeeeeeeee)

 Star Lord
Gambar : therpf.com

23.Harry Callahan a.k.a Dirty Harry.
Appearance : Dirty Harry series
Played By: Clint Eastwood

Why: Perannya sebagai Dirty Harry yang membuat Clint Eastwood dikenal oleh masyarakat dunia, kenapa tidak? Polisi gila, tidak perduli hukum, renegade, dan bersenjatakan 44 Magnum Handgun, apalagi yang kurang? Harry adalah mimpi buruk bagi penjahat kelas teri maupun kelas kakap. 

22. Mal
Appearance: Inception (2010)
Played By : Marion Cotilard

Why : Inception adalah film yang selalu menjadi hot topik dalam berdiskusi bagi komunitas pencinta film manapun. Alur yang menarik dan komplek menjadikan Inception tidak bosan dibicarakan, dan dari sekian banyak karakter yang ada di Inception menurut saya Mal adalah yang paling menarik. Karakternya misterius, blurry, seksi, provokatif sekaligus menjadi katalis dari pertanyaan semua penggemar Inception, benarkah ini kenyataan atau ini masihkah mimpi? Mal melambangkan Chaos, mimpi, dan realita dalam satu paket. (Om Chan said : I'm not, Cobb still iconic above her)

 Mal Inception

21. Woo Jin Lee
Appearance : Oldboy (2003)
Played By : Ji Tae Yu

Why : Ini adalah salah satu film yang bikin saya kesal dan benci sekaligus kagum secara bersamaan, dan salah satu penyebabnya adalah karakter yang bernama Woo Jin Lee, siapa dia? You have to Watch this movie if you want to know, Ji tae Yu sungguh luar biasa memainkan perannya sebagai Lee, sampai membuat sang penonton berfikir kalau Lee adalah manusia yang menjijikkan, menyebalkan, gila, ga waras namun jenius serta memiliki determinasi yang begitu tinggi, demi sebuah dendam.    

20. Professor Severus Snape
Appearance : Harry Potter Saga
Played By : Alan Rickman

Why: Karakter paling menyebalkan di awal-awal Harry Potter Saga, namun dibalik sifatnya yang apatis, cuek, kejam, bahkan terkesan jahat, ada misteri dibalik itu semua, yang membuat Snape menjadi karakter paling “manusia” diantara karakter dalam Saga ini. Almarhum Alan Rickman sangat pas memerankan Snape, suara yang khas, penampilan yang selalu cranky dan kelam menghidupkan karakter Snape serta mampu memberikan impact di hati para fans maupun masyarakat penikmat film, Rest in Peace Rickman, we’ll always miss you. 

 Severus Snape
Gambar : wikipedia.com

19. Ellis Boyd ‘Red’ Redding
Appearance: Shawshank Redemption (1996)
Played By : Morgan Freeman.

Why: Menurut saya Red adalah salah satu karakter yang “heart warming”, Andy Dufrense memanglah karakter utama Shawshank namun Red lah yang mencuri perhatian saya, Red adalah sosok yang apa adanya dan begitu bersahaja, dia masuk penjara karena kasus pembunuhan, Red juga lah yang mengenalkan saya kepada istilah terinstitusi, atau Institutionalized ketika mereka mendengar cerita temannya yang telah lama dipenjara lalu bebas bersayarat akhirnya tewas bunuh diri karena tak sanggup beradaptasi dengan kehidupan diluar penjara. Ketika sidang bebas bersayarat terakhir Red ditanya apakah anda sudah merasa terehabilitasi, Red menjawab : “Rehabilitated? It's just a bullshit word. So you go on and stamp your form, sonny, and stop wasting my time. Because to tell you the truth, I don't give a sh*t.”

18. Anton Chigurh
Appearance : No Country for Oldman (2007)
Played By: Javier Bardem

Why : Berbicara mengenai penjahat paling ikonik dalam sejarah perfilman maka Anton Chigurh adalah salah satunya, dia adalah mesin pembunuh tak beremosi, tak memandang belas kasihan, brutal dan gila. Bersenjatakan Cattle gun yang disambung pada tank kompressor udara yang mampu menembakkan silinder, serta Shotgun Serbu yang diberi Peredam (favorit saya, karena jarang sekali Shotgun di beri peredam). Cara berfikir Anton memang lain dari yang lain, menurutnya dia bukanlah pembunuh yang membabi buta melainkan instrumen takdir yang melakukan sesuatu tepat pada waktunya ketika sesuatu itu harus terjadi pada seseorang. Maka dia tak merasa berdosa sedikitpun. “Gile Lu ton” hehehehe. 

 Gone Girl Poster
Gambar : younameit-id.com

17. Amy Dunne
Appearance : Gone Girl (2014)
Played By : Rosamund Pike

Why: ------Spoiler Alert (jangan dibaca kalau belum nonton Gone Girl)--------- apabila berbicara tentang penafsiran kegilaan dari seorang karakter, maka Amy Dunne adalah representasi yang tepat dari pengertian “sakit” atau “insanity” itu sendiri. Sesudah nonton Gone Girl pasti anda akan takjub betapa niat Amy Dunne melakukan sesuatu demi membalas sakit hatinya, perencanaan, kecerdasan bahkan presisi dari segala yang telah dilakukan dan akan dilakukan disiapkan dengan matang, bahkan walau rencana nya jadi berantakan ditengah-tengah, namun Amy hanya merubah rencananya bukan tujuannya, Respect buat Rosamund Pike yang dengan brilian memainkan karakter ini. (Kalo Nendra pasti lebih memorable Emily Ratajkowski, hahahaha...)

16. Verbal Kint
Appearance : Usual Suspect (1995)
Played By: Kevin Spacey

Why : ------Spoiler Alert (jangan dibaca kalo belum nonton The Usual Suspect)--------Penampilan bisa menipu, inilah inti dari the Usual Suspect, jangan pernah meremehkan seseorang, dimata kita mungkin sosok Verbal Kint seperti orang tak berdaya, menceritakan dengan luar biasa tentang sosok yang begitu jahat bernama Keyser Soze sampai ke detail terkecil, namun Verbal menyimpan kejutan sendiri di akhir cerita, apakah kemampuan Verbal Kint hanyalah bercerita? (Om chan lebih ingat gelas kopinya detektif Kujan, hehe..)

 John McClane
15. John McClane
Appearance : Die Hard Saga
Played By : Bruce Willis

Why : Yippie kay yay Motherfu*ker, inilah trademark dari the pain in the ass Cop, John McClane, dia sombong, lucu, gila, namun selalu menjunjung tinggi kebenaran, satu lagi McClane tak bisa dibunuh, entah dihajar, ditembak, di bakar maupun di bom, McClane layaknya handphone yang memiliki seri 3310, McClane tak bisa dihancurkan. Karakter John McClane juga yang membesarkan nama Bruce Willis dan menjadi ikon Popular Culture di Era 90an.

14. Michael Corleone
Appearance : The Godfather Trilogy
Played By : Al Pacino

Why : Michael adalah sosok anak kesayangan dan memiliki sifat baik dalam keluarga Corleone, dimana hal itu sangat jarang dalam Keluarga Corleone, dia adalah seorang tentara yang baik serta menjalankan tugasnya mengabdi pada negara, dia pun disayang oleh keluarganya. Namun ketika Keluarga Corleone tertimpa masalah dan diserang, Michael pun mulai membunuh, perjalanan menuju sisi gelap pun telah dimulai, dari Michael seorang Tentara yang membela Negara menjadi seorang Don yang kejam, dingin dan berkuasa.

 Ripley
13. Ellen Ripley
Appearance : Alien Saga
Played by : Sigourney Weaver

Why : Salah satu wanita yang paling bad ass di dunia perfilman, Ripley merupakan salah satu Protagonis yang terkenal dalam Popular Culture di Amerika, Sigourney Weaver atas perannya sebagai Ripley dalam Aliens membuatnya diganjar nominasi sebagai Best Actress dalam Academy Award, yang mana hal ini merupakan peristiwa penting karena sampai saat itu Academy jarang melirik film bergenre Science fiction untuk berkompetisi dalam ajang bergengsi tersebut. Ripley adalah sosok protagonist yang tangguh, dia bukan pemanis semata dalam film atau wanita yang perlu diselamatkan, Ripley adalah simbol jagoan wanita yang mandiri, cerdas, marah, terluka, survivalist, namun ripley juga memiliki sifat motherhood yang amat kuat dalam dirinya, keinginannya yang ingin selalu menyelamatkan orang lain serta melindungi seorang bocah di film Aliens merupakan define moment dari seorang Ripley bahwa sifat keibuan begitu kental dalam dirinya ini lah poin plus dari seorang Ellen Ripley. (Om Chan said : Yeaahh...sampe sekarang no one replace her)

 Darth Vader
Gambar : starwars.com
12. Darth vader
Appearance : Star Wars Original Trilogy
Played By : David Prowse

Why : Sebuah karakter yang mengalami evolusi yang cukup signifikan dalam sebuah perjalanan cerita film, kenapa saya bilang begini? Oke bayangkan anda tidak pernah nonton Star Wars dan hidup di tahun 70an, begitu massive hype yang ditimbulkan oleh Star Wars A New Hope dengan semesta yang begitu luas diciptakan oleh Lucas terdapat seorang Antagonis kejam bernama Darth Vader, seorang yang benar-benar mengintimidasi, menakutkan, memiliki power yang luar biasa, bahkan tidak segan membunuh anak buahnya dengan telekinetic force via video feed. Kita sangat membenci Vader, namun ketika di Emipire Strikes Back, kita dikejutkan dengan salah satu twist cerita yang paling sering dibicarakan dalam sejarah perfilman, kita kaget dan shock, dan pada akhirnya di Return Of The Jedi, kita tiba-tiba care pada seorang Vader, Vader hanyalah sesosok suami dan ayah yang terluka, dia tersesat dan hilang arah, Vader hanya ingin menebus serta memperbaiki semuanya. Hubungan keluarga Skywalker adalah salah satu benang merah yang membuat angka penjualan Star Wars terbang ke langit dan menjadikan Star Wars tak terlupakan sampai saat ini. Bahkan family matter and everything about Skywalker masih tetap tak bisa dilepaskan dari Star Wars.


11. Lord Voldemort
Played By : Ralph Fiennes
Appearance : Harry Potter Saga

Why :  Apabila Professor Severus Snape bercokol di peringkat 20, maka “The You Know Who” juga wajib masuk ke dalam list ini. Penampilannya yang eksentrik, botak, noseless, mirip ular, dengan gaya memegang wand sedikit agak lentik (hehehe), plus sakti mandraguno, membuat sosok Voldemort sangat memorable bagi saya. Sebenarnya ada keraguan apakah Dumbledore atau Voldemort yang harus menduduki posisi ni, tapi setelah saya berfikir Voldemort jauh lebih saya sukai dibanding Dumbledore, everything about Voldemort is cool, the wand, the horcrux, the snake, the act, menunjukkan Voldemort adalah sosok yang jahat, keji dan ambisius, kalo bukan karena bocah dengan guratan petir di keningnya, he already rule the world.

 Gunner Sergeant R Lee Ermy
Gambar : ifc.com

10. Gunner Sergeant Hartmann
Appearance : Full Metal Jacket
Played By: R. Lee Ermey

Why: Peran serdadu paling ikonik dalam sejarah perfilman Hollywood, Sersan pelatih paling ganas sepanjang masa, Hartmann lucu, bengis, sadis, komikal, tak hanya menyiksa fisik, Hartmann juga amat piawai menyiksa psikis, cara dia memaki dan mengolok-olok para tentara yang dilatihnya memang mampu diacungi jempol. Beberapa potongan monolog Gny. Sgt Hartmann pernah saya kutip dalam Top 10 War Movies yang pernah saya buat, perannya sebagai Hartmann diganjar Golden Globe dalam kategori Best Supporting Actor, R. Lee Ermey merupakan mantan Marinir U.S selaku Staff Sersan, dan menjabat sebagai sersan pelatih alias drill instructor, (wajar kalo memang perannya sebagai Hartmann sangat mengagumkan, karena Ermey adalah Drill Instructor asli dalam militer Amerika).

9. Jules Winnfield
Played By: Samuel. L . Jackson
Appearance : Pulp Fiction (1994)

Why:  Jules adalah seorang pembunuh bayaran yang hobi mengutip Alkitab dan berduet dengan Vincent (Travolta) serta mengalami transformasi yang cukup besar dalam film, Jules adalah refleksi sosok yang Bad Ass, dia menyebut dirinya B.M./F alias Bad Mother Fu*ker. Define moment bagi Jules adalah ketika dia menginterogasi Brett sambil makan burger. hanya Jules yang mampu mengintimidasi seseorang secara verbal dengan kelas serta attitude sampai tingkat dimana Brett ketakutan hingga dia menembakkan 6 peluru dari jarak point blank dan tak satu pun mengenai sasaran.  

 Marty McFly
Gambar : wikipedia.com

8. Marty Mcfly
Played By: Michael. J. Fox
Appearance : Back To Future Trilogy

Why: Marty adalah karakter yang hidup dan tumbuh berkembang dalam masa kecil saya, dan karakter film yang amat saya ingat, karena diawal-awal saya mulai hobi menonton (mungkin saya masih duduk di sekolah dasar), Back to Future amat sering diputar di salah satu stasiun tv swasta Indonesia, sosok Marty yang easy going, lincah, kocak dengan caranya sendiri, selalu stand up walau di bully membuat saya begitu memfavoritkan karakter ini, sehingga Michael J. Fox adalah salah satu actor Hollywood yang benar-benar saya kagumi, hampir semua filmnya saya ikuti. Ciri khas Marty yang menggandrungi Skate Board/Hoverboard, menyukai musik Rock n Roll, selalu bisa kabur dalam situasi sulit menjadikannya sebuah ikon di dunia perfilman Hollywood. Bahkan tanggal 21 Oktober 2015 kemarin (tanggal dimana Marty berpetualang ke masa depan) diperingati oleh banyak kalangan serta melihat kembali apa saja ciptaan manusia yang sesuai dengan prediksi film Back to Future, iklan 3D, sepatu yang mengikat sendiri beberapa hal ini sesuai dengan apa yang di prediksikan BTF, ini menandakan BTF dan Marty Mcfly selalu hidup dalam hati masyarakat pencinta film.


7. Indiana Jones
Played By : Harrison Ford
Appearance : Indiana Jones Saga
Why: Banyak hal yang menjadikan sebagai sosok likeable hero dan simbol dari seorang petualang, kalau anda sudah menonton semua film Indiana Jones maka anda pun dapat mengerti, Indy adalah sosok yang mengalami konflik dalam dirinya, karena disatu sisi dia adalah Dr. Jones dengan kapur ditangan, jas kotak-kotak, selalu berbicara lembut, mengajar generasi muda di Universitas Vs Petualang bercambuk, hobi menghajar Nazi dan seorang Relic Hunter. Dia juga sosok yang Brain smart (cerdas) sekaligus Street Smarts (penuh akal dan bersumberdaya) Indy juga memiliki aspek Nobility dan Integritas dalam menjalani hidupnya, selain itu ketegangan hubungan antar ayah dan anak yang menjadikannya lebih manusiawi dan yang paling penting adalah sense of humor, yang menjadikan Indy sebagai sosok yang realistis dan menunjukkan kualitas dari seorang yang biasa. Adegan favorit saya adalah ketika seorang penjahat Arab berpedang besar mengayunkan pedangnya (memamerkan skill pedangnya) bersiap menghabisi Indy, namun kemudian dengan santainya Indy mengeluarkan pistol lalu menembak penjahat tanpa mengeluarkan ekspresi sedikitpun seolah tidak terjadi apa-apa. Sungguh mengundang tawa.

 V For Vendetta
Gambar : moviefone.com
6. V
Played By : Hugo Weaving
Appearance: V for Vendetta (2005)
Why : ---------------Minor Spoiler Alert------------Sudahkah anda menonton V for Vendetta? Kalo belum buruan deh nonton, kalo udah nah apa pendapat kalian mengenai V? apakah kalian menganggap V adalah sosok yang gila dan bertopeng aneh, lihai bertarung, radikal, sadis dan brutal? Ya itu benar, but V is far more beyond than that, siapa sih V yang sesungguhnya? Dari awal V selalu memakai topeng Guy Fawkes (seorang Radikal yang pada tahun 1605 berencana meledakkan Parlemen Inggris) V bukan ingin menjadi Fawkes, V ingin melebihinya, V adalah representasi dari Fawkes yaitu pemberontakan dan ideologi, namun lagi V tidak hanya soal pemberontakan, kita bisa lihat dari nama V. V bukanlah nama melainkan sebuah huruf, yang merupakan plesetan dari V for Victory yang merupakan slogan PD II, disini diubah menjadi Vendetta, kita tau kalo huruf V merupakan permainan kata dari sang pengarang Alan Moore dalam memberikan Hint siapa V sesungguhnya, V pertama kali memperkenalkan dirinya sebagai Villain (penjahat) pada Evey (Portman), V for Villain. Layaknya penjahat yang merupakan musuh dari Norsefire, V juga dapat diartikan lima dalam angka Romawi berdasarkan sel tempat dia dikurung sewaktu dia disiksa secara fisik dan mental oleh Norsefire, V juga dapat diartikan Victim (korban) dimana dia disiksa dan dipenjara di Larkhill. Lalu ada pula Valerie’s Letter (surat Valerie), sebuah persona yang amat penting dalam hidup V yang merubahnya seperti sekarang, dan mungkinkah V adalah Valerie? Namun melihat percakapan dan gesture dari V yang selalu diacukan “He”, maka positif V bukanlah Valerie, apa mungkin V adalah ayahnya Valerie? Namun yang terakhir adalah dimana Evey berubah menjadi V, V for Evey, dimana V adalah sebuah kekuatan, instrumen penghancur dan pembunuh, the Next V akan menjadi guru dan pembangun, maka tujuan dari V telah selesai.


Dibalik dari karakter yang multilayer dan semua pemberontakan yang diperbuatnya, V mengingatkan kita akan identitas, kebebasan, harga diri, dan semua hal yang kadang kita lupakan, dimana manusia apabila dihadapkan kepada hal seperti teror, perang, konflik maka seperti yang V bilang bukannya menanggapinya dengan keteguhan hati namun kita menanggapinya dengan rasa takut, dimana dalam hysteria dan ketakutan kita, kita mulai membranding suatu etnis atau agama, atau kelompok, kita mulai menuntut kepada Pemerintah untuk memberikan keamanan. Namun apa apa yang diberikan? Hanyalah false sense of security dengan timbal balik kita harus menuruti dan memakan mentah-mentah apa yang dikatakan oleh pihak otoritas, selanjutnya adalah tirani dan pembodohan (mirip di Indonesia bukan?) apakah mungkin kita harus memiliki sosok V bagi kita sendiri? or Indonesia sudah punya (malah banyak), namun apakah V itu seperti V yang disini? memperjuangkan kebebasan kita? Atau mereka memiliki agenda yang berbeda? Kalianlah yang mampu menilai.


See, V for Vendetta ga hanya aksi keren dan efek menawan serta Dystopian action, V for Vendetta is far more beyond that you can see.(Woohooo..ini mah udah lebih dari sekedar profil V, haha..but really damn good bro, and hell yeah..these are why V For Vendetta is The Best Movie I Ever Seen, liat profil ane di blog, haha... Sosok V yang outstanding! Indonesia punya V? Jauhhhh...V-V-an yang punya agenda sih banyak, tapi yang pure V sih nihil. Memorable scene ane juga number one nya disini, saat mendengar hentakan kaki para warga yang mengenakan kostum V dan berjalan menuju pusat kota yang dikawal militer, uukkhh..bedesir kalo kato wong jambi tu, dan satu lagi yang menarik ada quote dari temennya Natalie Portman itu "I didn't have to be Muslim to find the images beautiful, or its poetry moving" - dia non muslim mengoleksi Al-Qur'an.

5. Frank Lucas
Played By : Denzel Washington
Appearance: American Gangster (2007)
Why: Adalah sosok yang benar-benar ada di kehidupan nyata, Frank adalah bandar narkoba yang beroperasi dalam kurun waktu 1960 sampai dengan 1970 di daerah Harlem. Sejarah kehidupan Frank di filmkan dalam sebuah film Crime Biopic yang berjudul American Gangster (2007). Dari sinilah kita mengenal sosok Frank Lucas yang dikenal dengan memotong “perantara” yang artinya Frank membeli langsung narkoba dari sumbernya di daerah segitiga Emas, menyelundupkannya ke Amerika dan menjualnya langsung sebagai tangan pertama, ini lah kenapa Narkoba milik Frank adalah Narkoba dengan kandungan paling murni serta harga paling murah pada saat itu, sehingga dampak destruktif yang ditimbulkan benar-benar luar biasa. Lucas, Roberts  dan para karakter yang ada di dalam film banyak menyanggah kebenaran dari film ini, mereka menyebutnya “satu persen realita, dan 99 persen Hollywood. Namun akting Denzel menghidupkan karakter Lucas memang luar biasa, membuat penonton menganggap sosok Lucas adalah Penjahat yang berkarisma, mulia namun kejam dan tak pandang bulu.

 Don Vito
Gambar : everplans.com
4. Don Vito Corleone
Played By: Marlon Brando (Old Vito) & Robert de Niro (Young Vito)
Appearance : The Godfather Part I and Part II
Why: Salah satu karakter yang paling ikonik dalam perfilman Hollywood terutama di genre film gangster, The Godfather adalah film gangster pertama yang disutradari, ditulis serta diperankan oleh orang Italia. Sehingga unsur dan aura realisme dalam film ini benar-benar terlihat dan terasa oleh penonton. Vito Corleone (Brando version) merupakan sosok Don yang amat berkuasa, berwibawa, disayang sekaligus ditakuti oleh orang-orang disekitarnya, dengan suara khasnya yang agak serak dan inaudible membuat Vito menjadi kiblat dan patokan dari seorang pemeran Don, dan konon aktingnya hampir menyamai sosok Bos dari Crime family yang sesungguhnya. Sedangkan Vito (De Niro version) sama luar biasanya, perjalanan dari seorang ayah yang berjuang menghidupi anaknya sampai pada puncaknya Vito muda membentuk takdirnya sendiri dengan mengeksekusi seorang Bos kecil di daerahnya Don Fanucci.

 Jack Sparrow

3. Captain Jack Sparrow
Appearance : Pirates Of Carribean Saga
Played By: Johnny Depp
Why : Inilah Bajak Laut paling unik dan eksentrik, yes Captain Jack Sparrow, kapten bajak laut tak berkapal tak berawak yang hanya memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu kembali memiliki kapal dan memiliki awak serta mengembalikan statusnya menjadi seorang kapten Bajak Laut (walau dia selalu berakhir tetap tak berkapal dan berawak hehehehe). Tingkahnya yang komikal, cuek, apatis, egois, narsis namun kocak dan (sebenarnya) baik hati membuat Jack dengan cepat dicintai oleh masyarakat pencinta film. Kelakuan Jack juga sangat Unpredictable, aksi kaburnya yang akrobatik seperti menjadi ciri khasnya, namun pada satu waktu Jack beraksi di luar dugaan kita semua. Disaat kita menduga Jack adalah orang yang baik hati dan boom, dia mampu bertindak sekehendak hatinya serta menghalalkan segala cara demi tujuan yang dia idamkan. Belum lagi “Weird Charm” dari seorang Sparrow yang terkadang tak tahu malu serta mengundang gelak tawa penonton menjadikan karakter ini selalu jadi pusat perhatian dan nyawa dalam Pirates Of Carribean. Andaikan Jack dihapus dari saga ini, entah bagaimana jadinya.

 Joker Heath Ledger
Gambar : pinterest.com

2. Joker (Heath Ledger Version)
Appearance : The Dark Knight
Played By : Heath Ledger
Why: Kalo The Dark Knight Trilogy adalah Kuil Pencapaian dari sebuah film superhero di era modern Pop Culture, maka Joker adalah Dewa nya, I have to say this, boleh aja Marvel Cinematic Universe memiliki bejibun film yang laris manis, karakter yang dicintai oleh publik atau Franchise seharga triliunan dollar, namun tak ada satu pun karakter yang ada di Universe itu mampu menyaingi pesona dari karakter Joker, ow yeah Nolan bersama Ledger membawa Joker kepada tingkatan baru, dan membuat standar yang begitu tinggi, bahkan tidak ada seorang pun yang memiliki skill atau kualitas untuk memainkan karakter ini dengan tingkat yang serupa (paling ga untuk saat ini, Leto kemaren? Ow come on, are you kidding me, tatto tulisan Damage di kening ga akan bikin Lu mampu melebihi Joker nya Ledger).


Semua tentang Joker di The Dark Knight akan membuat kita tertawa, takjub bahkan tak menyangka, tingkahnya memang benar-benar layaknya anjing gila yang mengamuk dan mengacaukan seisi kota dengan permainan destruktif plus psikologi yang diciptakan dari otak gila nya. Gaya nya, aksinya, gimmick yang dimilikinya benar-benar luar biasa ditambah elemen realistis dan believeable yang diberikan pada karakter ini. Aksi perampokan pada prolog, membakar uang segunung milik mafia cuma karena dia “ingin”, meledakkan rumah sakit, bom di dua kapal (one of my Favorite) dimana disini dia menggali dengan dalam rasa empati manusia dan ingin memperlihatkan apa sisi kegelapan atau kemanusiaan yang dominan pada diri manusia plus sulap “pensil menghilang” (damn) deeply dark and very unpredictable. Joker benar-benar menebarkan Anarki di kota Gotham dan penggambarannya pun luar biasa, dimainkan dengan sangat Brilian oleh Ledger, dan di segel dengan Oscar pada Best Supporting Role walau diberikan Posthumously alias setelah Ledger meninggal, dan menjadikannya satu-satunya aktor yang mendapatkan Oscar dalam memerankan tokoh di film Superhero.

 Prof. Hannibal Lecter
Gambar : pinterest.com
1. Professor Hannibal Lecter
Appearance : Hannibal Lecter Series
Played By: Anthony Hopkins
Why : And the champion goes to……(drum sound)…..yes, the devil himself, Professor Hannibal Lecter. Ini lah sosok yang paling pantas bercokol di puncak list ini. Hannibal adalah sosok yang kejam, gila, biadab, dingin, emotionless, dia hobi membunuh dan memakan korbannya, tapi gilanya dia melakukan semua hal itu dengan “Style” dan anggun. Hannibal tidak perlu menjelaskan dirinya kepada audience, atau melakukan over ekspose kebrutalan yang dimilikinya, sorot matanya mampu membuat kita bergidik. Tidak seperti pembunuh dan psikopat lain yang penyendiri dan introvert, Hannibal adalah pribadi yang mempunyai reputasi besar dalam lingkaran sosialnya, dia adalah kaum akademisi, seorang pakar psikologi yang jenius dan brilian. Pernah sekali dia menonton grup orkestra, salah satu pemain violinnya memainkan not yang keliru dan terdengar fals, apa yang Hannibal lakukan? Dia menculik, membunuh sang violinis lalu memotongnya, dan memilih dagingnya untuk dimasak hidangan ala prancis, lalu masakan itu dia hidangkan kepada teman-temannya yang merupakan kaum borjuis. Yes, Hannibal memang berkelas, he’s the Ultimate Beautiful killing machine. 

1 comment:

  1. Snape dibawah Voldy? ohhh nooooo and Joker as runner up? penasaran saya film si Lecter nih uhhhhh keren bro kerennn, eh Om Boy, gimana kalo kita buat juga list kayak gini yuk? tapi saga Harry Potter aja? hehehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...