Friday, March 4, 2016

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Film Batman vs Superman (Preview By Chanriatno Saputra - JMFC 001)

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Film Batman vs Superman (Preview By Chanriatno Saputra - JMFC 001)


Jika ditanya kepada seluruh manusia yang ada di bumi ini pertanyaan “Sebutkan 2 tokoh superhero yang paling terkenal?”, saya yakin jawaban yang paling banyak muncul adalah nama Superman dan Batman. Mereka berdua adalah ikon superhero sepanjang masa. Anak kecil maupun orang dewasa dan orang tua, sangat familiar dengan mereka. 


Nah tahun ini, kedua tokoh pembela kebenaran tersebut akan bertemu dalam sebuah sajian super-mega “Blockbuster Movie” berjudul Batman v Superman – Dawnn Of Justice. But, yang perlu menjadi perhatian utama adalah sebagaimana tercantum huruf “V” disana, itu menandakan bahwa mereka tidak berada dipihak yang sejalan. Mereka akan berlawanan, ada apa dengan mereka? Kenapa orang-orang baik seperti mereka harus bertarung? Apa yang sebenarnya terjadi? Nah untuk mengetahui seluk-beluk apa saja tentang film itu nantinya, disini akan saya beberkan beberapa penjelasan dan petunjuk untuk pengetahuan anda menonton filmnya yang akan rilis 25 Maret nanti.
Sebelumnya jika mau liat trailer awalnya, klik disini : Trailer Batman v Superman

Warning! Spoiler Alert!
Karena ini artikel yang berisikan petunjuk-petunjuk, maka bisa saja menjadi spoiler atau bocoran cerita yang dapat merusak mood dan rasa penasaran kamu untuk menontonnya nanti, so be wise ya kalo emang mau baca ini dengan resikonya sendiri ya monggo diteruskan, jika tidak, close artikel ini, cuci kaki, sikat gigi dan pergi bobo’, hehe....

Mukadimah Justice League
Film ini memang berpusat pada perselisihan antara The Caped Crusader melawan Man Of Steel itu, tapi nih film ini bukan hanya sekedar itu aja, film ini berkewajiban untuk memperkenalkan sesuatu yang lebih major lagi, yaitu Justice League. Apa itu Justice League? Simplenya itu adalah The Avengers-nya versi DC Comics. Justice League adalah sebuah tim superhero, membernya adalah Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern, Aquaman dan Cyborg. Ketujuh superhero itu nanti akan berkumpul dalam 1 film berjudul The Dawn Of Justice League tahun 2017 nanti. Sekarang diguyur dulu dikit-dikit, perkenalan tiga superhero dulu di film ini : Batman, Superman dan Wonder Woman.

 
Ada Wonder Woman Juga
Iya, Wonder Woman juga akan ikutan bertemu kedua cowok macho tadi guys. Wonder Woman bukanlah manusia biasa. Ia telah hidup selama kuran lebih 5.000 tahun, what??? Iya, dah tuir banget kan, tapi masih awet muda dan cuantik guys, haha... Pemerannya adalah Gal Gadot, cewek cantik dan kurus di film Fast Furious 6 yang rela fitness gemukin badan. “The Amazonian Princess” ini mempunyai kekuatan super pada umumnya yang melebihi manusia biasa, tapi yang paling menjadi andalan adalah bahwa ia merupakan petarung yang handal, skill beladiri dan seni pedangnya mumpuni. Dari luar doski memang tangguh, namun didalamnya ia merupakan orang yang lembut, punya emotional intelligence yang baik, dan paham urusan duniawi. Trus ngapain dia disana? Tepe-tepe ya? Belum tau sih ngapain, selama ini ia menyamar sebagai “dealer” barang-barang antik, tapi yang pasti dia akan melawan kejahatan, siapa yang jahat dilibas. Hayo..kamu jangan jahat-jahat ya.

Ini Bukan Sekuel Man Of Steel
Memang sih tokoh yang di film Man Of Steel-nya muncul juga disini, seperti Clark Kent yang diperankan oleh Henry Cavill dan Louis Lane oleh Amy Adams, setting waktunya juga memang setelah event di film Man Of Steel, tapi film ini bukanlah kelanjutannya, karena film ini bukan film tentang Superman doank, kan ada Batman dan Wonder Womannya juga, film ini merupakan ekspansi ke universe yang lebih luas lagi, nanti diparagraf lain saya beberkan universenya ya, sabar.

Superman dan Batman Adalah “Tetangga”
Maksudnya adalah kota tempat mereka berdomisili adalah kota yang berdekatan seperti kota tetangga, Gotham City kampungnya Batman dan Metropolis City rumahnya Superman. Jadi wajar saja kalo mereka cepat atau lambat pasti bertemu. Kalo ngga di mesjid pas tarawehan ya pas arisan bulanan RT. Kalo kalian mau ke kota itu, kalian bisa naik armada Turkish Airlines, sponsor resmi film Batman vs Superman. Liat iklannya disini : Terbang ke Gotham City Bersama Turkish Airlines




Superman Menjadi Dewa Sekaligus Monster Di Metropolis
Berkat kemampuan supernya, Superman dipuja-puja dan dianggap dewa oleh sebagain penduduk yang kagum atas jasanya menolong manusia. Tapi, ia juga dianggap sebagai false god, ia dianggap sebagai monster yang dapat menghancurkan seluruh ras manusia dalam sekejap. Hal ini dikarenakan dalam perkelahiannya melawan Jenderal Zod di film Man Of Steel, Superman secara tak sengaja telah terlalu banyak menghancurkan infrastruktur kota. Hal ini lah yang juga membuat Bruce Wayne a.k.a Batman terprovokasi untuk battle menantang Superman demi mencegah kehancuran yang lebih banyak lagi oleh perbuatan alien dari Cryptonite ini. Well, rada-rada mirip ama konflik The Avengers - Civil War di Marvel Cinematic Universe ya.



Batman Udah Tua
Ya, Batman disini adalah Batman versi tua. Bruce Wayne yang diperankan oleh aktor ternama sekaligus sutradara peraih Best Picture Piala Oscar, Ben Affleck, adalah seorang pengusaha kaya raya yang menyamar sebagai “aparat” penegak hukum di Gotham City dan menangkap para kriminil. Batman veteran ini telah capek dengan segala masalah yang ada di kota, termasuk yang terakhir masalah kemunculan Superman ini yang membuat ia berang. Wohooo....om Bruce Wayne marah. Tapi sayang menurutnya ia semakin tua dan semakin lambat. Tapi jangan pernah sekalipun sebut dia “Old Man” ya, karena Om Igun pasti tau jawabannya, haha...

Lex Luthor Termasuk Salah Satu Masalah
Selain masalah perselisihan antara Bat Of Gotham versus Son Of Crypton, ada pula masalah lainnya menghampiri mereka. Jesse Eisenberg yang kita kenal baik lewat perannya sebagai pencipta Facebook, Mark Zuckerberg dalam film The Social Network, kali ini memerankan seorang pengusaha pimpinan Lex Corporation yang psikopat yang susah ditebak bernama Lex Luthor. Ia kenal dengan Clark Kent dan Bruce Wayne, begitupula sebaliknya. Tapi ia mempunyai obsesi proyek gila dengan menciptakan super monster bernama Doomsday.

Doomsday : Superman Is Dead?
What? Really? I don’t know apakah di film ini Doomsday dapat membuat Superman mati. Saya juga baru tau mengutip dari ucapan temen saya, aduh lupa siapa yang ngomong sama saya itu kemarin-kemarin bahwa nama band asal Bali, Indonesia, “Superman Is Dead”, itu muncul di tahun 90an saat dunia lagi heboh-hebohnya mengetahui di komiknya Superman mati. Dan siapakah yang membunuhnya? Doomsday. Dah kebayangkan sekuat apa monster ini, wong Superman yang kita anggap paling kuat aja bisa dibunuhnya.

Alfred, Louis Lane, Cyborg, Mercy Graves, Aquaman, Flash, Robin dan Batgirl
Adalah tokoh-tokoh penting lain yang ada dalam film ini. Alfred yang kita kenal sebagai pelayan di rumah Bruce Wayne, disini mendapatkan porsi yang lebih tak hanya sebagai pelayan, diperankan oleh Jeremy Irons, Alfred disini juga asisten teknis dan non teknis Bruce Wayne. Ciyeh..om Alfred naik jabatan.
Tak lupa juga ada pacar Superman, Louis Lane, masih bekerja di media cetak Daily Planet.


Kemudian Cyborg, atau nama aslinya Victor Stone (Ray Fisher) adalah termasuk salah satu pendiri Justice League. Sesuai dengan julukannya, Cyborg, tokoh yang satu ini merupakan Cybernetic-Organism yang berarti tubuhnya adalah setengah manusia setengah robot, ya kayak Robocop gitu. Selanjutnya ada pengawal pribadi Lex Luthor, wanita asia dengan skill combat tinggi, Mercy Graves (Tao Okamoto).


Lalu adanya kemungkinan cameo sekilas dari Aquaman (Jason Mamoa) dan The Flash (Ezra Miller). Namun sayang, penampakan Green Lantern masih jauh, karena mungkin dia sedang sibuk syuting Deadpool di PH tetangga ya, haha.... *if you know what i mean*

Selain mereka tadi, masih ada lagi nih guys, Robin, yang kalian tau adalah seorang partner Batman dalam aksinya, exist di universe ini, kalian bisa liat kostumnya yang disimpan Batman,, liat logo "R" nya di dada kirinya, but sepertinya si Jason Todd a.k.a Robin ini telah wafat, hiks...siapa yang bunuh? Kalo memang benar, sepertinya gawean Joker nih, karena ada tulisan gravity di kostum Robin tersebut “Ha..ha..ha..Jokes on you, Batman”. Terakhir, telah beredar foto tentang Jenna Mallone (The Hunger Games) dengan rambut merah di lokasi syuting, apakah ini pertanda ia dapat peran Batgirl?

Batman lawan Superman, imbangkah?
Tentu kita bertanya-tanya, Batman kok berani lawan Superman? Yang jelas-jelas Batman adalah manusia biasa tanpa kekuatan super dan Superman adalah manusia super disegala hal, bisa membunuh Batman dalam sekejap mata dan hanya sejentikan jari*. Wuuzzz.... Tapi ada tanda bintangnya guys, kecil pula diujung kalimat, kayak iklan, syarat dan ketentuan berlaku. Apa itu?


Syarat dan ketentuannya adalah kekuatan Superman hanya berlaku diluar Planet Krypton. Mengetahui hal ini, tentu Batman tak sebodoh itu toh maen langsung lawan aje, kalo bodoh ga mungkin dia bisa jadi kaya dan punya peralatan canggih. Dengan apa yang dia punya, Batman membuat kostum khusus untuk melawan Superman, dan gosipnya (dan mungkin tentu faktanya), kostum tersebut mengandung unsur batu Krypton. Liat aja tuh pukulan Superman mampu ditahan Batman.
Woho...bagi kamu yang lupa, ini saya ingatkan, Superman kan berasal dari planet Krypton, jadi nih kalo dia berada didekat batu Krypton, batu yang berasal dari planetnya (atau batu yang mempunyai unsur mirip), maka kekuatan supernya tak berlaku. Saat itulah Batman dapat mengalahkan Superman dalam combat-fighting yang jelas Batman unggul, karena Bruce Wayne telah dilatih guru beladiri hebat, Ras Al-Ghul.


Villain Yang Lebih Besar
Film ini bener-bener dahsyat dah, banyak membuka gerbang untuk universe yang lebih luas lagi. Dalam trailer, jika kita lebih jeli dan teliti, ada adegan yang memberi petunjuk kepada villain (musuh) yang lebih besar lagi dalam DC Comics Universe. Siapa dia? Dia adalah Darkseid. Adanya kemungkinan Darkseid masuk ke dalam cerita DC Comic Extended Universe ini di film berikutnya. Mengutip dari kata temen kita Tafta, Darkseid adalah musuh kuat dalam DC Comics, ia pemimpin planet Apokolips, punya kekuatan super level dewa plus telekinetis dan teleportasi. Nah dari trailer ada penampakan makhluk terbang seperti kelelawar besar yang diprediksi sebagai pasukan Parademons milik Darkseid., lalu ada simbol omega juga yang identik dengan Darkseid. Kalo ini benar, maka bisa jadi bumi adalah target Darkseid berikutnya, huuu...serem...
 

Okeh...itulah hal-hal yang perlu kamu tau ya mengenai film terheboh tahun ini, Batman v Superman - Dawn Of Justice. Disutradarai oleh Zack Snyder, sutradara Man Of Steel kemarin, film ini direkam dengan menggunakan kamera canggih IMAX, akan tayang 25 Maret 2016 nanti. Ayo kita nonton bareng, bersama kami Jambi Movie Freakers Community (JMFC), rame-rame, silaturahmi sesama anak Jambi yang hobi nonton film. Infonya nobarnya klik disini : Nobar Batman v Superman.
Miris ya melihat superhero kita kok pada berantem sih, hiks...
Kalo mau liat final trailernya, klik disini : Trailer Final Batman v Superman.
Menurut kalian, siapakah yang akan menang? Batman atau Superman? Vote klik : disini ya, dipojok kanan atas. Thank you.
(JMFC 001 - Om Chan)


3 comments:

  1. Thank you infonya om chan. Jadi lebih ready nonton filmnya nanti. Semoga durasinya yang 2 jam 31 menit ga bikin boringnya. Tapi kalau melihat banyaknya element DC Universe yang dimasukin ke film ini kayanya 2 jam 31 menit bakalan kurang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om klo film bgus bgni gpp lama2 haha..

      Delete
  2. Asyiiiikkkk..... Saatnya Kita nonton...
    Mudah2n seru dan sesuai yang diharapkan....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...