Wednesday, October 26, 2016

Suka Dengan Harry Potter? Wajib Nonton Installment Baru Film Dunia Sihir : Fantastic Beasts And Where To Find Them (Preview By Boy – JMFC 030)

Honestly.. saya ga pernah membuat preview film sebelumnya. Namun oleh agent 001 a.k.a Om Chan, saya “dipaksa” untuk membuat preview film ini karena saya suka dengan dunia Harry Potter dan film ini berada di alam yang sama dengan Harry Potter, hanya waktunya saja yang beda, berada di masa sebelum Harry Potter hidup (semi prequel).

 Harpot Fanbests
Gambar : dailydot.com

So, kalau ada kata-kata atau kalimat yang tidak tepat dimaklumin aja ya.. namanya juga belajar. Nah.. sebelum kita nonton film ini di bioskop pada pertengahan bulan November nanti. Mari kita lihat dulu apa-apa yang harus kita ketahui tentang film ini supaya waktu nonton ga bingung-bingung amat.Kalo mau liat trailernya, klik disini : Trailer 1 Trailer 2.
So.. Witches and Wizards. Get your wand ready.. we will light you up..

SINOPSIS
Ada bahaya yang sedang merebak di dunia sihir New York pada tahun 1926. Sesuatu yang misterius meninggalkan jejak-jejak kehancuran di jalanan. Mengancam akan mengungkapkan keberadaan komunitas sihir kepada Second Salemers yaitu sekumpulan No-Maj (sebutan untuk orang-orang yang tidak memiliki kemampuan sihir, di Inggris mereka disebut Muggle) yang bertekad memberantas komunitas penyihir.
Dan berbarengan pada masa ini, penyihir jahat yang sangat kuat Gellert Grindelwald menghilang setelah mendatangkan malapetaka besar di Eropa. Dan sekarang keberadaannya tidak diketahui. Bagi potter mania mungkin nama Gellert Grindelwald tidak asing lagi. Dia adalah sahabatnya Albus Dumbledore semasa muda dan berubah menjadi Penyihir Jahat setelah mencuri tongkat sakti Elder Wand (sempat dibahas dalam film Harry Potter and The Deathly Hallows).

Grindelwald

Tanpa mengetahui ketegangan yang sedang meningkat, Newt Scamander pergi ke New York, dipenghujung perjalanannya dalam rangka penelitian dan penyelamatan hewan-hewan ajaib. Beberapa diantara hewan-hewan tersebut terlindungi dalam koper ajaibnya yang memiliki dimensi tersembunyi. Tapi bencana muncul ketika seorang No-Maj bernama Jacob Kowalski secara tidak sengaja melepaskan beberapa hewan ajaib. Ini merupakan ancaman serius untuk Undang-undang Kerahasiaan Sihir. Melihat hal ini, Tina seorang mantan Auror (semacam polisinya penyihir) ikut terlibat dalam penyelesaian kasus ini untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai Auror. Namun keadaan berubah ketika Percival Graves, Director of Magical Security malah mencurigai Newt dan Tina.

Sekarang.. Newt, Tina, Queenie (kakaknya Tina) dan Jacob bersama-sama harus mencari kembali hewan-hewan yang lepas sebelum mereka menyebabkan bencana. Namun taruhannya semakin tinggi dari yang mereka bayangkan setelah mereka dicap sebagai buronan. Misi mereka berada pada jalur yang sama dengan kekuatan jahat yang mungkin membawa dunia Penyihir dan dunia No-Maj diambang perperangan.

Karakter yang terlibat dalam Film Fantastic Beasts and Where To Find Them

 Fanbeasts character
Gambar : playbuzz.com

Newt Scamander
Newt Scamander (Eddie Redmayne) adalah seorang siswa dari Hogwarts yang dikeluarkan karena membahayakan orang dengan mahluk buas. Nama aslinya Newton Artemis Fido Scamander. Newt memiliki ketertarikan terhadap hewan-hewan ajaib. Dan sekarang menjadi seorang magizoologist (Ahli hewan-hewan ajaib). Datang ke New York dalam rangka penelitian dan penyelamatan hewan-hewan ajaib. Hasil penelitiannya ini nanti menjadi buku bacaan wajib sekolah sihir Hogwarts yang judulnya diangkat menjadi film ini : Fantastic Beasts and Where To Find Them.


Porpentina Goldstein
Porpentina Goldstein (Katherine Waterston) adalah seorang mantan Auror di Kongres Sihir Amerika (MACUSA =Magical Congress of United State of America). Dia diturunkan jabatannya karena penggunaan sihir yang tidak diotorisasi oleh MACUSA. Tina sangat ingin membuktikan kepada MACUSA bahwa ia pantas menjadi Auror dibandingkan harus bekerja di kantor. Tina bersama dengan Newt Scamander berusaha untuk menangkap hewan ajaib yang lepas.


Jacob Kowalski
Jacob Kowalski (Don Fogler) adalah seorang veteran perang dunia pertama yang bekerja di pabrik pengalengan. Beliau bercita-cita ingin menjadi seorang Baker. Jacob adalah seorang No-Maj (orang yang tidak memiliki kemampuan sihir), bertemu dengan Newt di New York dan ia tidak sengaja melepaskan hewan-hewan ajaib dari koper Newt. Dan ia juga membantu Newt kembali untuk menangkap hewan-hewan tersebut.

Queenie Goldstein
Queenie Goldstein (Alison Sudol) adalah adik dari Tina Goldstein. Seorang penyihir yang berjiwa bebas. Tidak terlalu peduli dengan karirnya. Sangat setia terhadap kakaknya. Dan dia mempunyai kemampuan Legilimens atau bisa membaca pikiran. Kemampuan yang sama juga dimiliki oleh beberapa penyihir terkenal seperti Voldemort, Severus Snape dan Albus Dumbledore.

Seraphina Picquery
Seraphina Picquery (Carmen Ejogo) adalah Presiden dari MACUSA (Kongres Sihir Amerika). Kalau di Inggris disebutnya Ministry for Magic atau Kementrian Sihir dan dipimpin oleh seorang Mentri Sihir. Dia merupakan seorang penyihir yang kuat dan hebat, sangat mendedikasikan dirinya dalam menjaga kerahasiaan komunitas sihir di Amerika. 

Mary Lou Barebone
Mary Lou Barebone (Samantha Morton) adalah seorang No-Maj pemimpin fanatik dari Second Salemers. Beliau mendedikasikan dirinya untuk menemukan dan menghancurkan komunitas penyihir. Mary juga membawa 3 orang anaknya dalam perjuangannya untuk menghancurkan komunitas sihir. 

Credence Barebone
Credence Barebone (Ezra Miller) merupakan salah satu anak Mary Lou Barebone. Dia sangat pemalu dan sangat takut dengan ibunya. Merupakan satu-satunya anak laki-laki Mary. Sifat pemalu dan menarik diri  ini yang membuat dirinya gampang dimanipulasi oleh Percival Graves.

Percival Graves
Percival Graves (Collin Farrel) adalah Director of Magical Security. Merupakan salah seorang pejabat tinggi di MACUSA. Tugasnya menjaga Undang-undang Kerahasiaan Sihir International. Graves merupakan Auror tangan kanan dari Seraphina dan dia ditugaskan untuk melakukan investigasi dan melacak hewan-hewan yang lepas dari koper ajaibnya Newt Scamander.

Gnarlak
Gnarlak (Ron Perlman : suara) adalah Goblin Gangster yang menguasai Harlem. Gnarlak menjalankan bisnis bar yang menjual minuman beralkohol di new York. Pada zaman itu menjual minuman beralkohol sangat dilarang. Well.. tak banyak yang diketahui tentang Gnarlak ini. Maybe we should wait for the movie hehehe..

Ok.. cukup tentang karakter-karakter yang terlibat dalam cerita ini. Next.. yang menjadi judul dari film ini sendiri “Fantastic Beasts” mari kita kupas apa saja hewan ajaib yang muncul disini. Saya menterjemahkannya sebagai “hewan ajaib”, karena tidak semua mahluk sihir yang ada disini ataupun di bukunya merupakan “beast” (hewan buas). Sebagian besar mereka hanya memiliki kemampuan ajaib dan tidak buas.

THE BEASTS

NIFLER
Nifler ini seperti perpaduan tikus mondok dan mulut seperti bebek. Niffler suka benda-benda berkilau seperti perhiasan. Benda-benda berkilauan yang dicurinya disimpan dalam kantong yang terdapat diperutnya. Perutnya bisa menyimpan banyak benda-benda berkilauan walaupun kelihatannya perutnya kecil. Hampir sama dengan kantong ajaibnya Hermione di film Harry Potter and the Deathly Hallows, semua barang muat disana.

NUNDU
Dibukunya dideskripsikan sebagai macan tutul raksasa. Tapi dalam film ini penggambarannya lebih seperti singa. Terutama ketika bagian lehernya digembungkan seperti ikan kembung. Nafasnya bisa menimbulkan penyakit mematikan yang bisa menghabisi satu desa. Hewan ini juga susah ditangkap. Dibutuhkan lebih kurang 100 penyihir bekerjasama untuk dapat menangkapnya. Nah jadi pertanyaan.. gimana caranya Newt Scamander bisa dapatin Nundu. Gimana caranya Nundu bisa ada didalam koper ajaibnya ya? 

 Thuender bird
Gambar : inverse.com
THUNDERBIRD
Kalau dilihat sekilas Thunderbird mirip dengan phoenix. Hanya warnanya lebih cerah. Sesuai dengan namanya, burung ini bisa mendatangkan badai dan dia juga bisa merasakan datangnya bahaya. Bulu ekornya sering digunakan untuk membuat tongkat sihir.


SWOOPING EVIL
Hewan besar bersayap warna biru dan hijau. Bentuknya perpaduan reptil dengan cara terbang seperti kupu-kupu. Ketika tidak terbang dia berbentuk kepompong kecil. Hewan ini bisa menghisap otak manusia. Tergolong berbahaya. Swooping Evil juga menghasilkan racun yang bisa menghilangkan ingatan buruk. Ada gunanya juga yah..

OCCAMY
Bentuk Occamy menyerupai persilangan antara naga dan burung dan menetas dari telur yang terbuat dari perak, dan karena itu sangat berharga. Akibatnya, makhluk ini sangat protektif terhadap telur-telurnya dan bisa sangat agresif terhadap siapa saja yang mendekatinya terlalu dekat. Occamy memiliki kemampuan Choranaptyxic artinya dia bisa membesar atau menyusut sesuai dengan tempat yang dimasukinya. Makanya bisa sangat berbahaya kalau lepas ketempat terbuka.

DEMIGUISE
Makhluk kecil ini terlihat seperti orang utan berbulu perak dengan mata yang sangat besar. Keunikannya terletak pada kemampuannya untuk menghilang dan kemampuan untuk melihat hal-hal yang akan terjadi. Sehingga susah untuk ditangkap, diperlukan tindakan-tindakan yang tidak terduga untuk mendekatinya. Bulu tebalnya bisa dipintal untuk membuat jubah gaib (seperti yang dimiliki Harry Potter).  Demiguise pada dasarnya hewan yang tenang, tetapi jika merasa terancam gigitannya cukup ganas.

BILLYWIG
Billywig berasal dari Australia. Berbentuk serangga yang sangat cepat sehingga jarang kelihatan oleh orang biasa ataupun penyihir. Berbeda dengan kebanyakan serangga sejenisnya, sayap Billlywig melekat ada kepalanya dan berputar ketika terbang (seperti helikopter). Billywig memiliki sengat yang tajam dibawah badannya seperti lebah. Kalau tersengat Billywig pertama korban akan merasa pusing dan diikuti kemudian badannya melayang selama beberapa hari. Oleh karena ini beberapa penyihir sengaja mengganggu mahluk kecil ini supaya kena sengat dan merasakan sensasi melayang. Walaupun resikonya jika tersengat cukup banyak bisa terbang tidak terkendali selama berhari-hari.

 Graphorn

GRAPHORN
Pada bukunya Graphorn dideskripsikan sebagai hewan besar berpunuk dengan kulit berwarna ungu keabu-abuan. Kulitnya lebih tebal dari naga dan kebal dari beberapa jenis mantra. Graphorn memiliki 2 tanduk emas. Dan memiliki 4 kaki yang besar. Graphorn hewan yang agresif dan berbahaya. Sering terlihat di pegunungan di Eropa. Dalam film ini penggambarannya agak berbeda. Karena Graphorn terlihat memiliki 3 tanduk dikepalanya dan beberapa tanduk lebih kecil dibagian belakang lehernya serta mulut berupa beberapa tentakel seperti gurita.

ERUMPENT
Hewan ini memiliki penampakan yang mirip sekali dengan Badak. Kulit Erumpent juga kebal terhadap mantra dan guna-guna. Erumpent biasanya tidak menyerang jika tidak terprovokasi. Kalau dia sudah menyerang hasilnya bisa bencana besar. Tanduknya mengandung cairan berbahaya yang bisa membuat apapun meledak jika terkena. Oleh karena itulah penyihir di Afrika sangat berhati-hati jika menghadapi Erumpent. Mereka memperlakukan Erumpent dengan hormat. Fun Fact : jumlah Erumpent tidaklah banyak. Karena pejantannya sering kali meledak pada saat musim kawin. Betinanya ganas-ganas sepertinya hahaha...

BOWTRUCKLE
Hewan pemakan serangga ini berbentuk seperti pohon kecil. Sehingga sulit dikenali kalau dia berada pada sebatang pohon. Bowtruckle melindungi pohon tempatnya tinggal. Biasanya pohon tempat tinggal Bowtruckle adalah pohon yang bagus digunakan untuk tongkat sihir. Jika pohon tempat tinggalnya ditebang, Bowtruckle akan menyerang mata orang yang menebang pohon dengan cara menusuk mata mereka dengan jari-jarinya yang panjang. Oleh karena itu penyihir biasanya memancing Bowtruckle dengan kutu pohon supaya bisa mengambil beberapa ranting pohon untuk dibuat tongkat sihir. Newt Scamander punya satu Bowtruckle yang dinamainya Pickett yang sering dibawanya dalam saku.
 
Well.. itulah beberapa karakter dan hewan-hewan yang akan muncul di film Fantastic Beasts and Where to Find Them. Kemungkinan masih banyak lagi hewan ajaib yang akan muncul. Karena dibukunya lumayan banyak hewan-hewan tersebut.

Good news to all of Potterhead or Potter Mania. JK. Rowling sudah mengkonfirmasi bahwa film yang sama dengan dunia sihir Harry Potter ini ga cuma akan ditampilkan di satu film ini saja, tapi 5 film! Yup.. thats right. FIVE MOVIES.. dan nantinya tidak akan berpusat di New York saja. Tapi juga dikota-kota besar dunia lainnya. Rumornya akan berpusat pada penyihir jahat Geller Grindelwald dan Dumbledore muda dalam usaha mereka menemukan Deathly Hallows dan menjadi penyihir terhebat sepanjang masa.

Oke sekian dulu preview film ini dari saya..semoga bermanfaat ya. Dan seperti biasa setiap ada film-film baru box office, Jambi Movie Freakers Community (JMFC) akan menggelar nonton bareng di bioskop, termasuk film ini. Jadi..ayo ikut nobarnya ya, siapapun kamu, baik pencinta novelnya Harry Potter atau penikmat filmnya. Hubungi kontak di bagian bawah website ini untuk info lebih lanjut. See you on next preview.
Knox.. 
BOY JMFC #30

2 comments:

  1. tuh kan apa kata saya, Grindelwald vs Dumbledore uhhh semoga saja fix :D jadi gak sabar juga sama nih film :D

    ReplyDelete
  2. Panjang banget tulisannya, nggak sanggup baca..hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...