Tuesday, June 28, 2016

Saksikan Kembali Kehadiran Tim Pembasmi Hantu (Preview Film Ghostbusters By Chanriatno Saputra - JMFC 001)



Rumah anda ada hantunya? Atau anda pernah diganggu hantu? Merasa takut? Kami solusinya. Ghostbusters. Telpon kami di "Ntar liat sendiri nomornya pas di film ya, hehe".

Ya begitulah kira-kira tag line kalo ada tim pembasmi hantu bikin iklan, haha... Kali ini saya akan mencoba memberikan gambaran (preview) mengenai sebuah film yang dibuat ulang tentang tim penangkap hantu bernama Ghostbusters. Film ini bergenre comedy action, dulu pernah dibuat pada tahun 1980an, dengan dibintangi oleh Bill Murray dkk, menjadi sebuah kesuksesan yang cukup besar di Box Office kala itu, dengan modal 30 juta dollar, berhasil meraih pendapatan 280 juta dollar. Dengan landasan prestasi tersebut, pihak Columbia Pictures kembali membuat ulang filmnya di tahun ini. Apakah akan sesukses predecessor-nya?

Belum lagi tayang, film reboot ini telah menuai beberapa kritikan. Pertama, orang-orang selalu bertanya kenapa lebih memilih membuat ulang ketimbang membuat sekuel melanjutkan cerita yang terdahulu? Paul Feig sebagai sutradara menjawab ia lebih suka untuk menghadirkan generasi baru, menyesuaikan dengan teknologi jaman sekarang. Well...dia yang punya film ya jadi suka-suka dia mau buatnya gimana.


Kedua, trailer yang muncul menjadi trailer yang paling banyak "dislike"nya di Youtube. Ondehh..kasian banget... Apa sih penyebabnya? Kok sampe segitunya? Klik disini untuk melihat trailernya : Trailer Ghostbusters.
Ini dia beberapa komentar orang di internet :
1. Mereka seperti melihat De Javu. Artinya, trailer yang disajikan bener-bener mirip dengan predecessor-nya, seperti sebuah copy-an saja. Mereka berharap kalo memang reboot, setidaknya dapat menampilkan sesuatu yang beda dari film lamanya.
2. Lelucon yang digunakan tidak merata. Artinya, tidak semua orang bisa paham dan mengerti lelucon yang dipakai di dalam film ini. 
3. Hantu-hantunya terlalu mengandalkan CGI, jadi tidak menyeramkan.
4. Terlalu sedikit porsi Chris Hemsworth, padahal dia bisa menjadi daya tarik.
5. Para aktrisnya terlihat tidak lucu untuk film bergenre komedi. Padahal diluar film ini belum tentu mereka ga lucu. Sebut saja Melissa McCarthy yang sudah populer dengan film-film komedinya.
6. Dan ini yang paling parah, trailer ini membuat penonton bingung, apakah ini reboot atau sekuel? Soalnya, diawal-awal trailer ada tulisan "30 years ago scientists saved New York". Nah loh? Katanya ini reboot, tapi kok tulisan itu seolah ini sambungan dari film tahun 1980an itu? Blunder kah? Atau memang nyimpan kejutan?

Gambar : ghostbusters.com

Kritikan ketiga, baru-baru ini mereka merilis lagu-lagu yang menjadi soundtrack filmnya. Guess what? Orang-orang juga ga suka ama lagu-lagunya, hadeh...padahal yang nyanyiin band terkenal Fall Out Boy.

Alright..alright..lupakan persoalan diatas. Mari anggap saja kita diberikan kesempatan untuk nostalgia, hanya saja dengan tokoh yang berbeda. Yang paling signifikan tentu para cast utamanya. Kalo film lamanya, yang menjadi tim Ghostbusters adalah para pria, nah kali ini semuanya wanita guys. Ya tentu saja, bukan wanita sembarangan dong, wanita yang ga takut hantu pastinya. Siapa saja mereka?

Melissa McCarthy, yang sudah terkenal lucu lewat film-film komedi, sebut saja The Heat, Spy dan The Boss, dalam film ini berperan sebagai Abby Yates, seorang paranormal dan ahli supranatural, tentu ia udah malang melintang "berurusan" dengan hantu. Abby Yates merasa ia perlu membentuk sebuah tim yang membantu orang-orang yang "berurusan" dengan hantu. Ia bersama teman-temannya telah lama mendalami tentang dunia "perhantuan", sekalian aja buka bisnis jasa pembasmi hantu, haha...

Temennya yang pertama adalah Erin Gilbert, disini diperankan oleh Kristen Wiig, yang selain main film dia juga beberapa kali mengisi suara film animasi seperti How To Train Your Dragon dan Despicable Me 2. Erin adalah ahli kuantum fisika, dan menjadi salah satu dosen di Columbia University. Pengetahuannya dapat dipakai untuk mendeteksi keberadaan hantu dan fenomena-fenomena gaib lainnya.

Selain Erin, ada lagi Jillian Holtzman, yang merupakan seorang teknisi mekanik yang pintar, diperankan oleh Kate McKinnon, yang juga pengisi suara film animasi (Angry Birds). Kemampuan Holtzman digunakan untuk membuat mesin dan alat pembasmi hantu. Dan terakhir ada Leslie Jones yang memerankan Patty Tolan, seorang petugas subway train yang mengaku paham seluk beluk kota New York untuk menjadi pemandu mereka beraksi ke TKP, ditambah lagi dia punya kendaraan yang bisa dipakai untuk bertugas, mobil jenazah guys, haha...diubah menjadi Etco 1, mobil khusus yang dipakai tim Ghostbusters.

Lengkap toh personelnya? Eh belum...masih kurang satu. Masih ada satu orang lagi, yang bertugas sebagai resepsionis bisnis Ghostbuster ini, haha... Siapakah dia? Tak tanggung-tanggung, mereka memperkerjakan God Of Thunder, Dewa Petir dari Asgard, Thor, haha...ya dia Chris Hemsworth, yang memerankan Kevin.

Gambar : vulture.com

Keinginan mereka membentuk tim penangkap hantu ini dipicu oleh banyaknya fenomena penampakan hantu akhir-akhir ini. Erin menambahkan seperti adanya kemungkinan seseorang telah membuat sebuah alat yang dapat mengaktifkan aktifitas paranormal. Sehingga hantu-hantu dapat berkeliaran dan menjadi ancaman bagi kota. Mereka merasa hanya merekalah yang bisa menyelamatkan kota. Hantu-hantu yang berkeliaran berbagai macam bentuknya, ada yang kayak wanita jaman klasik dulu, ada yang kayak Casper, ada yang kayak monster bersayap, dll deh.

Nah gimana kekocakan dan keseruan mereka? Ayo kita tonton, jadwal rilisnya 15 Juli mendatang.
Selamat bernostalgia ya, kamu juga bisa melihat cameo dari pemeran di film Ghostbusters yang lama, Bill Murray dan Sigourney Weaver. See you on next preview, mau preview apa lagi ya? Suicide Squad? Star Trek? Jason Bourne?

JMFC 001 - Om Chan


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...