Friday, March 4, 2016

Daftar Pemenang Academy Awards (Piala Oscar) 2016

Baru saja selesai event terbesar dunia perfilman, ajang penghargaan Academy Awards atau Piala Oscar.
Untuk full list nominasinya, klik disini.
Ini daftar pemenangnya. Congratulation to all winners. Diringkas oleh Chanriatno Saputra (JMFC 001)

Best Pictures (Film Terbaik) : Spotlight
Kejutan terjadi, film yang berada dibawah radar setiap pengamat justru berhasil menyabet gelar sebagai film terbaik. Film Spotlight berhasil mengangkangi Mad Max Fury Road yang nyabet 6 Piala Oscar dan calon kuat Best Picture, The Revenant yang raih 3 Piala Oscar. Hanya berhasil memenangkan 1 Piala Oscar bukan berarti film Spotlight tak layak untuk mendapat Oscar di kategori Best Picture. Apa sebabnya?

Menurut teman kita, Muhammad Ilham JMFC 041, film ini smart, bold dan powerful. Plotnya jelas, tak perlu banyak mikir, tiap karakter kuat pada posisi masing-masing, apa yang dibikin dalam film ini membuat kita ga percaya kalo itu benar terjadi. Kombinasi kerja yang kompak dan berimbang disetiap pekerja tanpa ada satu yang menonjol, membuat kualitas film ini merata disetiap lini, sutradara, scriptwriter, aktor, aktris, sound engineer sampai ke sinematografernya, sehingga pantas mendapatkan Best Picture.

Best Director : Alejandro G. Inarritu (The Revenant)
Sesuai dengan prediksi, rekor akan pecah, rekor sutradara pertama yang berhasil mendapatkan Piala Oscar 2 tahun berturut-turut sebagai Best Director. Alejandor G. Inarritu lah orangnya, hasil kerjanya di The Revenant mutlak menjadi calon kuat Best Director diatas George Miller (Mad Max Fury Road), calon kuat menonjol lainnya.



Best Actor : Leonardo DiCaprio (The Revenant)
Finally! Apa yang kita nanti-nantikan akhirnya terwujud. Leonardo DiCaprio akhirnya berhasil mendapatkan Piala Oscar pertamanya, yang seharusnya sudah ia dapat jauh-jauh hari sebelum ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa akting Leonardo DiCaprio dalam setiap filmnya sangatlah bagus, namun sayang, dari setiap nominasinya ia tak pernah bisa menang, selalu kalah. But not today. Hari ini adalah harinya, semua orang bergembira, internetpun heboh akan keberhasilannya menyabet Best Actor pertamanya selama lebih dari 20 tahun berkarir. Perannya yang kotor dan barbar dalam film The Revenant jauh dari kebiasaannya tampil rapih dan ekslusif. Totalitas, dialog tanpa kata yang sempurna, itulah yang dipuji sutradara The Revenant menilai penampilan Leo disana. Kita patut bersyukur, ayo selametan, haha...


Gambar : justjared.com

Best Actress : Brie Larrson (Room)
Menurut teman saya, Habibi JMFC 036, sangat pantas Brie Larrson menang di Best Actress ini. Penampilannya sebagai ibu yang "aneh" dalam film Room memang sangat menjiwai. Meskipun ada nama kuat yang pernah meraih Best Actress juga sebagai lawannya, Cate Blanchett, tak membuat juri kalap mata, sehingga Larrson pantas meraihnya.

Best Supporting Actor : Mark Rylance (Bridges Of Spies)
Berdampingan dengan aktor papan atas, Tom Hanks, sangat membantu ia dalam perannya sebagai aktor pendukung terbaik. Begitulah yang ia ucapkan dalam pidato kemenangannya sebagai Best Supporting Actor. Hal ini juga cukup mengejutkan karena didalamnya ada saingan kuat seperti Christian Bale di film The Big Short dan opa Sylvestre Stallone (Creed).


Best Supporting Actress : Alicia Vikander (The Danish Girl)
Debutan. Ya, kali pertama masuk nominasi, kali pertama juga langsung menang. Hebat. Dari nama yang tak dikenal kini menjadi terkenal, Alicia Vikander, berkat perannya sebagai seorang istri yang tabah dalam film The Danish Girl berhasil membawanya terbang meraih Best Supporting Actress mengungguli aktris peraih Oscar, Kate Winslet (Steve Jobs) dan Rooney Mara (nominasi). 

Best Cinematography : The Revenant
Tak usah diragukan lagi, jelas ini pemenangnya. Jika kalian menyaksikan suguhan pengambilan gambar, pemandangan, pencahayaan dan pergerakan kamera yang extra-ordinary, film ini memang layak disemat sebagai Best Cinematography. Akan lebih puas jika kalian menontonnya di layar besar bioskop. Mereka berhasil mengalahkan calon kuat Mad Max Fury Road dan Hateful Eight.


Best Visual Effects : Ex Machine 
Ini juga kejutan guys. Bagaimana tidak, film sekaliber Star Wars - The Force Awakens yang digadang-gadang memiliki suguhan visual effects terbaik 2015 tumbang oleh film kecil, Ex Machine. Pembuatan robot manusia yang sangat halus dan detail adalah sebab mereka berhasil diam-diam muncul sebagai pemenang Best Visual Effects.

Dominasi Mad Max Fury Road
Best Costume Design : Mad Max Fury Road
Best Production Design : Mad Max Fury Road
Best Make Up and Hairstyle : Mad Max Fury Road
Best Sound Editing : Mad Max Fury Road
Best Sound Mixing : Mad Max Fury Road
Best Film Editing : Mad Max Fury Road
Digdaya pada bidangnya. Ya, sangatlah wajar jika Mad Max Fury Road menang dalam 6 kategori diatas. Penciptaan properti film yang aneh-aneh, mobil modifikasi yang metal, kostum yang tak masuk diakal, make-up yang sangar dan sound yang menggelegar membuat mereka berturut-turut menang di 6 kategori ini. 

Best Animasi Movie : Inside Out
Sesuai prediksi semua orang, Inside Out akan menang sebagai film animasi terbaik. Film ini sendiri memang telah menang di kategori yang sama di beberapa penghargaan sejenis seperti Golden Globe Awards. Karakter emotion yang unik dan cerita yang menggugah.

Pemenang lainnya
Best Original Song : Sam Smith - Writing On The Wall (Spectre)
Best Original Soundtrack : Hateful Eight
Best Original Screenplay (Naskah) : Spotlight
Best Adapted Screenplay (Naskah) : The Big Short

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...