Selasa, 21 April 2020

Review Singkat A Clockwork Orange (1971) : Film Yang Selangkah Lebih Maju Di Jamannya, Satir, Kelam dan Provokatif, Keras Diawal Namun Esensial Diending


Oke..ni film untungnya ga serumit karya Kubrick yg ngono tu, 2001 A Space Oddisey. Yg ini ckup gampang utk dicerna, drama sosial yg alurnya biasa. Cuma spesialnya adlh set produksi, akting, script, dan tingkat kesatiran pesan yg ingin disampaikan.

Alex (#MalcolmMcDowell), tokoh utama dan jg narator, mnceritakan kmbli kisah hidupnya, diawali dgn dia yg msh usia anak skolahan SMA, tp pnya geng berandal, yg gawenya negatif2, sprti mnyiksa org, mmperkosa, bahkan mmbunuh. Akibat prbuatan ini, Alex, hrs mndekam dlm penjara.

Gmn khidupannya disana? Adkah ia brubah mjdi baik?


Film ini pesan moralnya sbnrnya baik bngt, yg mnampakkan bhwa kriminalitas itu sangat ga baik. Trmsuk utk pelakunya, slain hukuman tahanan, dampak sosial dan kluarga jg ikut dirasain. Cuma dasar si Kubrick aja yg nyampeinnya lewat scene2 sindiran yg kadang nyeleneh, vulgar, dan kelewat batas, hingga trkesan provokatif.

Utk tahun 1971, film ini udah sngat wah..bahkan jaman skrg pun mgkn hmpir ga ada yg bs nyajikan film sprti ini.
Set produksinya jg niat bngt, sangat artistik yg ga biasa kita jumpai di film2 lain. Mgkn hnya film Mr.Nobody yg mnyainginya.

Aksen british yg santun jg terasa unik dikala dihadirkan dlm dialog para kriminil.
Film ini tlh mjdi cult classic seantero dunia. Sgala aspek mmg layak jd cult, smuanya kualitas top, acting, directing, production design, screenplay, scoring.

Kerasnya awal film sbanding dgn esensi pesan yg didpt di ending. Kubrick sngat menyasar relung hati manusia, filmnya sngat fundamental mnyinggung sifat alami dan basic insting mnusia. Kbebasan itu bs jd evil dlm diri mnusia, tp kbebasan itu jg lah yg mjdikan mnusia itu "mnusia". Salah2 diadopsi oleh sumbu pendek, film ini mlah jd mngundang kontroversi. Hnya ini kkurangan ni film.
#jmfcreview

Review Singkat adalah review yang langsung kami copypaste dari instagram kami @jambimoviefreaks atau dari grup whatsapp kami, jadi harap maklum ya kalo bahasanya ga baku alias bahasa chat yang disingkat-singkat. Dan karena keterbatasan karakter huruf yang disediakan oleh platform tersebut maka reviewnya pun juga ga bisa panjang-panjang. Yah...Daripada kerja dua kali ketik ulang jadi mending kami copypaste langsung, yang penting review dan pesennya dapet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...