Tuesday, July 11, 2017

Hal-Hal Yang Perlu Kamu Tau SETELAH Nonton Spiderman Homecoming (Review By Chanri - JMFC 001)

First of all, saya mau ngutarain perasaan saya...*sok serius*... Saya terharu banget baca komen-komen dari para pembaca di artikel-artikel MCU saya, respon mereka sungguh positif, terima kasih, senang kalo memang membantu teman-teman sekalian dalam memahami MCU, bahkan ada yang setia menantikan part selanjutnya alias part VII, sampe ada yang bilang dia ngecek tiap bulan, huhu...kan jadi haru...hiks...hiks...*sok mewek*. But sekalian lah saya mau minta maaf karena belum sempat melanjutkan artikel part selanjutnya dikarenakan belum punya waktu luang yang banyak *sok sibuk*, karena memang untuk membuat artikel part MCU itu butuh waktu yang panjang, tenaga yang ekstra, snack yang banyak, kopi 13 gelas, tempat duduk yang empuk dan jaringan internet yang kencang, haha...

Gambar : comicbook.com

Tapi setidaknya saya buatkan artikel review buat teman-teman sekalian, ya seperti artikel berikut ini mengikuti trend artikel yang sudah-sudah yaitu apa saja hal-hal yang perlu kamu ketahui SETELAH nonton film-film MCU, kali ini giliran Spiderman Homecoming, yang masih fresh from the oven. Udah nonton belum? Kalo belum, balik kanan, cuci kaki, bobok, besok pergi nonton ke bioskop, karena artikel ini hanya untuk kamu yang udah nonton filmnya, karena tentu saya akan memuntahkan spoiler dimana-dimana. Tapi kalo kamu nekat juga mau baca, luar biasa, resiko tanggung sendiri ya, hehe...

Gambar : comingsoon.net

Karakter Michelle yang diperankan Zendaya ternyata adalah “MJ”
Di ending film, Michelle dipilih menjadi ketua tim lomba cerdas cermat yang dimana Peter Parker adalah salah satu anggotanya. Saat itu Michelle menyebutkan “Teman-teman lebih suka memanggilku dengan nama MJ”. Wahhh...apakah ini artinya pacar Peter si Mary Jane itu?? Wait a minute...kalo saya pribadi, memprediksi MJ disini bukanlah Mary Jane, tapi mungkin kata “MJ” ini memang konotasinya dibuat Sony untuk mengarahkan bahwa Michelle adalah calon pacar Peter di film selanjutnya, mencoba untuk tidak mengadaptasi mentah-mentah sosok MJ yang udah pernah muncul di film lama, agar ada bedanya gitu. Saya melihat memang antara Peter dan Liz itu ga keliatan chemistry-nya, justru lebih ada di sosok Michelle, Michelle diam-diam mengagumi Peter, suka stalking Peter, dan selalu hadir dimana Peter berada, dan tatapan matanya ke Peter juga beda, Peter aja yang ga peka, dasar cowok, cowok memang gitu, haha...

Kemungkinan existnya Black Spiderman
Karakter yang diperankan Donald Glover, Aaron Davis itu ternyata adalah The Prowler. Saat Karen menampilkan riwayat hidup si Davis ini, ada nama jukukannya, The Prowler. Siapa The Prowler? Hanya seorang karakter villain komik Marvel yang jadi superhero dimasa berikutnya, tapi bagian pentingnya adalah dia ini pamannya Miles Morales a.k.a Black Spiderman! Wow...apakah ini berarti Black Spiderman masuk dalam MCU? Kemungkinan besar : Ya! Karena di film Aaron Davis ini saat diinterogasi oleh Spiderman menerangkan bahwa dia punya keponakan di sekitar situ, which means itu mungkin Miles Morales!

Gambar : wikipedia.org

Damaged Control
Damaged Control adalah lembaga yang mengurus puing-puing sisa pertempuran para Avengers. Nah difilm ini sepertinya perusahaan tersebut dimiliki oleh Tony Stark, sementara di komik, perusahaan ini dimiliki oleh Stark dan Wilson Fisk, nama Wilson Fisk tentu cukup familiar, dia adalah Kingpin, musuh Spiderman, bahkan di serial tv Kingpin sudah muncul sebagai villain serial Daredevil season 1.

Spidey Suit di ending mirip Iron Spider
Di ending, Tony Stark menawarkan Peter sebuah kostum baru. Kostumnya sangat keren, apalagi dengan adanya garis-garis berwarna emas di bagian badannya, mirip Iron Spider suit. Iron Spider di komik adalah kostum Spiderman yang khusus dibuat Stark untuk Peter yang mana punya kelebihan tambahan seperti kaki laba-laba mekanik. Akankah ini menjadi suit Iron Spider di kemunculan Spiderman berikutnya?

Kembalinya Pepper Pots
Bagi yang dari kemarin nanyain kemana Pepper Pots? Benerkah dia putus dengan Tony? Nih jawabannya ada di ending film. Pepper Pots muncul masih seperti dulu, menjadi asisten-sekretaris-pacar Tony Stark, dan tak diduga-duga sepertinya akan dilamar oleh Tony. So, hubungan mereka fine-fine aja tuh.

Kepala Sekolah Peter Parker adalah cucu dari salah satu personil The Howling Commando
Jelas saja, pertama, yang meraninnya aja sama, si Kenneth Choi, dia berperan sebagai Jim Morita, personil The Howling Comandos di film Captain America – The Firts Avengers, dan disini berperan sebagai Principal Morita, Kepseknya Peter. Kedua, karena ada foto jadul yang dipajang diatas lemari kerjanya si Kepsek saat dia mewawancarai Peter.

Gambar : slashfilm.com

Suit Lady bernama Karen disuarakan oleh Jennifer Conelly
Menjadi menarik karena suami si Jennifer ini adalah Paul Bettany, yang suaranya berperan sebagai JARVIS di armornya Iron Man dan kemudian berperan sebagai Vision. Jadi suami-istri sama-sama mengisi suara AI sebuah armor suit, hehe. Pertanyaannya, akankah nanti Karen akan menjadi karakter nyata kayak Vision? Mengingat nama Jennifer Conelly bukanlah nama sembarangan dalam dunia akting, dia udah terkenal malang melintang. So, tunggu saja. Suami udah, istri menyusul, hehe... Kalo iya, jadi siapakah dia kalian pengennya? Be careful Scarlet Witch, ntar dilabrak... IYKKWIM, haha...

Ayahnya Tony Stark menjadi salah satu ilmuwan panutan sekolahnya Peter Parker
Dalam sebuah scene, Peter berjalan di koridor sekolah yang mana dinding belakangnya terdapat lukisan wajah Howard Stark, bapaknya Tony Stark.

Sindiran terhadap The Flash DC-Comics???
Dalam sebuah scene seorang guru bertanya kepada muridnya tentang suatu rumus hitung-hitungan. Nah si Flash, temen sekelas Peter, menjawab sesuatu itu mempunyai hubungan dengan kecepatan, sang guru pun bilang kalo itu salah, kemudian dia melempar pertanyaan tersebut ke Peter. Peter menjawabnya dengan benar, sambil menyindiri ke Flash bahwa “Untuk rumus itu kamu ga perlu kecepatan, Flash”.


Gambar : marvel.com

Before credit scene, kemungkinan hadirnya Eddie Brock, atau Sinister Six
Ini scene mirip seperti ending Ant Man, scene cewek asia didatangi oleh Falcon untuk ngobrolin soal seorang ciri-ciri superhuman, tuh cewek bilang dia punya info orang yang bisa loncat, berayun dan manjat. Nah, bedanya, disini yang ngomong ciri-ciri gitu adalah Gargan, seorang bandit narapidana bekas calon pelanggan si Toomes. Dia bilang kalo diluar sana ada orang yang bisa memotret, menggorok leher dan membunuh Spiderman. Kalo ngomongin yang bisa motret, berarti kemungkinannya mengarah ke Eddie Brock, yang kalian bisa liat dia di film Spiderman III, sebagai jurnalis yang menjadi Venom.

Sedangkan Gargan sendiri di komik mempunyai nama karakter The Scorpion. The Scorpion adalah salah satu karakter yang pernah muncul dalam grup villainnya Spiderman, Sinister Six. Menariknya adalah Vulture dan Shocker juga pernah menjadi anggota Sinister Six. Jadi udah ada 3 dari 6 karakter Sinister Six yang hadir, mudah-mudahan beneran ada nanti Sinister Six-nya ya. Yang lain ada Doctor Octopuss, Sandman dan Goblin Family.

Gambar : marvel.com

Avengers Tower dijual, siapa pembelinya???
Di komik, Avengers Tower dijual, dan yang beli adalah Qeng Enterprises. Apa yang menarik dari hal ini? Yaitu orang dibalik Qeng Enterprises. Perusahaan ini dibangun oleh bussinessman bernama Mr. Gryphorn. Doski punya alias adalah Kang The Qonqueror, villain untuk Avengers. Jadi, jual rumah ke musuh sendiri, haha...

Benda-benda baru milik Avengers
Saat Happy Hogan ngecek stok barang yang akan dipindahin ke dalam pesawat, dia menyebutkan beberapa barang seperti Captain America new shield, ya mengingat tameng Capt kan udah rusak berat ya saat event Civil War, sepertinya Tony Stark membuatkan tameng baru tuh, penasaran gimana ya. Lalu kemudian Happy agak susah nyebut satu benda ini yang ada hubungannya dengan Thor, “Meging...meging...what...”, hehe... Ini sepertinya adalah Megingjord, sabuk kuat Thor
.
Gambar : marvel.wikia.com

Spiderwoman alias The Silk?
Ya..mungkin sih ya. Ada seorang murid cewek bermuka asia di tim cerdas cermatnya Peter bernama Cindy. Berharap sih ya nama lengkapnya Cindy Moon which means di komik dikenal dengan julukan The Silk, tak lain tak bukan adalah Spiderman versi wanitanya. Dia juga kena gigit oleh laba-laba yang sama dengan Peter.Bedanya setelah digigit, kisahnya tak langsung muncul melainkan beberapa tahun kemudian. Dan bahkan mempunyai perbedaan signifikan dengan Peter, yaitu doski ga mesti punya alat webshooter karena web spidernya keluar langsung dari jarinya.

Yap, dah dulu ya, balik sibuk lagi. Itu aja yang dapat saya jabarkan kepada temen-temen, semoga membantu. Jika ada yang terlewat oleh saya, ato ada hal lain yang menurut kamu menarik dari film ini, yuk komen disini. See you arround.

[JMFC 001 - Om Chan]



9 comments:

  1. Nice Points om chan.

    saya mau nambahin sedikit. pada credit scenes kita mungkin dikasih clue kalau villain berikutnya adalah scorpion. dan Tinkerer juga blom ditangkap. menurut saya tinkerer nantinya yang akan membuatkan suit untuk scorpion. Kalau di The Amazing Spiderman yang menjadi sumber villain adalah Oscorp dengan temuan2nya. di MCU sepertinya Tinkerer yang menjadi sumber Villainnya. kita lihat Vulture dan Shocker menggunakan alat-alatnya buatan tinkerer..

    mengenai spiderman lainnya. saya ga yakin bakal muncul spiderman selain Peter Parker di MCU. walaupun ada petunjuk-petunjuk kearah sana. kaya Aaron Davis yang dimainkan oleh Donald Glover. di komiknya Aaron Davis adalah pamannya Miles Morales aka black Spiderman. Aaron Davis juga mengatakan alasannya membantu spiderman karena ada ponakannnya yang juga tinggal didaerah sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya optimis om tentang black spidey, mengingat di film ini Aaron usianya masih 33 tahun, kemungkinan kalo keponakannya Miles masih balita, haha... Jadi ntar 10 tahun lagi lah kira-kira, Spidey Peter dimatiin, baru deh Miles yg 15 tahun (SMU) gantiin, saat Aaron Davis udah 40an tahun, pas sebagai seorang paman, hehe..

      Delete
  2. wooooooooooowwww..... penasaran kelanjutannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nonton wak? Ati2 keno gigit laba2 seberang...

      Delete
  3. Kereeen artikelnya...
    Jadi penasaran ama spider universe ini, apakh si peter ini akan menjadi the new Avengers selanjutnya setalah avengers trdahulu sudh tidak mampu lg...

    ReplyDelete
  4. baru kelar nontn om jdi baru berani baca artikel ini

    ReplyDelete
  5. Om Anon, kalo ngeliat usia sama kontrak dia di MCU bisa aja nanti dia yg ngelead New Avengers :D
    Mbak Ning, gimana filmnya mbak? kerenkan hehehehe
    #JMFC_069

    ReplyDelete
  6. Mas nya bisa tolong jelasin gak katanya timeline marvel berubah gara gara dr strange? Makasih hehe

    ReplyDelete
  7. Wah seru juga bahasannya, iya bener ada beberapa yg gue baru ngeh kayak pamannya miles dll

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...