Wednesday, January 10, 2018

Top 10 Movies 2017 Versi Chanri - JMFC 001

2018 tiba, 2017 telah berlalu. 2017 menurut saya adalah tahunnya movie mania banget. Bagaimana tidak? Film-film mega blockbuster dari franchise yang berbeda-beda pada “janjian” rilis tahun 2017. Sebut saja dari Marvel ada 4 film, DC Comics 3 film, ada Transformers 5, Pirates of The Carribean 5, Alien 5, kemudian ada Star Wars VIII, Fasf Furious 8, lalu dari animasi juga ada Cars 3, Despicable Me 3, ahh...banyak lagi... 

Nah dari beberapa film yang telah saya tonton di tahun 2017, saya memilih beberapa diantaranya yang pantas untuk saya nobatkan ke dalam daftar 10 film terbaik di tahun 2017. Penilaian film terbaik ini tentu saja subjektif dari sudut pandang penilaian saya pribadi. Bisa saja kalian mempunyai list yang lain karena selera orang kan beda-beda. Pilihan film saya beragam, mulai dari action, horor, history hingga thriller, namun sayang memang tak ada drama dalam list saya, karena memang saya kurang suka drama apalagi drama sosial murni *hoaahmmm*.

Nah...Apa saja list top 10 movie saya? Check these out. Saya urutkan dari yang terendah nomor 10 hingga terbaik di nomor 1. 

Gambar : pinterest.com
10. Split
Film ini memang berada tipis di penghujung batas list, ada The Hitman Bodyguard yang juga berebut masuk list. Saya lebih memilih Split karena ide cerita dari M. Night Syahmalan ini adalah sesuatu yang unik dimana seseorang punya kelainan multiple personality. Penyakit ini tentu mengharuskan akting yang bagus dari seorang James McAvoy, membuat situasi film bervariasi. Tak hanya Avoy, Anya Taylor juga tampil memukau. Filmnya sendiri juga memiliki ending dengan twist yang tak dilupakan oleh Syahmalan.

9. Sang Pengabdi Setan
Ini layak dimasukkan dalam daftar karena mengingat ini adalah non hollywood movie, terlebih berasal dari Indonesia, yang notabene memang jarang menghadirkan film yang bisa membuat saya terkesima. Ini pun juga karena memang  sutradaranya adalah Joko Anwar, filmmaker yang memang karyanya beda dari film-film Indonesia pada umumnya. Film ini menghadirkan horor klasik yang telah lama hilang dari perfilman Indonesia. Bagaimana suasana menyeramkan tetap terjaga tanpa terlalu mengandalkan jump-scare melulu. Color grading filmnya juga pas banget untuk settingan jadul.

8. Bad Genius
Sesama produk dari Asia Tenggara, namun film asal Thailand ini unggul sedikit dari Sang Pengabdi Setan dalam list saya. Jangan bandingkan color gradingnya karena mereka berdua menampilkan pewarnaan yang sama-sama ajib. Bad Genius unggul dikarenakan tema yang mereka usung sangat simpel, Ujian Tertulis. Bagaimana tidak? Hanya bermodalkan kisah ujian tertulis para siswa sekolah, tapi bisa dibuat menegangkan ala-ala thriller. Dibalut dengan twist-twist kecil, soundtrack musik klasik, drama remaja yang rasa ke-innocent-annya masih tinggi linear dengan impian dan cita-cita mereka, film ini layak ditonton seluruh sekolah di belahan bumi manapun karena meninggalkan nilai positif untuk dunia pendidikan.



Gambar : theverge.com

7. Blade Runner 2049
Meskipun film ini gagal di box office, tapi tidak gagal membuat saya terpana. Saya termasuk orang-orang yang selalu percaya akan karya Dennis Villenueve. Film ini memang membosankan, sama seperti karyanya yang lain, Incendies, tapi bersabarlah, karena kebosanan itu terbayar ketika sudah selesai menontonnya, kesabaran berbuah manis, hehe... Sebagian orang merasa tertipu yang merasa kalau film ini adalah scifi futuristik kayak Total Recall atau Star Trek, tapi sebenarnya merekalah yang menipu diri mereka sendiri karena tak mencari tahu terlebih dahulu bahwa film ini adalah sekuel dari film pertamanya tahun 1980an yang juga menerapkan tempo yang lamban dan minim action. Yang dominan dari film ini adalah script yang filosofis, sequence visual yang stunning, tak lupa kepingan teka taki yang punya twist menohok.

6. What Happened To Monday
Banyak orang yang tak tahu film ini, karena memang film ini tidak rilis di bioskop, melainkan hanya rilis online di Netflix. Ya, Netflix memang punya film-film yang unik dan original seperti yang satu ini. Dimana kita bisa nemuin cerita ada anak kembar 7? Hanya disini. Anak-nak yang bernama sesuai dengan hari, Monday until Sunday ini hidup dan tumbuh hingga dewasa serumah. Mereka keluar hanya pada hari yang sama dengan nama mereka, dan memerankan satu identitas manusia, Karen. Cerita menjadi menarik karena di film ini setiap warga tidak boleh punya anak lebih dari 1, kalau lebih akan dibunuh yang lebihnya itu. Paket action yang ditampilkan disini sangat baik, thrilling dan blasting, apalagi lihat outstanding performance dari Noomi Rapace yang memerankan ketujuh person berbeda tadi. Sayang ga masuk penghargaan best act di awards-awars, karena menurut saya sebenarnya adalah sebuah hal yang sulit jika harus memerankan orang yang berbeda dalam scene yang sama sepanjang film.

5. Logan
Nah...jarang-jarang film superhero masuk daftar best 10 movie saya, tapi untuk tribute budak satu ini, saya masukkan deh. But, of course, bukan hanya sebagai tribute, karena memang film solo Wolverine yang ketiga ini pantas masuk sebagai yang terbaik. Inilah yang harusnya dilakukan oleh 20th Century Fox dari dulu untuk karakter bercakar adamantium, sebuah "R" rated movie, yang mengizinkan sabetan-sabetan cakar tersebut untuk menusuk, mencabik-cabik dan mencincang hingga tumpah ruah berdarah-darah, halah... Ya, bak keluar dari kandang yang selama ini mengurung buasnya sang Wolvie, disini Logan memang melepaskan semua kemampuan terbaiknya, baik sebagai seorang mutant yang sadis, seorang hero, seorang anak, dan juga sebagai seorang ayah. Nuansa kelam yang menyelimuti plot cerita sangat membantu untuk membuat penonton merasakan emosional yang ada, termasuk saya yang sedih menahan air mata...hiks...

Gambar : variety.com

4. Mother!
Brilian, insane, and controversy. 3 kata tersebut dapat mewakilkan secara singkat film bergenre thriller karya Darren Aronofsky ini. Sepasang suami istri yang awalnya hidup adem ayem di sebuah rumah perlahan mulai berantakan ketika didatangi oleh para pemuja sang suami yang dalam cerita ini bekerja sebagai penulis. Film ini gampang untuk diikuti namun sulit untuk dimaknai. Beragam interpret dapat timbul dan memaknai apa yang tersirat. Metafora dan alegori yang dalam, sebuah masterpiece yang tak sering datang untuk para movie freaks. Tak banyak yang bisa diutarakan karena khawatir malah menjadi spoiler, yang bisa dibocorkan adalah akting Jennifer Lawrence disini sungguh luar biasa. Saya tak pernah melihat akting Jennifer Lawrence sesempurna ini, meskipun saya tau dia udah pernah dapat Oscar Best Actress dari Silver Linings Playbook. Lets take a moment of silence for the death of judges healthy brains.

3. Dunkirk
Oh my lord sang baginda dipertuan agung, Christopher Nolan, kok jenius amat sih..hehe... Meskipun film ini adalah film sejarah, yang ga bisa punya banyak opsi untuk di modifikasi, tapi tetap aja bisa-bisanya Nolan garap ini dengan metode ciri khasnya yang bermain di editing storyline. Belum lagi audio yang bener-bener terasa nyata perang jaman dahulu. Dan jika mau belajar color grading, ini kiblatnya, puncak tertinggi best color grading yang pernah saya lihat. Untuk lebih lengkapnya baca review panjang saya disini : Review Dunkirk (2017) : Amazing Thrilling For A Thriumph From Nolan (Review By Chanri - JMFC 001), karena ga cukup dijabarin singkat, hoho...

2. Baby Driver
Sama seperti Dunkirk, film ini telah saya review panjang disini : Baby Driver (2017) : Gila Asik Bener Ni Film (Review By Chanri - JMFC 001), klik ya. Singkatnya adalah ini film pantas menjadi runner up karena dia menyajikan sesuatu yang kita tidak pernah lihat sebelumnya. Guns, cars, action, tapi disesuaikan dengan musik dan lagu latar yang asik-asik mengiringinya. Jadi ya ibarat film musikal, tapi...lebih laki, haha... Film ini juga masuk dalam list Top 10 teman-teman saya yang lain, seperti bro Ilham, Feri, Hasbiy, Mualimin. So...5 vs 1, Om Boy? Hihi...

1. Get Out
Film ini mungkin tidak familiar di telinga anda, karena memang bukan film blockbuster ataupun franchise yang telah punya nama terkenal. Namun, bagi saya, film ini layak dinobatkan sebagai film terbaik 2017. Apa sebab? Banyak faktor tentunya. Pertama, tentu ide cerita yang unik dan out of the box. Saya selalu menyukai film-film yang mempunyai ide cerita yang original dan out of the box. Sinopsis singkatnya saja ya, ada seorang pria yang diajak pacarnya kerumahnya, untuk berkenalan dengan orang tua si cewek. Tapi selama dia berada dirumah si cewek, sang cowok ini merasa ada kejanggalan disana. Ia melihat beberapa orang kulit hitam disana pada tidak natural seperti dirinya. Kedua, misteri film ini disajikan lamban, tapi menohok saat momennya masing-masing tiba. Horor yang tidak biasa yang kita dapati dari film ini. Ketiga, akting Daniel Kaluuya berada pada performa terbaiknya. 

Gambar : cinematerial.com

Sebenarnya masih banyak film-film terbaik lain yang belum saya tonton, bisa jadi karena belum sempat atau juga karena tidak rilis di bioskop kota saya. Contohnya saja para nominasi Golden Globe Awards seperti Three Billboard Outside Ebbing Missouri yang kata teman saya Habibi bagus banget, atau film-film under radar seperti Okja, karya filmmaker Snowpiercer.

That’s all folks...apa list Top 10 Movie 2017 versi kalian? Tulis di komen ya.
Contoh list Top 10 versi temen saya, selain beberapa judul diatas yang juga masuk di listnya mereka, bro Ilham ada memasukkan Detroit, War For The Planet Of The Apes, Logan Lucky, Wind River, John Wick 2, Atomic Blonde dan Hitman Bodyguard. Sementara Feri punya judul Coco, Wonder Woman, The Fate Of The Furious, Pirates Of The Carribean - Salazar's Revenge, Despicable Me 3 dan Star Wars - The Last Jedi. Lain lagi dengan Hasbiy, selain Thor - Ragnarok dan Murder On The Orient Express, doski memasukkan banyak film Indonesia seperti Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Possesif, Night Bus dan film Jepang, Mumon : The Land Of Stealth serta , sehati sama Ustad Lee Min Ho alias Mualimin, cuma tambahan Spiderman Homecoming, Sweet 20 dan IT. Terakhir jangan tanyakan listnya Om Boy, sudah pasti katanya berisi film Disney dan Superhero, haha..

Kalau belum nonton film-filmnya, kamu bisa tonton online disini : 5 Provider Resmi Penyedia Layanan Nonton Film Secara Streaming.

See you guys and keep watching movies.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...