Tuesday, October 3, 2017

5 Provider Resmi Penyedia Layanan Nonton Film Secara Streaming

Menonton, selain memang karena melekat sebagai hobi, saat ini menonton itu sudah seperti sebuah kebutuhan bagi sebagian orang yang ingin meluangkan waktu untuk merefresh pikiran pasca rutinitas sehari-hari. Kegiatan menonton biasanya identik dengan bioskop, karena bioskop memang sebuah tempat yang menyediakan ruang khusus untuk orang menonton dalam sebuah teater yang besar dan dengan film-film terbaru, baik dalam negri maupun luar negri, genre apapun. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum punya banyak waktu luang dan kesempatan untuk dapat menghadiri sebuah showtime movie di bioskop, dikarenakan kesibukan pekerjaan atau masalah finansial. Untuk merespon hal ini, saat ini sudah ada beberapa provider yang menyediakan film secara streaming via internet. Provider ini adalah layanan yang bisa diakses oleh pengguna untuk dapat menonton film secara online maupun offline. Layanan ini bisa diakses melalui komputer atau handphone, jadi kapanpun dan dimanapun, orang dapat menonton film yang diinginkannya. 

Hanya saja, kelemahan dari layanan ini yang paling mendasar adalah film-film yang disediakan cenderung bukanlah film-film yang baru saja rilis, karena film yang baru rilis biasanya hanya ditayangkan di bioskop terlebih dahulu, baru deh sekitar 3 bulan setelah turun layar dari bioskop baru muncul di streaming. Tapi, kelebihannya tentu film yang tersedia lebih banyak dan lebih lengkap daripada di bioskop yang cuma sedikit dan ditayangkan dalam beberapa hari saja. Nah, kami telah memilih beberapa provider yang menyediakan layanan nonton film via streaming ini, berdasarkan popularitasnya, kemudahaan akses, fitur-fitur pendukungnya, kelengkapan filmnya, dan yang terpenting adalah semuanya legal. Oya perlu diperhatikan bahwa artikel ini hanya menyajikan provider yang menyediakan film dalam artian common movies, film-film layar lebar yang tayang di bioskop pada umumnya dan dikenal masyarakat. Karena memang ada juga provider lain yang menawarkan nonton streaming tapi isinya adalah film dokumenter, film indie, film klasik, TV Series atau Anime. 

Nah apa saja provider nonton streaming ini? Berikut ringkasannya :

Gambar : thenextweb.com

Google Play Movies & TV
Jika kamu mencari film Hollywood yang terbaru, Google Play Movies & TV adalah rekomandasinya. Ini adalah provider yang paling gampang untuk diakses, koleksinya cukup update, dan murah. Dari namanya saja kita udah tau bahwa ini adalah bagian dari produknya Google. Aplikasi ini bisa kamu download di Play Store, so sangat gampang. Halaman muka pada Google Play Movies & TV langsung menawarkan beberapa film dalam banyak kategori, contohnya film yang baru tiba, film yang diskon 30%, hingga film berdasarkan genre. Film yang ditawarkan ini dapat kita tonton dengan 2 pilihan : sewa atau beli, yang tagihannya dapat dibayarkan dengan cara menggunakan kartu kredit atau pulsa. Untuk sewa 1 film berkisar di harga Rp. 19.000 s.d Rp. 29.000, tersedia dengan pilihan SD atau HD. Jika kamu memilih untuk menyewa, maka tempo sewa yang kamu punya adalah 30 hari untuk memulai/klik menontonnya. Dan jika sudah mulai menonton, kamu hanya boleh menyelesaikan nontonnya dalam kurun waktu 48 jam sejak start. Ya misalnya hari ini kamu pause nontonnya karena ada urusan, maka kalo mau lanjutin nonton kamu harus lanjutin dalam kurun waktu kurang dari 48 jam kedepannya. Lain halnya jika kamu membeli filmnya, kamu bebas menontonnya kapan saja tanpa batas waktu. Range harga beli filmnya berkisar di angka Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 150.000. Film yang kamu beli akan masuk ke dalam media penyimpanan offline gitu deh, bukan berupa file yang bisa kamu copy atau pindah-pindahkan ke device lainnya. Tapi tentu kamu bisa menontonnya di HP lain dengan menggunakan akun Google kamu ketika log in. Google Play Movies & TV juga menampilkan informasi filmnya termasuk trailernya. Kekurangan Google Play Movies & TV adalah koleksi filmnya belum terlalu banyak, terutama film jadulnya atau film minornya, seperti film-film diluar Hollywood. Kebanyakan memang film-film Hollywood terbaru atau film populer saja, contohnya saya coba searching Donnie Darko dan 3 Idiots belum tersedia, tapi aplikasi menawarkan opsi “Wishlist” agar suatu saat jika filmnya telah masuk kita akan dapat pemberitahuan. Keunggulan dari Google Play Movies & TV ini adalah sudah banyak filmnya yang mempunyai subtitle Indonesia.


Amazon
Ya, mungkin kamu kenal situs yang satu ini sebagai situs jual beli online. Nah di dalamnya juga terdapat film lho. Harganya sangat bervariatif kok, dalam dollar Amerika ya. Pilihannya juga ada sewa dan ada beli, contohnya saja film Inception dengan kualitas HD disewakan dengan harga $3,99 (sekitar Rp. 50.000) dan dijual dengan harga $12,99 (sekitar Rp. 156.000). Koleksi filmnya disini sangat lengkap, film-film minor pun ada, saya coba searching film-film jadul juga ada bahkan sampai film jadul Indonesia, hehe...  Untuk dapat menyewa atau membelinya kalian tentu harus daftar atau punya akun dahulu di situsnya, sama saja seperti kamu membuat akun di toko online. Periode sewa dan belinya kurang lebih sama dengan Google Play Movies & TV. Untuk cara pembayarannya bisa dengan kartu kredit atau transfer uang. Informasi mengenai filmnya cukup lengkap disini, mulai dari cast, sutradara, format film, subtitle yang tersedia hingga customer review. Selain lewat situs online shop, Amazon juga menyediakan aplikasi android Amazon Prime Video, dimana bedanya di aplikasi tersebut kita mengharuskan kita berlangganan untuk dapat menonton dengan tarif mulai dari $2,99.

Gambar : apple.com
iTunes
iTunes tak hanya menyediakan musik dan lagu, tapi juga film-film. Produk dari Apple ini menawarkan layanan sewa atau beli film yang kamu inginkan. Harga dan periode sewa hampir sama dengan provider-provider diatas. Untuk tampilan keterangan filmnya disini tak terlalu lengkap ya, hanya menampilkan sedikit informasi tentang filmnya secara umum, seperti nama aktor atau sutradara, tanggal rilis, genre dan poin reviewnya saja.

Gambar : indiewire.com
Netflix
Netflix saat ini adalah layanan streaming film yang sedang naik daun. Netflix tak hanya menawarkan common movies seperti provider diatas, tapi juga serial TV, bahkan ada yang khusus tayang hanya di Netflix, seperti serial Daredevil, atau film-film dengan tag line “Original Netflix” seperti What Happened To Monday dan War Machine. Untuk dapat menikmati koleksi film-film di Netflix, caranya berbeda dengan provider-provider tadi, karena disini kita bukan menyewa atau membeli per item filmnya, melainkan kita harus berlangganan. Tarif langganannya variatif mulai dari 100 ribuan rupiah per bulannya dan hanya bisa dibayarkan lewat kartu kredit. Sebelum kamu berlangganan, kalau kamu mau kamu dapat mencoba trial gratisnya selama 30 hari. Untuk lebih lengkap mengenai Netflix kalian bisa baca detailnya disini.

Gambar : techjuice.pk
Iflix
Namanya hampir mirip ya dengan Netflix, hehe...layanannya juga hampir sama sih, menyediakan streaming film secara online dengan metode berlangganan. Tarifnya lebih murah sih ketimbang Netflix, Rp. 39.000/bulannya dibayarkan via kartu kredit juga, namun ya sesuailah, karena lebih murah jadi koleksi film atau serialnya juga tak selengkap Netflix. Selain film-film Hollywood, Iflix juga menyediakan serial TV, drama Korea dan anime. Dan untuk kamu penggemar film layar lebar Indonesia, Iflix ini dapat menjadi rekomendasi buat kamu karena film-film layar lebar Indonesia banyak bertebaran di Iflix ini. Oya Iflix bekerja sama dengan Telkom sehingga khusus untuk pelanggan Indihome, kalian dapat menikmati Iflix ini dengan gratis lho.

Nah itulah 5 provider yang menurut kami merupakan provider resmi terpopuler penyedia layanan nonton streaming. Sayangnya hanya Google Play Movies & TV dan Iflix yang menyediakan subtitle Bahasa Indonesia. Untuk provider lainnya selain 5 ini kalian bisa coba aplikasi berikut ini : Vudu, Hulu, Hooq dan Viu. Terima kasih telah membaca ya, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...