Friday, May 6, 2016

Doctor Strange Superhero Terkuat Marvel Cinematic Universe




1 bulan menghilang, kemana admin Jambi Movie Freakers Community nih? Jawabannya : pergi bertapa. Haha... Iya bertapa, semedi, mempelajari ilmu magic, kayak Dr. Strange. Haha... Sebulan ini mimin sibuk mempersiapkan event nobar JMFC film Captain America – Civil War, disamping itu juga mimin bener “bertapa” mencari tau info tentang karakter seorang superhero baru. Siapa dia? 


Dia  adalah Dr. Strange itu tadi. siapa sih Dr. Strange ini? Trailer filmnya sudah muncul sebulan lalu, tapi kok ga heboh ya di jagat para movie mania? Baik movie freaks maupun casual moviegoers masih sangat awam dan tidak mengetahui banyak tentang sosok Dr. Strange, termasuk mimin, yang filmnya akan rilis November 2016 nanti. Oleh karena itulah mimin coba gali info lebih dalam agar kemudian bisa di share buat pengetahuan temen-temen sekalian.


Kenapa mimin rasa perlu? Karena Dr. Strange itu ternyata adalah tokoh paling kuat lho di Marvel Cinematic Universe, jauh lebih kuat dari tokoh-tokoh MCU yang populer seperti Iron Man, Captain America maupun Vision sekalipun. Ga percaya? Ayo simak ya tulisan berikut ini.

Posisi film Dr. Strange dalam Marvel Cinematic Universe
Kita mulai dari peran film Dr. Strange dalam Marvel Cinematic Universe (disingkat MCU). Film Dr. Strange adalah salah satu film yang masuk dalam alam dan alur cerita yang sama seiring dengan film-film lainnya yang sangat populer dalam MCU atau yang pasti kalian kenal banget, seperti Iron Man, Thor, Captain America, Hulk, Guardians Of The Galaxy, Avengers dan serial SHIELD. Posisi dirinya juga sama, sama-sama merupakan sosok seorang superhero yang protagonis, posisi sebagai orang baik-baik, pembela kebenaran pemberantas kejahatan, halah...


Lalu apa perannya dalam MCU? Film Dr. Strange berperan untuk mengenalkan sesuatu yang beda dari film-film terdahulu, apa sesuatu itu? Jika Iron Man bertemakan kecanggihan teknologi, Hulk berasal dari radiasi kimia, Thor sendiri adalah mitos, dan Guardians Of The Galaxy tentang alam luar angkasa, maka film Dr. Strange itu mempunyai unsur magic dan alternate reality


Wohooo.... makin bervariasi kan film-film MCU. Magic itu yang simple-nya seperti film-film Harry Potter, sihir dimana-mana. Kalo alternate reality itu ya anggap saja bahwa dunia yang kita liat ini bukan lah satu-satunya dimensi yang ada lho, seperti astral dimension atau time travelling. Dalam komiknya sendiri, Marvel  memang mempunyai universe yang beragam, sebut saja contohnya Earth 199999 atau Earth 616, rivalnya DC Comics juga mempunyai universe yang paralel antar dimensi, sebut juga contohnya Earth One atau Earth Two. 


Nah gimana? Penasaran kan? Lanjut scroll ke bawah ya.

Sejarah diri Dr. Strange
Jika menilik dari film-film MCU, profil dirinya belum banyak yang bisa kita ketahui, karena sejak MCU bergulir pertama kali dengan dimulainya film Iron Man pada tahun 2008, nama Dr. Strange sendiri hanya 1 kali dikumandangkan, yaitu dalam film Captain America – The Winter Soldier, adegan dimana Agen Sitwell diinterogasi oleh Steve Rogers, Sitwell menyebutkan orang-orang yang diprediksi akan menjadi ancaman buat Hydra (Organisasi tempat Sitwell bekerja, musuhnya SHIELD), seperti Steve Rogers, Bruce Banner, pembaca berita di Kairo (referensi kemungkinan sebagai Moon Knight) dan anak sekolah yang pintar di Iowa (referensi kemungkinan sebagai Nomad), dan terucaplah nama “Stephen Strange”.


Jadi untuk mengetahui sejarahnya, kita bisa membandingkan apa yang telah ditampilkan dalam trailer kemarin dengan versi dari komik Marvel sendiri. Stephen Strange adalah seorang dokter spesialis bedah, dalam film nanti ia akan diperankan oleh aktor kualitas top, Benedict Cumberbatch, yang main di film The Imitation Game dan serial Sherlock. Strange adalah sosok yang cukup angkuh, dia hanya memperdulikan kesejahteraannya. 


Dia ga mau kerja kalo ga dibayar, widih... Akhirnya Tuhan marah padanya, semua berubah total 180 derajat saat dia mengalami musibah kecelakaan mobil, tangannya luka dan tak dapat disembuhkan oleh ilmu medis manapun, sehingga membuatnya depresi. Dia ga mampu lagi bekerja sebagai dokter, harta kekayaan yang ia punya telah digunakan sehabis-habisnya untuk membiayai pengobatan-pengobatan, sampe bangkrut-pun tetap aja tangannya ga bisa sembuh. Nah momen yang pas nih buat pegawai asuransi promosi, dengan tag line “Tak ada orang yang bangkrut karena bayar premi, yang ada orang bangkrut karena biaya pengobatan”, bener juga ya, mari berasuransi, haha… (Colek Om Boy dan Uwo Dhika).


Dalam pencariannya terhadap pengobatan alternatif untuk tangannya, sampailah dia ke Tibet. Disana dia bertemu dengan seorang yang sakti mandraguna, hehe... Nama tokohnya adalah The Ancient One, seorang pertapa perguruan ilmu sihir. The Ancient One menunjukkan kepada Strange bahwa realita yang dihadapinya ini hanyalah satu dari berbagai realita yang ada. Strange, yang awalnya ga percaya ama hal-hal magical gitu akhirnya terbuka pikirannya, ia bertobat, mau menjadi orang baik, ia memohon kepada The Ancient One untuk mengajarinya ilmu sihir sekaligus untuk mengobati tangannya. Jiahh...ini film religi ya, sinema pintu taubat, hehe...


Paragraf diatas sama antara komik dengan trailernya. Perbedaannya terletak pada sosok The Ancient One, yang di komik berupa bapak-bapak tua ras asia mongoloid, sementara di trailer diperankan oleh aktris papan atas berkulit putih Tilda Swinton. Lagi jadi trending topic nih gan, pro dan kontra dengan hashtag #whitewashing, kenapa tokoh-tokoh ras diluar kulit putih sering banget diperankan oleh orang kulit putih, tidak sesuai dengan aslinya. Beberapa contoh baru-baru ini selain The Ancient One adalah Scarlett Johannson yang berperan di live action anime Ghost In The Shell, pemeran Iron Fist di serialnya dan para pemeran film God Of Egypt.



Kalau untuk The Ancient One dalam film ini jawabannya kira-kira begini :”Tidak selamanya karakter yang diangkat dari sumber komik harus selalu sama dengan filmnya, apalagi Marvel dari awal memang selalu memodifikasi beberapa bagian, agar tak monoton dan tak mudah ditebak, termasuk The Ancient One ini yang perlu kita ingat adalah The Ancient One itu bukanlah hanya satu di dunia Marvel, ada banyak tersebar diseluruh wilayah, so bisa saja menggunakan The Ancient One yang bukan ras asia.” Oke deh, case closed. Lanjut ke bawah lagi yang lebih penting.
 
Profil kekuatan Dr. Strange

Nah iki, kalo mau bikin listnya, buaaanyak, hehe. Di dalam komiknya, setelah dia belajar dari The Ancient One, dia diberkahi kemampuan super dan sihir yang banyak, kuat dan beragam, seperti Stephen Chow dalam film Kungfu Hustle, aliran “Chi” dalam dirinya keluar dan membuatnya menjadi sangat sakti, hehe… Belum lagi dengan “hadiah” beberapa benda pusaka yang ia peroleh yang, juga memberinya kemampuan tambahan. Udah jangan banyak basa-basi, langsung sebut aja dong, apa aja itu?


Energy Projection and Manipulating : Yes...dia bisa ngeluarin tembakan energi dan juga memanipulasi energi tersebut, mau besar, kecil, keatas, kebawah, sak karepnya deh...
Matter Transformation : Transformasi alias mampu mengubah bentuk materi sebuah benda atau makhluk hidup. Pak dokter bisa ga ubah gue jadi ganteng? Hahaha... 
Teleportasi : Lah ini udah pada tau pasti, kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, seperti Jumper atau Son Goku. Kalo dalam komik, kemampuan ini digunakan melalui benda pusaka miliknya bernama Orb Of Agamoto. Nah si Orb ini sendiri udah pernah muncul di film Thor pertama, terletak di Odin’s Vault, museumnya Asgard. Apakah ini nanti akan ada hubungannya? Hayooo....


Illution : Namanya juga ahli sihir, sudah pasti bisa menampilkan ilusi dong ya. Loki punya saingan nih sekarang.
Hipnotis : Tidurrrrr....tidurrrr....tiduuurrrr....huahaha...hati-hati kena hipnotis Dr. Strange.
Astral Projection : Nah ini yang unik, dia bisa ngeluarin rohnya sendiri, kemudian rohnya jalan-jalan deh. Mirip seperti anak kecil dalam film Insidious, rohnya keluar dari tubuhnya dan masuk ke alam mimpi dan alam gaib hantu, huuuuu......serem.


Dimensional Travelling : Kalo ini, badan dia seutuhnya yang bisa juga jalan-jalan ke dimensi lain, bukan dimensi bumi kita ini guys. Teorinya, suatu ruang bisa mempunyai banyak dimensi lho. Film Ant Man memang ada adegan tentang dimensi lain, yakni Quantum Realm, dimensi dimana ruang dan waktu tak berlaku. Berhubungankah?
Time Travelling : Yuuhuuuu....ini pasti yang paling menarik, karena bisa dia bisa pergi ke masa lalu atau masa depan, kayak mesin waktu Doraemon. Yang ini dia bisa pake kemungkinan besar dari benda pusaka bernama Eye Of Agamoto, memanipulasi waktu dan probabilitas. Benda pusaka ini sendiri belum tau bentuknya yang mana dalam film nanti, banyak yang memprediksikan adalah kalung yang dipakai Dr. Strange di jubahnya itu, dan bisa saja itu adalah salah satu Infinity Gems, kali ini yang merupakan Time Gem.


Mental Possession : Dia juga mampu menguasai jiwa kamu guys.
Flying : Terbang dong ya, biar makin komplit kemampuan doski, dia bisa terbang dengan menggunakan Cloak Of Levitation, itu lho jubah gedong yang dia pake.


Reality Manipulation : Yang ini saya masih ragu, belum menemukan sumbernya, hehe...kalo sampe bisa manipulasi realita, ahh...entahlah...IMBA banget... (IMBA adalah singkatan dari Imbalance, pertarungan yang ga imbang bro). Dalam trailer ada petunjuk yang mengarah kesana, saat adegan beberapa gedung terbalik kayak film Inception.



Terakhir dia punya kemampuan beladiri yang ia peroleh hasil belajar dari asistennya, Wong. Bukan Wong Palembang ye, haha... Wong ini asisten rumah tangga yang menjaga markas Dr. Strange, Sanctum Sanctorum. Selain punya benda pusaka, Dr. Strange juga punya buku primbon, bernama Book Of Vishanty, buku yang berisikan mantra dan jurus-jurus sihir white magic sakti.


Nah gimana? Dah tersepona belum liat daftar kekuatannya? Dah yakin kan kalo dia adalah karakter terkuat dalam Marvel Cinematic Universe sejauh ini. Dengan kekuatan yang begitu, dia bisa saja hanya menjentikkan jari untuk menghentikan Hulk yang kuat itu. Lalu, kalo udah kuat begindang, siapa lawan yang bisa merepotkannya? Tentu lawannya pun bukan sembarangan. 


Dalam komik, beberapa lawan yang super kuat yang pernah dihadapinya adalah Adam Warlock yang sedang memakai Infinity Gauntlett. Tak hanya sampai disana, lebih jauh lagi dia bisa menjinakkan Galactus, raksasa pemakan planet itu, dan yang paling jauh pernah mengimbangi seorang Dewa dalam universe Marvel, yaitu Eternity. Gilaaaa ajjiiiibbb......dia adalah the first human yang kontak dengan Dewa. 


Villain Misterius Dr. Strange

Kalo untuk sosok villain (lawan jahat), sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menjadi villain dalam film Dr. Strange nanti. Hanya bisa kita liat penampakkannya melalui penampilan aktor Mads Mikkelsen. Dalam film ini, dia seperti seorang pertapa atau ahli sihir juga, ada adegan dimana dia bisa manipulasi ruang dan dimensi. Kalo dibandingin dengan komiknya, belum ada yang cocoknya mendekati, sebut saja Nightmare dan Dormammu. 



Nightmare adalah penguasa alam mimpi, yang bisa mengontrol seseorang lewat pikiran dan mimpinya, dia juga bisa berubah bentuk. Sementara kalo Dormammu, sosok mistik lebih “setan” dari “iblis, yang berasal dari Dark Dimension, yang mempunyai kekuatan beragam hampir sama seperti Dr. Strange. Jika menilik kata Dark Dimension, bisa jadi ada hubungannya dengan serial Agent Carter Season 2 dimana disana berfokus pada "Zero Matter", sebuah Dark Force, alias Black Magic dari Dark Dimension. Dalam komik, Dormammu malah bekerja sama dengan rekan seperguruan Dr. Strange bernama Baron Mordo, untuk mengalahkan Dr. Strange dan The Ancient One.


Apakah di dalam film nanti Mordo akan berkhianat seperti itu juga? Karena dalam film, Baron Mordo bener ada dan akan diperankan oleh Chiwetel Ejiofor (12 Years A Slave), hadeh..susahnya nyebut namanya.




Okeh...baru ceritain profilnya aja udah sepanjang ini, gimana kalo udah keluar trailer keduanya ya? Yang kita harapin udah bisa tahu lebih banyak tentang karakter dan cerita filmnya gimana. Ga sabar pengen cepet nonton filmnya aja, hehe... Sesuatu yang beda dari film-film MCU sebelumnya.
See you guys...Nantikan preview filmnya disini ya...pantengin terus blog JMFC ini.
JMFC 001 - Om Chan



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...