Wednesday, August 9, 2017

Top 10 Heist Movies (Film Tentang Perampokan) Review By Muhammad Ilham (JMFC 041)

Kenapa sih film perampokan selalu menarik untuk disimak? Pertama karena tingginya intensitas film-film yang bertemakan pencurian/perampokan, penonton dibuat menahan nafas sewaktu para perampok harus diam-diam membobol brankas atau pun kejar-kejaran dengan pihak yang berwajib. Kedua, Hollywood membangun image para perampok sebagai sosok penjahat yang sexy dan intelektual, dan karena merampok bukanlah one man job maka para perampok ini seringkali berupa kru yang biasanya terdiri dari The Brain, The Muscle, The Driver, The Lockpicker/Tehnician dan Demolition Man (dalam beberapa film), mereka harus memiliki kerjasama tim yang kompak (walau kadang masing-masing kru mempunyai agenda tertentu). Ketiga, all star cast,  dengan banyaknya jumlah kru yang ada dalam film bertemakan perampok maka tentu perlu cast yang banyak pula, dan agar menarik biasanya film maker akan menggunakan cast yang sudah bernama untuk mengisi role pembantu sekalipun, sehingga pada film perampokan seringnya kita dapat melihat aktor dan aktris kelas A bersatu padu dalam sebuah tim, tentu ini faktor yang dapat memancing rasa penasaran para penggemar film. Yang terakhir adalah aksi serta plot yang menipu mata, hampir semua aksi yang ada dalam film perampokan terlihat extravagant dan apa yang kita lihat belum tentu itu adalah benar, layaknya sulap, film perampokan dapat menipu mata kita. So here we go guys……………..

Gambar : imdb.com
10. Swordfish (2001)
Director: Dominic Sena
Writer: Skip Woods
Stars: John Travolta, Hugh Jackman, Halle Berry, Don Cheadle, Sam Shepard, Vinnie Jones

Stanley (Hugh Jackman), seorang hacker kawakan yang pernah dipenjara mendapatkan tawaran untuk menjadi crew dalam sebuah aksi perampokan yang dilakukan oleh seorang intelektual nyentrik bernama Gabriel (John Travolta) yang mengaku bahwa dia adalah pimpinan organisasi rahasia bernama Black Cell yang merupakan organisasi rahasia anti teroris. Demi melaksanakan tujuan dari organisasi yang dipimpinnya, Gabriel berencana membobol uang milik pemerintah yang diklaim oleh gabriel adalah uang ilegal hasil dari sebuah perusahaan palsu buatan DEA yang diberi nama Swordfish. Demi mendapatkan hak asuh anaknya Stanley mau tak mau ikut bekerja sama dengan Gabriel untuk mendapatkan uang senilai 9.5 miliar dollar tersebut, namun Gabriel punya agenda tersendiri.  Salah satu film perampokan yang solid dan menghibur, aksinya terbilang keren, dan ending dari cerita sendiri memiliki kejutan yang menarik, karena formula film perampokan adalah ketika diakhir cerita dijelaskan kepada kita bagaimana perampokan itu sesungguhnya terjadi, apa ini tergolong twist ending? Hmmmm I don’t think so…., tapi ga bisa juga dibilang bukan, karena biasanya film-film bergenre serupa khususnya perampokan, twist yang disajikan merupakan penjelasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi, sehingga kita yang semula bingung mendapatkan sensasi clarity, karena kita sudah tau hal tersebut akan dijelaskan diakhir cerita, berbeda dengan twist ending dimana dari awal penonton diharapkan tidak tahu sama sekali apa yang akan terjadi diakhir (kecuali udah baca-baca artikel dsb).


Gambar : imdb.com

9. Going In Style (2017)
Director: Zach Braff
Writers: Theodore Melfi (screenplay), Edward Cannon 
Stars: Michael Caine, Morgan Freeman, Alan Arkin, Richie Moriarty, Josh Pais, Christopher Lloyd

Salah satu faktor yang membuat list ini begitu lama diselesaikan adalah karena riset menonton langsung yang mesti saya lakukan dalam pembuatan list ini, menonton dan menonton kembali film-film yang telah ditonton untuk memastikan kalau sebuah film memang tepat (in my personal opinion) dimasukkan dalam list ini. Dan Going in Style (2017) menjadi film terakhir yang saya tonton dalam pembuatan list ini, film yang pada dasarnya sifatnya fun ini cukup menghibur dan menyenangkan untuk ditonton, bercerita mengenai tiga pensiunan yang sedari muda merupakan pekerja keras namun di hari tua mereka terancam untuk kehilangan pensiun yang merupakan hak mereka di masa tua nya. Geram dengan keadaan yang ada, ketiga kakek ini menyewa seorang penjahat untuk menjadi mentor mereka untuk mengajari cara dan sistem merampok bank yang baik dan benar. Digawangi oleh aktor-aktor favorit saya, Alan Arkin, Morgan Freeman dan Michael Caine, ketiganya walau udah sepuh tapi tak pernah menghilangkan karisma masing-masing, joke yang lumayan kocak menambah suasana fun dalam film ini, walau tak sampai tertawa terbahak-bahak paling tidak tetap membuat kita tersenyum. Kehadiran Christopher “Doc” Lloyyd menambah warna dalam film ini.


Gambar : iimdb.com
8. Tower Heist (2011)
Director: Brett Ratner
Writers: Adam Cooper (story), Bill Collage (story) 
Stars: Eddie Murphy, Ben Stiller, Casey Affleck, Alan Alda, Matthew Broedrick

Salah satu film yang mengkombinasikan komedi dan aksi perampokan dalam satu paket, Josh Kovacs (Ben Stiller) adalah seorang manajer di apartemen super-extra mewah dengan penghuninya yang super-extra high profile, dengan segala tingkahnya yang manja dan ingin diperlakukan ekstra spesial, namun Josh yang cerdas selalu mampu memuaskan kebutuhan para penghuni di apartemen yang diaturnya. Kehebatan Josh membuatnya disukai oleh para penghuni gedung terutama Arthur Shaw (Alan Alda) yang merupakan penghuni terkaya di gedung tersebut. Dengan jatuhnya keadaan ekonomi dunia dan pasar, tentu berdampak pada setiap orang termasuk Shaw, tak lama FBI menangkap Shaw atas penipuan. Josh yang mengetahui keadaan ini mengkonfrontasi Shaw, dimana Josh mempercayakan seluruh uang pensiun dirinya dan para staff yang dipimpinnya agar dikelola oleh Shaw yang merupakan pakar finansial. Shaw seperti tak berdosa, dia tak mampu mengembalikan uang milik Josh dan para staffnya, bahkan dengan adanya kompromi dengan pihak berwajib malah Shaw akan dibebaskan, didorong marah dan kesal Josh beserta para staffnya berencana merampok uang milik Shaw di Apartemen miliknya, keadaan menjadi lebih rumit ketika Josh dipecat dari manajer, maka dia perlu bantuan seorang pencuri, yakni Slide (Eddie Murphy), dimulailah aksi perampokan penuh tawa sepanjang film. Sebagai penggemar Eddie Murphy tentu Tower Heist sangat saya nantikan pada waktu itu, ternyata memang sesuai ekspektasi saya, penampilan Murphy yang amat kocak, walau Stiller terkesan serius namun penampilannya oke disini, didukung pula komedian lama Matthew Broedrick, Tower Heist adalah film yang tak akan pernah mendapatkan award, tapi kalo anda mencari hiburan dan humor yang bagus, maka film ini dapat jadi jawabannya, adakah formula kejutan di akhir film? Tentu ada.

Gambar : imdb.com
7. Gone In 60 Second (2000)
Director: Dominic Sena
Writers: H.B. Halicki, Scott Rosenberg (screenplay)
Stars: Nicolas Cage, Angelina Jolie, Giovanni Ribisi, Will Patton, Delroy Lindo, Robert Duvall, Timothy Olyphant

Memphis Raines (Nicolas Cage) was a bad ass thieft, dia merupakan master pencuri mobil paling hebat di masa nya, Memphis mampu mencuri mobil apapun, kapanpun, dimanapun, namun pencuri bukanlah karir, dan Memphis tahu akan hal ini, maka dia berhenti mencuri dan membuka arena Go-kart. Namun hal itu tak berlangsung lama, sang adik, Kip (Giovani Ribsi) sosok yang amat mengidolakan kakaknya, mengambil pekerjaan pencurian mobil bagi seorang penjahat gila yang berbahaya, tak mampu melakukan pekerjaan itu membuat Kip harus membayar ganti rugi dengan nyawanya, Memphis tak tinggal diam, dia harus menyelamatkan sang adik dan menggantikannya untuk mencuri 50 mobil dalam waktu semalam, maka Memphis harus mengumpulkan kru pencuri terbaik untuk mengerjakan pekerjaan yang tak mungkin ini. Fast, Loud and Intense, tiga kata inilah yang pas untuk menggambarkan Gone in 60 Seconds, film yang memang digawangi Jerry Bruckhemeier sebagai produsernya, memang selalu full aksi yang menegangkan. Beberapa aktor dan aktris kelas A digabungkan disini menjadi nilai poin plus bagi Gone in 60s. Walau plot terkesan dangkal namun memang film ini ditujukan sebagai hiburan murni yang mencari sensasi aksi yang cepat dan meledak-ledak. Plus  memberikan code name bagi setiap mobil yang harus dicuri dengan nama wanita memberikan sensasi yang unik seolah-olah mobil adalah sosok yang cantik nan seksi yang harus diperlakukan dengan rasa hormat dan rasa sayang agar si pengendara mampu menaklukan kuda besi yang liar dan mengikuti apa yang diinginkan si pengendara, dari film inilah sebutan “Eleanor” bagi Shelby Mustang 1967 dikenal. Dan memang mobil ini amat menarik perhatian dalam Gone In 60 Seconds.


Gambar : imdb.com
6. The Sting (1973)
Director: George Roy Hill
Writer: David S. Ward
Stars: Paul Newman, Robert Redford, Robert Shaw

Seorang Con artist (penipu) muda Johnny Hooker (Redford) selalu berpasangan dengan Luther (Earl Jones) dalam melakukan aksi mereka, Luther merupakan sahabat dekat serta mentor bagi Johnny, tanpa mereka sadari mereka melakukan aksi dan menipu seorang bawahan Mafia kejam bernama Doyle Lonnegan, mengetahui aksi kedua penipu kelas teri ini Doyle membunuh Luther. Terpukul dan ingin menuntut balas Johnny mencari penipu ulung berpengalaman yang juga merupakan sahabat luther dia adalah Henry Gondorf (Paul Newman), keduanya bekerja sama merencanakan penipuan terbesar dalam karir mereka untuk menjebak Doyle. The Sting adalah masterpiece, dan merupakan art dalam film bergenre perampokan, pada dasarnya ini adalah film mengenai penipuan, namun pada akhirnya tujuan yang diinginkan sang protagonis adalah mencuri uang alias merampok. Alur cerita yang cerdas, ringan, namun membuat kita keep engage selama durasi film karena pada akhirnya ada twist besar diakhir film, musiknya luar biasa, sensasi fun dan ceria namun memberikan atmosfir unik era 30an, chemistry duet Redford dan Newman pun tak perlu diragukan lagi, film ini memang pantas menyandang oscar yang diterimanya kala itu, Superb.

Gambar : imdb.com
5. The Italian Job (2003)
Director: F. Gary Gray
Writers: Troy Kennedy-Martin, Donna Powers (screenplay) 
Stars: Donald Sutherland, Mark Wahlberg, Edward Norton, Charlize Theron, Jason Statham

The Italian Job (2003) adalah remake dari sebuah film yang berjudul sama yaitu The Italian Job (1969), walaupun keduanya saya suka, namun (untuk kali ini) saya akan memilih The Italian Job (2003) sebagai salah satu film dalam Top 10 list ini. Kru perampok yang dipimpin oleh John (Donald Sutherland), dengan anggota Charlie (Wahlberg) sebagai prodigy dari john, Handsome Rob (Statham) driver andal, Lyle (Green) seorang Tech Guy, Left Ear (Mos Def) adalah Demolition Man, dan Steve (Norton) sebagai kru tambahan. Setelah melakukan perampokan yang menghasilkan $35 juta di Venice, Italia, Steve didorong keserakahan menghabisi semua kru dan mengambil seluruh uang hasil rampokan. Ternyata Charlie beserta kru nya selamat dari plot pembunuhan Steve, didorong rasa dendam Charlie merekrut Stella (Theron) yang memiliki skill sebagai Safecracker yang merupakan putri dari John. Dan cara mereka membalas dendam adalah dengan merampok Steve ditengah kota yang ramai dengan memakai Mini Cooper. Film perampokan yang sifatnya menyenangkan alias popcorn movie (kebanyakan film genre ini memanglah popcorn movie sih), namun plot yang ditampilkan cukup cerdas, signature scene dari italian job yakni aksi kebut-kebutan ditengah kemacetan dengan memakai Mini Cooper amat seru dan menegangkan, dan lagi kumpulan aktor berkelas menjadi plus dalam film ini. jika anda adalah penyuka film aksi maka anda akan menyukai The Italian Job.

Gambar : imdb.com
4. The Bank Job (2008)
Director: Roger Donaldson
Writers: Dick Clement, Ian La Frenais
Stars: Jason Statham, Saffron Burrows,

Terry Leather (Statham) adalah dealer mobil yang mempunyai sejarah kelam di masa lalu nya namun Terry berusaha tetap dijalan lurus demi keluarganya, namun ketika seorang wanita, Martine Love yang merupakan kenalan lamanya, memberikan petunjuk untuk merampok sebuah Bank yang memiliki tingkat keamanan tinggi, Terry tergoda dan merencanakan aksi untuk merampok bank tersebut, rencana yang begitu sederhana dan mudah membuat Terry curiga dengan niat Martine, setelah brankas dibobol kenyataan yang ditutupi akhirnya terungkap. Slow tempo, cinematografi yang tak berlebihan, dialog yang pas, tak ada aksi meledak-ledak dan car chase yang gila-gilaan, mengapa? Karena The Bank Job berasal dari sebuah kisah nyata yang betul-betul terjadi di Inggris. Akting dari para aktornya superb, kalo The Bank Job merupakan perampokan yang berasal dari fiksi mungkin ini akan jadi film yang biasa saja, namun dikarenakan didasari hal yang nyata dan fakta, maka tentu hal ini membalikkan keadaan dalam menilai The Bank Job. Disini Jason Statham keluar dari pakem aslinya yang terbiasa dengan hit first, think later action movie, terlihat kalo sebenarnya Statham memiliki potensi yang bagus dalam memainkan peran serius ga hanya action semata, autentisitas dalam film diakui sangat baik dari beberapa kalangan yang mengetahui kisah di balik Bank Job walaupun kenyataannya sendiri ditutup-tutupi dikarenakan konten yang dianggap sensitif serta bersifat hush hush dalam film ini. Secara keseluruhan film The Bank Job adalah film perampokan yang menawan, because this is the real deal.

Gambar : imdb.com
3. Ocean Elven Trilogy (2001-2007)
Director : Steven Soderbergh
Cast: Brad Pitt, George Clooney, Matt Damon, Casey Affleck

The most classy, fancy, and flashy heist movie of all time. Bagi pecinta genre action comedy terutama yang bertemakan perampokan, siapa sih yang ga mengenal kru nya Danny Ocean (George Clooney). Selain aksi mereka yang cerdas dan unpredictable, keistimewaan kru ini mereka berjumlah sebelas orang dan bertambah satu di tiap film nya mereka adalah sang maestro Danny Ocean (Clooney), the wingman Rusty Ryan (Pitt), pencopet berbakat yang Nakal Linus Caldwell (Damon), business kingpin Reuben Tiskoff (gould), ahli menyamar dan penipu Saul Bloom (Reiner), ahli peledak Basher Tarr (Cheadle), penipu dan pekerja casino Frank Catton (Mac), duo mekanik berbakat namun gila Virgil dan Turk Malloy (casey Affleck dan Scott Caan), Livingston Dell (Eddie Jemison) pakar pengintaian dan elektronik, dan yang paling menarik perhatian Yen (Qin) manusia krobatik, lincah asal sirkus. Pada Ocean Twelve banyak yang bingung siapa sih member keduabelas dari kru ini apakah Toulour (Cassel)? atau Isabelle Lahiri (Jones)? Salah satu kru keduabelas adalah Tess Ocean (Julia Robert) yang merupakan isteri Danny Ocean sedangkan pada Ocean Thirteen Tess keluar dan masuk Terry Bennedict (Garcia) dan Roman Nagel (Izzard) dalam Tim. Kru Danny Ocean selalu aksi perampokan dengan target yang luar biasa sulit, namun tak hanya itu mereka juga melakukannya “with style” alias permainan perampokan juga digabung dengan permainan tipuan alias Con, dan yang pasti aksi yang mereka lakukan juga mengundang tawa, bahkan kalau dinilai sekilas mereka seperti tak serius dalam merampok targetnya, sehingga tak hanya target yang dirampok yang tertipu, bahkan para penonton pun ikut tertipu. So watch it closely.

Gambar : imdb.com
2. The Inside Man (2006)
Director: Spike Lee
Writer: Russell Gewirtz
Stars: Denzel Washington, Clive Owen, Jodie Foster, Christopher Plummer, Willem Dafoe

Chal chaiyya chaiyya chaiyya chaiyya
Chal chaiyya chaiyya chaiyya chaiyya

Apa kalian ingat dan mengenal lirik lagu ini? yap judul lagu ini adalah Chal Chaiyya, yang sejatinya merupakan OST dari film Bollywood berjudul Dil Se (1998) yang dibintangi mega bintang bollywood Sharukh Khan, lagu ini dipopulerkan pula beberapa tahun lalu oleh seorang polisi Indonesia yang lipsync serta berjoget meniru SRK yang mempopulerkan namanya dan akhirnya si polisi ini berhenti jadi polisi dan malah memilih untuk jadi selebriti. Loh kok malah bahas lagu ini? Karena ketika film Inside Man baru dimulai lagu inilah yang menggebrak untuk pertama kalinya pada prolog film, membuatnya menjadi khas dimana sebuah film besar Hollywood memakai lagu Bollywood sebagai OST nya. Ini juga yang membuat saya semakin penasaran  dan bertanya-tanya “Film apa sih ini”? Dan setelah menonton dari awal sampe akhir akhirnya saya benar-benar jatuh cinta pada The Inside man. The Inside Man saya nobatkan sebagai heist flick paling cerdas, paling teknikal, dan paling intelektual dibanding film-film perampokan lainnya di hati saya. If you watching this movie, you have to watch it closely. Pada awal film kita akan diberikan adegan monolog dari sang criminal mastermind kepada audience yang menjelaskan kalau kalo dia telah merencanakan sebuah skema perampokan yang sempurna dan flawless, dan monolog sang mastermind akan menjadi katalis yang menghubungkan awal dan akhir film ini. Lalu perampokan dimulai, tidak ada background perencanaan, recon mission ataupun asal muasal kenapa perampokan ini dilakukan, sepanjang film kita akan menyaksikan aksi perampokan dan negosiasi antar sang perampok, polisi, fixer dan pemilik bank yang rumit dan cerdas. Dan pada akhirnya kita akan diberikan penjelasan bagaimana sebenarnya perampokan ini dilaksanakan. Its so brilliant, all star cast yang aktingnya sangat saya sukai disini, ada Denzel Washington yang merupakan favorit saya, ada Clive Owen, Jodie Foster, Willem Dafoe, semuanya memainkan porsinya dengan cukup, berbagai puzzle dan riddle yang dilontarkan para perampok menjadikan film ini semakin cerdas dan menggelitik pemikiran kita, I know I know, the Inside Man adalah popcorn movie, but it’s a great pop corn movie.

Gambar : imdb.com
1. Heat (1995)
Director: Michael Mann
Writer: Michael Mann
Stars: Al Pacino, Robert De Niro, Val Kilmer

Inilah dia sang jawara Top 10 kali ini, salah satu film yang paling populer di dunia perfilman, eh jangan sampai tertukar dengan film The Heat (2013) yang dibintangi oleh Sandra Bullock ntu guys, Heat adalah film yang bisa kita sebut classic, salah satu karya terbesar dibidang perfilman kalo boleh saya bilang. Ga hanya membahas tentang perampokan, tapi Heat juga mendalami emosi, fikiran, dan kehidupan sang perampok, selain itu aksi kucing dan tikus antara polisi dan perampok membuat ketegangan dari film ini semakin memuncak. Bagaimana dengan aksi perampokannya? You gonna be awe by this movie, aksi perampokan big, bang, boom style oleh para perampok adalah signature dari film ini. Kalo kalian pecinta film The Dark Knight dimana ada aksi perampokan legendaris yang dilakukan Joker beserta krunya diawal film tersebut, adegan tersebut terinspirasi dari sangat terpengaruh oleh film Heat, hal ini pun diakui oleh "Yang Mulia Dipertuan Agung Baginda" Christopher Nolan, aksi kru De Niro yang begitu dingin, tak ragu, steady as a rock membuatnya menjadi lebih keren dan patut diacungi jempol. Aktingnya? Tak usah diragukan lagi duo titan pada masanya, Al Pacino dan Robert De Niro beradu akting dalam satu frame, its  mesmerizing, amazing and stunning. 

Honorable Mention :
Money Train
Maiden Heist
The Art of Steal
Now You See Me Dwilogy
Mad Money
The Score
Entrapment

2 comments:

  1. Gone In 60 Second (2000) dulu favorit banget nih, liat Cage ngobrol sama mobil uhhh keren banget, btw artikelnya mantep mas :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...