Sunday, September 3, 2017

Review American Made (2017) : Really Unbelievable True Story (by Muhammad Hasbiy - JMFC 066)

Pada awal penayangan, disebutkan bahwa film ini based on true story, sehingga saya sempat nyeletuk ''Owh...kisah nyata, kagak ada efek wah dong ini, bakalan krik..krik aja nih...''. Ini merupakan film ketiga Tom Cruise yang bergenre biografi, setelah Born on the Fourth of July (1989) dan Valkyrie (2008). But..ehm...ternyata lumayan keren juga. Tidak banyak komedi yang disajikan, itupun harus ''digali'' terlebih dahulu. Tetapi saya merasa cukup terhibur. Plot dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terasa hambar. 

Gambar : imdb.com

Pengalaman sang sutradara film, Doug Liman, yang kita kenal dari karya film-film actionnya yang berjudul Edge Of Tomorrow dan Jason Bourne movies, berhasil menjaga konsistensi film ini sehingga penonton (atau dalam kasus ini, saya) tidak merasa bosan meskipun ini adalah sebuah biography. Twistnya juga lumayan bagus, ga ketebak-ketebak amat walaupun akhirnya ketebak juga (naon sih...). Endingnya juga bagus, ga kriuk-kriuk. Akhir kata tidak perlu film dengan efek yang membahana, cukup dengan alur cerita yang jujur dan sederhanapun sudah dapat membuat saya terpana.


Film ini dikategorikan "R" alias Restricted, penonton dibatasi untuk usia 21+ karena film ini menampilkan inappropriate scene, seperti sexuallity dan bad languange. Selain itu pula memang perlu pemikiran orang dewasa juga karena American Made termasuk film yang sukar dipahami. Dibutuhkan nalar, pemikiran, dan referensi yang lumayan mendalam mengenai sejarah Amerika Serikat untuk dapat menikmati film ini. 

Gambar : imdb.com

Ya, film yang menggambarkan sejarah seorang pilot pesawat komersil yang alih profesi menjadi seorang agent, mole, drug or gun dealer dan kriminil law breaker yang menciptakan propaganda bagi Amerika Serikat. Bisnisnya dengan organisasi Pablo Escobar, Medellin Cartel membuat namanya menjadi incaran CIA padahal sebelumnya dia direkrut oleh mereka sendiri, like a boomerang. Seringkali saya bergumam ''Owh jadi itu maksudnya begitu...pantasan jadi begitu haha...kok baru ngeh sekarang yah''. Tak jarang pula, dalam beberapa scene, Tom Cruise berhasil membuat saya takjub dengan senyuman awkwardly-nya serta tatapan yang artinya "Tuh-elo-kagak-kepikiran-sampe-situ-kan?-Mikiiir..!!!". Oya, dalam film ini watak pemeran utama alias Barry Seal alias Tom Cruise itu digambarkan seperti gabungan Amin Richman + Maddog, unik bukan? Hehe... 

Overall, film ini layak kamu tonton, jangan terpaku pada genre biografi yang identik membosankan karena tidak termasuk yang satu ini. Bener-bener cerita nyata yang membuat kamu tercengang. Setting properti tahun 1970-80an juga dapat menjadi suatu pembeda. Serta aksi pilot menerbangkan pesawatnya juga oke. Kasian, stuntman pilot dan copilot dalam film ini tewas saat terlibat kecelakaan pesawat yang sama dengan yang ditumpangi Tom Cruise 10 menit sebelum kecelakaan tersebut. Well...nasib lagi untung loe, Tom... My rate is 7,3/10.

1 comment:

  1. absolutely right.. film biography yang tidak seperti biography.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...